Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trick Ampuh Lolos UTBK

Tips and Trick ampuh agar lulus SBMPTN !!!
TIPS LOLOS SBMPTN

Sebentar lagi teman-teman akan menghadapi tes yang sangat mendebarkan yaitu SBMPTN. Ya, ini adalah kesempatan pertama/kedua teman-teman untuk bisa diterima di Universitas yang kalian idam-idamkan selain jalur masuk undangan atau SNMPTN.

Tahap pertama, kalian harus sudah menentukan Universitas dan jurusan apa yang akan anda pilih
Kalian harus mempunya tujuan yang jelas untuk dapat merencanakan langkah selanjutnya. Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan universitas dan jurusan yang akan dipilih, ketika sudah menentukan sebuah tujuan, maka kalian mempunyai semangat untuk dapat meraihnya. Hidup yang paling menyedihkan adalah hidup tanpa tujuan, mungkin bila diibaratkan pemilihan universitas dan jurusan adalah demikian, karena tujuanlah yang nantinya dapat menentukan diri anda ( Julius Erving).

Tahap kedua, metode belajar 
Setelah menentukan tujuan, tahap kedua adalah cara mencapa tujuan kalian, yaitu belajar. Menurut saya metode belajar yang ampuh untuk dapat diterima di universitas yang kalian tuju adalah dengan menguasai per-bab materi. Saya yakin, tidak semua materi kalian kuasai, karena seseorang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kuasai materi-materi yang menurut kalian mudah, jangan memakan semua materi karena menurut saya itu tidak efektif. Dengan menguasai materi per bab kalian sudah mempunyai bekal yang kuat untuk tidak melakukan kesalahan, karena kalian sudah terbekali dengan materi yang benar-benar kalian kuasai. Apalagi sistem yang sekarang tidak ada (-) ketika menjawab soal dengan salah, soal-soal yang tidak kalian kuasai bisa dikerjakan setelah menjawab soal-soal yang kalian kuasai, agar waktu pengerjaan tidak terbuang dengan sia-sia.

Tahap ketiga. Mental saat tes
Mental sangat penting pada saat tes, ketika teman-teman sudah menguasai materi sebaik apapun kalau teman-teman mempunyai masalah mental saat tes ini juga menjadi masalah, banyak orang-orang yang gagal tes karena mental. Orang yang bermental tangguh ketika melihat soal yang berbeda atau tidak pernah dipelajari, dia sangat tertarik untuk menyelesaikan dan mempunyai rasa optimis yang tinggi dalam menjawab soal, ketika merasa kesulitan dia yakin dalam benak hatinya dapat menyelesaikan soal tersebut. Berebeda dengan orang yang mempunyai mental agak lemah, ketika ia melihat soal yang berbeda sedikit dia sudah pesimis untuk dapat menyelesaikan soal tersebut, padahal secara materi dia sangat menguasai, tetapi benaknya berkata “jangan selesaikan soal tersebut itu sulit”, ini sangat mempengaruhi pada saat tes, bisa saja dia langsung tidak ingat tentang apa-apa atau istilahnya ngeblank, jadi sesusah apapun soal yang ada, percayalah kalian dapat menyelesaikanya, walaupun aku yakin kalian tidak akan dapat menyelesakan semua soal yang ada di SBMPTN karena itu sangat mustahil. Untuk teman-teman yang mungkin mempunyai masalah dengan mental, setiap hari biasakan bersikap optimis saat menghadapi apapun, langkah ini mungkin bisa membantu kalian untuk dapat menemukan semangat kalian. Ketika hati sudah mengatakan pesimis, sulit kemungkinan untuk dapat menemukan inspirasi saat mengerjakan soal, berbeda dengan orang yang mempunya sikap optimis, selalu ada inspirasi pada saat mengerjakan soal.

Tahap ke-empat, restu dari orang tua
Kita harus mempunyai sifat birrul walidain atau berbakti kepada orang tua, restu orang tua adalah ridho Allah’taala. Tak sedikit juga teman-teman yang mungkin tidak diperbolehkan kuliah di daerah ini, itu. Ini sangat wajar, karena menurut orang jawa orang tua selalu mempunya insting yang lebih tinggi dari pada diri kita sendiri. Segala sesuatu harus kalian konsultasikan terlebih dahulu dengan orang tua, memang terkadang ada orang tua yang membebaskan anaknya untuk meneruskan kuliahnya dimanapun dan di jurusan apapun, tapi pasti mereka memikirkan keadaan kalian di sana, bila kita mendapat restu dari orang tua segala sesuatu itu terasa mudah untuk ditaklukan, berbeda dengan orang yang tidak mendapat restu, selalu ada halangan yang dapat menghambat perjalananya.

Semoga artikel ini dapat menambah semangat teman-teman untuk mempersiapkan tes yang akan dihadapi, dan semoga apa yang kalian inginkan dapat terwujud serta dapat membahagiakan kedua orang tua kalian. Aamiin…