Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Produktif Ala Mahasiswa Disaat Pandemi

cara produktif saat pandemi
Pandemi virus corona yang terjadi di dunia termasuk indonesia beberapa bulan ini memaksa semua orang unruk meminimalisir kegiatan diluar rumah. Semua orang dihimbau untuk tidak keluar rumah demi menekan angka penyebaran virus corona.

Untuk itu pemerintah juga menghimbau semua kalangan untuk berkerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Segala aktivitas sebisa mungkin dilakukan di rumah. Dan masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak saat berada diluar rumah. Memang cukup membosankan juga sehari-hari hanya berada di rumah. Tapi ya inilah cara untuk tidak memperpanjang masa pandemi.

Baiklah, karena aku merupakan seorang mahasiswa jadi bahasan ini mungkin akan condong ke dunia perkuliahan.

Perubahan sistem pembelajara yang kini dilaksanakan secara online atau daring akibat pandemi, menjadi permasalah tersendiri. Banyak mahasiswa yang belum bisa beradaptasi dan belum siap dengan sistem daring ini. Akhirnya banyak sekali postingan di media sosial mengenai kendala yang mereka alami selama kuliah daring.

Tapi aku tidak mau membahas dari sisi negatif dari dampak virus corona terhadap sistem pembelajaran, aku lebih suka mencari dan membahas dari sisi positifnya. Karena kalau kita mencari sisi negatifnya, justru nanti kita sendiri yang malah pusing dan stres yang bisa berdampak pada penuruman sistem imun tubuh kita. Kita harus tetap menjaga imun kita supaya tetap sehat saat situasi seperti sekarang ini.

Jadi, pada saat pandemi virus corona seperti sekarang ini kita punya banyak waktu luang dibanding kondisi normal. Waktu luang inilah kita bisa manfaatkan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan skill. Daripada hanya tidur dan mainan handphone, mending kita alihkan ke kegiatan positif. Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif dimasa pandemi saat ini.

Cara Produktif Ala Mahasiswa Disaat Pandemi

1. Membaca

Yang pertama kita bisa melakukan adalah membaca. Sebagai seorang mahasiswa tentunya membaca merupakan kebiasaan. Apalagi ditengah keadaan seperti sekrang ini, merupakan saat yang tepat untuk kita menambah pengetahuan dan wawasan dengan membaca. Entah itu membaca jurnal, buku atau artikel di situs berita. Yang penting bisa menambah pengetahuanmu. 

2. Menulis

Kedua, menulis. Entah itu menulis apapun. Karena didalam aktivitas menulis ini banyak sekali manfaatnya. Seperti sebelum menulis pasti kita harus punya pengetahuan dulu mengenai topik yang mau dibahas. Untuk punya pengetahuan tersebut kita pastinya melakukan riset dan membaca-baca hal yang relevan. Kita juga akan mengsah kemampuan menyusun kalima. Jadi banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiata menulis. Akupun juga melakukan ini untuk mengisi waktu luang. Dengan cara membuat sebuah blog gratisan. Disitu aku bisa menuliskan apapun yang ingin aku tulis.

3. Belajar Public Speaking

Ketiga, apabila kamu ingin meningkatkan public speaking. Kamu juga bisa mengasahnya dirumah dengan cara berbicara didepan kamera yang mungkin hasilnya nanti bisa kamu upload di channel youtube juga. Kamu juga bisa membuat sebuah podcast yang dimana kedua kegiatan tersebut sama-sama melatih kemampuan berbicara. Sehingga kemampuan berbicara selama dirumah aja bisa tetap terjaga atau bahkan meningkat yang nantinya sangat menguntungkan kamu ketika sudah masuk kuliah.


Ketiga kebiasaan itulah yang harus kita jaga sebagai seorang mahasiswa. Karena pastinya kita tidak bisa jauh dari kebiasaan tersebut di dunia perkuliahan. Terutama kebiasaan membaca, kita harus biasa membaca info hingga tuntas. Jangan hanya membaca info hanya setengah atau judulnya saja. Apalagi disaat situasi sekarang ini pasti banyak muncul-muncul berita yang tidak sesuai dengan hal yang sebenarnya. Untuk itu kebiasaan kita membaca dan riset sangat diperlukan untuk memfilter berita-berita yang tidak benar.

Mungkin hanya itu sebagian tips untuk tetap produktif disaat pandemi untuk mahasiswa. Kalau ada yang kurang mohon maaf, kalau kelebihan yang diambil aja. Tetaplah produktif ditengah pandemi yang memaksa kita untuk stay dirumah. Jangan kalah, jangan nyerah dengan keadaan.