Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Membangun Kepercayaan Diri

7 Langkah Membangun Kepercayaan Diri

patahsemangat.web.id - Pernah nggak sih kalian tidak percaya diri dalam saat melakukan sesuatu? saya rasa setiap orang pasti memiliki rasa tidak percaya diri. Hanya saja ada yang bisa mengatasi atau tidak bisa mengatasi rasa percaya diri tersebut. Rasa tidak percaya diri biasanya sering muncul tiba-tiba. Paling sering terjadi orang tidak percaya diri adalah ketika bertemu orang banyak. Atau pada saat kita ingin mempertujukkan sesuatu kepada orang lain.

Ketidakpercaya dirian akan berdampak buruk pada diri kita. Karena bisa membuat kita ketakutan sendiri dan tidak mau untuk bekompetisi menjadi yang terbaik. Rasa percaya diri yang hilang juga dapat membuat orang lupa akan apa yang akan disampaikan. Sehingga bisa membuat malu pada saat tampil di depan orang banyak.

Maka dari itu, rasa percaya diri harus dilatih dan dibangun supaya tetap bisa percaya diri pada situasi dan kondisi apapun. Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk membangun rasa percaya diri. Adapun caranya yang bisa anda lakukan, diantaranya:

7 Langkah Membangun Kepercayaan Diri

Langkah-langkah ini perlu dilatih dalam kurun beberapa waktu. Tergantung niat dan kesungguhannya, kalau bersungguh-sungguh makan akan cepat menguasainya.

1. Fokus dengan kelebihanmu

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurang dalam hal apapun. Dan rasa tidak percaya diri muncul karena kamu terfokus ke kekuranganmu. Padahal di sisi lain kamu punya kelebihan yang bisa kamu maksimalkan. Itulah yang seharusnya menjadi focus utama. Sehingga kepercayaan diri bisa bertambah.

2. Berpikir positif, jangan negatif

Jika kamu seorang atlet hebat melihat lawanmu dan kamu takut, maka 90% kamu sudah kalah. Tapi walaupun kamu atlet biasa, namun pikiranmu positif akan memenangi perlombaan maka bisa jadi kamu menang. Orang dengan pikiran positif akan lebih semangat dan yakin dalam melakukan segala hal. Sehingga rasa percaya diri akan meingkat saat kamu berpikiran positif.

3. Buang segala dalih

Dalih merupakan penyakit orang gagal. Mereka selalu dalih untuk tidak mencoba atau pelampiasaan pada saat gagal melakukan sesuatu. “ah, aku kan tidak sehebat dia..” “ah kemampuan bahasa inggrisku jelek..” dan lain sebagainya. Dalih membuat kepercayaan dirimu terus terkikis dan menaikkan rasa pesimis.

4. Melangkah layaknya orang penting

Meskipun kamu bukan orang penting, memperbaiki cara berjalan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Cara berjalan yang meyakinkan, membuat orang lain pastinya akan yakin juga kepadamu. Walaupun ini kelihatan sepele, tapi bisa menggambarkan dirimu.

5. Tampil meyakinkan

Masih ada kaitannya dengan sebelumnya, berpakaian juga butuh diperhatikan. Pakaian yang rapi dan sesuai dengan kegiatan akan membuat rasa percaya diri bertambah.

6. Belajar Bicara

Melatih kemampuan bicara merupakan cara yang wajib dilakukan supaya ketika berbicara tidak berbelit-belit dan menjadi enak didengar. Kemampuan bicara ini menjadi hal penting dalam membangun kepercayaan diri. Terutama dalam hal interaksi dengan orang.

7.Tambah wawasan dengan membaca

Orang yang memiliki wawasan luas akan lebih percaya diri dibandingkan yang sebaliknya. Maka dari itu membaca buku sangat direkomendasikan. Atau dengan media lain, yang penting bisa menambah wawasan. Baca juga kisah-kisah inspiratif dari orang yang biasa-biasa saja hingga menjadi luar biasa.


Itulah 7 tips untuk membangun kepercayaan diri. Kombinasikan ilmu dan keterampilan untuk membangun kepercayaan diri. Jangan malas berlatih, karena sejatinya kesuksesan tidak bisa diraih hanya dengan waktu sekejap. Butuh proses, waktu dan usaha untuk meraihnya. Dan yang terakhir, sebagai orang yang beragama kita harus meminta bantuan pertolongan Tuhan. Karena dengan-Nya segala sesuatu yang sulitpun akan bisa menjadi mudah. Dan tentunya kita bisa lebih yakin dan percaya diri.