Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Text Menjadi Suara Cocok untuk Youtube

cara merubah text to voice

Seringkali kita menemukan sebuah video di Youtube yang suara naratornya menggunakan sebuah suara Google. Suara Google yang dimaksud disini yaitu seperti suara robot. Biasanya sering ditemui misalnya ketika menggunan Google translate atau google voice. Suara tersebut banyak digunakan youtuber untuk membuat sebuah video.

Banyak sekali channel-channel Youtube yang menggunakan suara dari Google untuk mengisi videonya. Channel-channel berita seringkali menggunakan suara ini. Entah cara ini boleh atau tidak, tapi yang saya tahu cara ini masih dapat di monetize dengan iklan Youtube. Jadi masing dibilang aman-aman saja. Penggunaan suara Google sangat cocok untuk anda yang ingin menjadi Youtuber tapi tidak ingin wajah atau suaranya muncul di video. Sehingga bisa menggunakan cara voice to text.

Ada beberapa cara merubah text to voice yang bisa digunakan. Bisa menggunakan aplikasi atau website. Jika menggunakan aplikasi, kita harus menginstal terlebih dahulu di perangkat. Namun, jika menggunakan website, cukup dengan jaringan internet untuk convert dari text ke suara. Tentunya lebih mudah dan simpel menggunakan website convert tersebut.

Coba anda ketikkan kata kunci text to voice di mesin pencari, maka akan menemukan banyak sekali website-website yang memberikan layanan untuk mengubah text menjad suara. Namun, website-website tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terkadang ada yang tidak support dengan logat bahasa di beberapa negara. Ada juga yang untuk menikmati fiturnya harus berlangganan terlebih dahulu. Dan biasanya biayanya lumayan mahal bagi orang yang modalnya minim.

Selain yang berbayar, ada juga website mengubah text to voice yang gratis. Tinggal kita pintar-pintar saja mencarinya. Setelah mecoba mencari website yang cocok digunakan untuk merubah text menjadi suara, akhirnya menemukan 2 website yang cukup lumayan dan mudah untuk digunakan. Tidak menginstalnya cukup mengaksesnya melalui browser kesayangan anda. Selain itu, juga tidak memerlukan aplikasi tambahan yang mungkin membuat berat kinerja perangkat elektronik anda.

Dibawah ini saya sudah menyusun langkah-langkah untuk menggunakan website pengubah text menjadi suara. Caranya simpel dan siapapun pasti bisa. Karena ini gratis, jadi mungkin ada batasan-batasan fitur yang tersedia. Misalnya dalam jumlah maksimal kata ataupun pilihan suaranya. Namun cara tersebut bisa diakali dengan cara sedikit effort. Misalnya dengan mendownload menjadi beberapa kali dan mengedit tone suaranya menggunakan editing voice yang simpel. Tapi kalau anda merasa terlalu ribet, ya tidak perlu mengeditnya lagi.

Merubah Text Menjadi Suara

Ada banyak cara untuk merubah text menjadi suara. Bahkan sekarang sudah tidak perlu menginstal software di pc atau laptop. Cukup menggunakan browser di hp sudah bisa membuatnya. Ada beberapa cara untuk merubah text to voice yang bisa kamu coba dibawah ini.

Soundoftext

1. Silahkan membuka browser dan ketikkan "soundoftext" atau langsung ke link ini soundoftext.

2. Masukkan text yang ingin diubah menjadi suara.

3. Pilih jenis bahasa yang digunakan dan klik "SUBMIT".
Cara Merubah Text Menjadi Suara Google

4. Pilih menu "PLAY" untuk mendengarkan hasilnya atau menu "DONWLOAD" untuk mengunduh suaranya.

Cara Merubah Text to Voice

TTSReader

Salah satu website terbaik untuk merubah text to voice selain soundoftext adalah TTSReader. Untuk langkah pengunaannya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan pergi ke website ttsreader.com
Cara Merubah Text to Voice

2. Masukkan kata atau kalimat yang akan diubah menjadi suara. Pastikan untuk memberi tanda baca supaya memudahkan dalam memberikan jeda setiap kalimatnya.

3. Ubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia dan atur kecepatan bicaranya dari normal hingga cepat juga ada.

4. Untuk mendengarkan hasilnya tinggal klik logo "Play"

5. Apabila dirasa sudah, tinggal download hasilnya dengan klik tombol download diatas kolom yang berisi text.


Sangat mudah sekali merubah text menjadi suara. Tidak perlu ribet menggunakan banyak aplikasi. Cukup menggunakan broser bawaan dan koneksi internet saja sudah cukup. Mungkin masih banyak cara lain untuk mengubah text menjadi suara. Tapi menurutku untuk saat ini, situs diatas merupakan tempat termudah. Semoga trik ini bisa membantu kamu mengatasi permasalahanmu. Terima kasih sudah membaca.