Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

bisnis untuk mahasiswa

Hallo mahasiswa, gimana tugasmu? sudah selesai semua?

Jika tugasmu sudah selesai kamu boleh lanjut membaca artikel  ini sampai habis. Tapi jika belum sebaiknya kamu selesaikan dulu daripada kamu nanti dapa nilai D.

Menjadi seorang mahasiswa itu harus pandai-pandai mengatur keungannya. Karena mahasiswa itu hidupnya mandiri. Kebanyakan mahasiswa banyak yang kost ataupun mengontrak. Dan tidak sedikit dari mereka yang berasal dari luar daerah. Sehingga bisa dibilang merantau untuk mencari ilmu.

Bagi anak rantau duit menjadi hal krusial untuk menentukan keberlangsungan hidup. Kamu harus pandai-pandai mengatur keungan. Tapi itu semua tidak berlaku bagi kamu anak orang kaya. Dimana kamu tidak akan kekurangan uang dan bahkan bingung untuk menghabiskannya. Namun bila kamu dari golongan menengah kebawah berbeda lagi ceritanya. Golongan ini tidak bisa dengan mudah menghambur-hamburkan uang. Mereka harus menghitung kebutuhan dahulu baru setelah itu keinginannya. Tak jarang perhitungannya meleset dan harus menerima jatahnya tidak cukup untuk 1 bulan.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah mencaru uang tambahan. Uang tambahan ini bisa kamu dapatkan hutang ke teman, pinjam ke bank, mengemis di lampu merah, dan menjalankan bisnis sampingan. Yang akan kita bahas disini adalah yang terakhir yaitu melakukan bisnis sampingan. Untuk yang cara yang lainnya terserah kamu lakukan atau tidak.

Bisnis sampingan menjadi cara untuk mendapatkan uang tambahan. Apalagi bagi seorang mahasiswa, sangat dianjurkan untuk melakukan bisnis sampingan. Karena banyak sekali manfaatnya. Selain mendapat uang, kamu juga akan belajar berkomunikasi dengan orang lain atau dengan konsumen. Kamu juga bisa mengembangkan bakatmu yang tidak ada di tempat kuliah.

Namun selain ada dampak positifnya pasti juga ada dampak negatifnya. Waktumu menjadi terbagi dua untuk kuliah dan bisnis. Kamu juga bisa kemungkinan gagal. Tapi itu bisa diatasi dengan time management yang baik dan perencanaan yang matang untuk meminimalisir kegagalan.

Buat kamu yang ingin mendapat uang tambahan dengan cara menjalankan bisnis sampingan. Kali ini saya akan memberikan rekomendasi bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Apa saja bisnis sampingannya? berikut ini adalah macam-macam bisnis sampingan untuk mahasiswa.

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa


1. Jualan Pulsa

bisnis untuk mahasiswa

Yang pertama dan tergolong mudah adalah menjual pulsa. Bisnis ini sangat fleksibel sekali untuk dilakukan dimana-mana. Bisnis pulsa ini tidak hanya menjual pulsa simcard saja, melainkan juga pulsa listrik dan kuota internet. Kamu tinggal mencari agen pulsa di internet yang terpercaya. Saya kira cukup banyak sekali agen pulsa yang ada saat ini dan begitu mudah menemukanya.

Kemudian kamu tinggal memberitahu atau mempromosikan ke teman-temanmu kalau kamu menjual pulsa. Siapa orang yang tak butuh pulsa saat ini? tentunya semua butuh, apalagi seorang mahasiswa. Karena kartu memiliki masa aktif, dan untuk memperpanjang masa aktif tersebut yaitu menggunakan pulsa. Lalu seorang mahasiswa pastinya butuh akses internet untuk kegiatan sehari-hari. Entah itu untuk keperluan kuliah ataupun sekedar menghidupkan aku media sosialnya. Ketergantungan mahasiswa dengan internet membuat peluang untuk menjual kuota internet menjadi besar. Disinilah kesempatanmu untuk mendapatkan keuntungan.

2. Jasa Desain

bisnis untuk mahasiswa

Ini cocok bagi kamu yang suka menggambar, spesifiknya menggambar menggunakan software. Kamu bisa membukan jasa desain dengan keterampilan menggambarmu. Kamu bisa memasang portofolio di situs-situs freelance. Saat ini sudah sangat banyak sekali situs freelance, sehingga kamu tidak perlu repot untuk mencari pelanggan. Kamu tinggal menunjukkan karya terbaikmu yang membuat mereka tertarik untuk menggunakan jasamu.

Jasa desain disini bermacam-macam bisa desain logo, vektor, karikatur, banner, dan masih banyak lagi. Tentukan ketertarikanmu dimana, atau bahkan kamu bisa semuanya justru menjadi nilai plus. Selain di situs-situs freelance, kamu juga bisa memasang karyamu di Instagram. Instagram merupakan tempat yang cocok untuk memajang karya desainmu. Karena Instagram merupakan media berbagi foto yang banyak digunakan saat ini. Terutama kaum muda banyak sekali yang menggunakan media sosial yang satu ini. Ditambah lagi pengguna Instagram yang terus meningkat tiap tahunnya. Inilah peluang untuk kamu.

3. Penulis

bisnis untuk mahasiswa

Seorang mahasiswa pasti sering menulis, terutama menulis laptop. Entah itu menulis laporan ataupun mengerjakan tugas-tugas yang lain. Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang baik itu bisa menjadi modal untuk membukan bisnis sampingan penulis. Penulis disini bukan berarti penulis buku lho. Penulis yang saya maksud adalah penulis artikel online atau penulis freelance. Jadi kamu menawarkan diri membuat artikel untuk pemilik website. Di situs-situs freelance masih banyak orang yang mencari seorang penulis artikel.

4. Menjual Makanan

bisnis untuk mahasiswa

Tidak ada salahnya bagi kamu yang punya jiwa jualan, menjual makan di kampus. Kamu bisa menjual nasi bungkus, kue, atau jajanan pasar. Mahasiswa pasti sangat suka sekali nyemil saat nongkrong ataupun pada saat mengerjakan tugas. Bisnis makanan ringan sangat cocok sekali untuk dibuat sampingan untuk mencari tambahan uang jajan. Bahkan kamu bisa menjadikannya penghasilan utama kalau kamu mau serius menekuninya.

5. Reseller dan Dropship

bisnis untuk mahasiswa

Yang kelima ini masih ada hubungan dengan jual-beli. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan reseller atau drosphip. Kedua jenis bisnis ini memiliki kesamaan yaitu tidak perlu memproduksi. Dan perbedaannya yaitu kalau reseller harus membeli barang lalu menjualnya lagi, sedangkan dropship tidak perlu membeli barang bisa langsung promosi dan menjual. Cara ini banyak sekali dilakukan oleh mahasiswa. 

Apalagi sekarang belanja online menjadi pilihan kebanyakan orang. Sehingga kamu bisa mencoba menjual berbagai macam barang secara online dengan resiko minim. Untuk kamu yang tidak mau mengambil resiko, kamu bisa memilih dropship saja yang tidak perlu membutuhkan barang. Hanya butuh penyuplai yang siap mengirimkan ketika ada order darimu. Kamu tidak perlu produksi ataupun stok barang. Tinggal menjualnya saja dan menerima untuk. Walapun keuntungan mungkin tidak sebesar reseller.

6. Jasa Joki Tugas

bisnis untuk mahasiswa

Kalau kamu sesesorang yang rajin, kamu bisa mencoba membuka jasa joki tugas. Namanya joki tugas ya pastinya mengerjakan tugas mahasiswa yang lain dan nantinya dibayar. Kalau kamu sering dimanfaatkan oleh temanmu yang minta tolong mengerjakan tugasnya, kamu bisa memanfaatkannya balik untuk meminta imbalan atas waktu dan tenaga yang telah kamu keluarkan.

Jasa joki tugas tidak harus pintar, yang penting rajin dan tekun. Joki tugas ini ada berbagai macamnya loh. Misalnya menerima jasa pengetikkan tugas, merangkum, membuat PPT, dan bahkan membuat project kuliah. Tergantung kemampuan masing-masing. Jangan terlalu memaksakan apa yang tidak bisa kamu kerjakan. Untuk itu kamu coba dulu aja ke teman-teman sekelas supaya bisa mengukur kesulitannya dan mencari testimoni.

7. Content Creator

bisnis untuk mahasiswa

Kamu seseorang yang suka eksis di media sosial? atau suka ngedit foto atau video?
mungkin kamu bisa memanfaatkan kertarikanmu tersebut untuk menjadi seseorang content creator. Siapa sih anak muda sekarang yang tidak ingin menghasilkan uang dari medsos atau platform yang lainnya? tentunya ini menjadi idaman kebanayakan anak muda. Apalagi anak muda semangat dan rasa ingin tahunya tinggi.

Content creator ini sebenarnya luas, tidak hanya membuat video di Youtube. Kamu bisa membuat konten yang menjual di platform lain. Misal kamu suka foto bisa disalurkan di Instagram, kalau suka buat video pendek bisa disalurkan di Tiktok. Jadi platform tersebut tidak hanya untuk iseng-isengan belaka, melainkan bisa loh menghasilkan uang dari situ.Manfaatkan platform tersebut untuk menjadi portofoliomu yang menarik. Sehingga banyak brand yang tertarik untuk beriklan atau kerjasama. Akhirnya ini bisa menjadi bisnis sampingan atau menjadi bisnis utama. 

Demikian tadi bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa. Kalaupun kamu bukan seorang mahasiswa, kamu juga bisa mencbanya. Karena memang pasarnya ini sangat luas sekali. Jadi segera ambil keputusan dan memulainya. Jangan menunda-nunda, yang ada kamu kedahuluan orang lain. Dan akhirnya kamu menyesalinya. Mulai aja dulu, evaluasi kemudian.