Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengunci Fokus Kamera Android Saat Merekam Video

Cara mengunci fokus kamera di hp Android merupakan keresahan yang aku alami sendiri. Karena beberapa waktu lalu aku mencoba merekam video menggunakan hp. Namun ketika mencoba merekam, auto fokusnya terus menyala dan pastinya mengganggu ketika melakukan moving. Karena akan mempengaruhi pengambilan videonya.

Di era sekarang, handphone atau smartphone sudah memiliki fitur autofocus pada saat menggunakan kameranya. Fitur ini sangat penting sekali, supaya pada saat mengambil gambar atau video fokusnya bisa jelas ke objek yang kita inginkan.

Mungkin kalau untuk foto, kita bisa mengatur sendiri fokusnya seperti apa dan gimana. Namun, pada saat menggunakan fitur merekam video, fokus kameranya itu sering berubah-ubah. Kalau misalnya anda mengambil video yang tidak banyak gerak, mungkin fokus kamera akan tetap. Berbeda kalau misalnya mengambil video yang banyak geraknya. Fokusnya akan berubah ubah dan terkadang blur atau mempengaruhi pencahayaannya.

Untuk itu saya mencoba mencari bagaiamana supaya fokus pada saat merekam video bisa tetap tanpa gonta-ganti.Namun, setelah mencari di pengaturan smartphone ternyata memang tidak ada di pengaturan spesifiknya. Ini sudah aku coba di hp Xiami Redmi 5A dan juga hp Infinix Note 7. Di kedua perangkat tersebut tidak menemukan fitur untuk mengunci fokus kamera pada saat merekam.

Kemudian aku mencoba mencari solusi lain. Dan akhirnya aku menemukan salah satu solusinya. Ternyata ada trik sederhana supaya masalah fokus kamera bisa teratasi. Solusinya yaitu menggunakan aplikasi bantuan, aplikasi kamera yang ada banyak fiturnya. Disini yang aku pakai yaitu aplikasi kamera dari Google yang bisa didownload secara gratis. Supaya tidak penasara, langsung saja menuju tutorialnya.

Cara Mengunci Fokus Kamera Android Saat Merekam Video

cara mengunci fokus kamera saat merekam video

Pertama, Download aplikasi bantuan yaitu Open Camera dari Playstore. Semua jenis hp bisa menginstal aplikasi ini. Dan ukurannya juga cukup ringan.

Kedua, Setelah download langsung buka aplikasi tersebut dan pilih menu merekam video.

Ketiga, Tap tombol bundar putih disudut atas untuk menampilkan opsi.

Keempat, Setelah memiliki menu tombol bundar putih selanjutnya pilih icon gembok yang berada di pojok kiri atas layar hp kamu. Tekan hingga muncul notifikasi "focus locked".

Kelima, Fokus kamera sudah dikunci dan kamu bisa mengambil video dengan nyaman tanpa taku fokusnya berubah-ubah.

Mungkin untuk smartphone flagship sudah memiliki pengaturan atau fitur untuk mengatur fokus kamera saat merekam baik yang manual maupun otomatis. Namun, untuk hp menengah ke bawah sepertinya harus memnggunakan aplikasi tambahan yang ada di Playstore. Karena memang belum bisa selain menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Demikian tadi tutorail mengunci fookus kamera hp Android saat merekam video. Saya kira tidak ada kesulita untuk mengikuti tutorialnya. Karena caranya sudah mudah dan jelas. Terimakasih sudah membacara artikel tutorial ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu.