Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Pribadi Bodoh Menjadi Pintar

Bodoh Menjadi Pintar

cara merubah bodoh menjadi pintar


patahsemangat.web.id - Berubah dari yang bodoh menjadi pintar. Perlu kita pahami dalam hidup ini. Bahwa sebenarnya tidak ada orang yang bodoh. Yang ada hanyalah orang yang malas, tidak mau belajar. Sehingga membuat dia menjadi tidak tahu apa-apa. Bisa saja saat ini kita termasuk orang yang tidak tahu apa-apa. Namun, jika kita mau mengasah diri menjadi lebih baik maka saya yakin kita pasti bisa pintar seperti orang lain.

Perlu kita ketahui bahwa pintar itu bukan bawaan dari lahir. Akan tetapi itu merupakan sebuah hasil dari proses ketika kita belajar dengan maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencapai itu semua.

Hilangkan rasa malas 

Hal pertama yang harus kita atasi agar menjadi pintar adalah menjadi orang yang produktif. Hilangkan rasa malas yang ada dalam diri. Malas ini akan membuat niat dan kegiatan yang harus segera kita lakukan itu menjadi tertunda. Katakan saja misalkan kita mengatakan nanti malam saya akan belajar, nanti malam saya akan membaca buku. Namun karena adanya rasa malas maka semua niat itu hanya sebatas ungkapan saja dan tidak pernah ada praktiknya. Oleh sebab itu hal pertama yang harus diatasi adalah rasa malas. 

Optimis dan Yakin

Dalam melakukan sesuatu sebaiknya kita harus optimis dan yakin bahwa kita bisa. Jika kita melihat orang yang jauh lebih baik dari diri kita, maka bercerminlah kepada mereka. Katakan didalam hati kita, jika mereka bisa saya pun juga bisa toh sama-sama manusi, sama-sama bernafas, sama-sama makan nasi dan sama-sama punya otak. Jadi tidak ada yang mustahil jika kita mau berusaha dengan niat seperti itu maka alam bawah sadar kita akan membuka diri. Sehingga ilmu-ilmu baru mudah masuk dan mudah kita cerna.

Perbanyaklah membaca 

Sebenarnya membaca itu ibarat sama dengan makan. Cuma bedanya kalau makan itu akan masuk ke dalam perut, namun kalau membaca itu akan masuk ke otak kita. Sehingga itulah yang akan menjadi ilmu dan membuat diri kita menjadi pintar. Bayangkan jika setiap hari kita membaca banyak hal tentang pelajaran yang ingin kita kuasai maka berapa banyak ilmu yang akan masuk kedalam otak kita sehingga tanpa sadar ketika misalnya ada salah seorang yang bertanya tentang sesuatu kepada kita kebetulan apa yang ditanyakan itu pernah kita baca maka sudah pasti kita bisa menjawabnya. Begitulah pentingnya membaca, tanpa membaca orang tidak akan pernah berpengetahuan dizaman sekarang. Membaca itu sangat mudah, kita bisa membaca buku ataupun membaca artikel di internet. Tinggal kitanya saja apakah mau atau tidak.

Mencari lingkungan yang gemar belajar 

Pernahkah kita sadari bahwa lingkungan itu sangat penting bagi diri kita. Bayangkan misalnya kita hidup dilingkungan orang-orang yang kerjanya main-main, nganggur dan suka ngomongin teman sendiri maka itu adalah cerminan diri kita. Sikap kita pun bisa saja seperti itu. Namun ketika kita misalnya bergaul dengan orang yang aktif, suka belajar, suka berbagi ilmu maka kita pun kemungkinan tidak jauh berbeda dengan mereka. Itulah pentingnya pergaulan. Sebab terkadang pergaulan itulah yang membuat kita malas dan membuat kita semangat. Semua tergantung diri kita. Kita harus cerdas memilih pergaulan.

Berdoa

Berdoa merupakan kewajiban bagi seseorang yang beragama. Karena kita yakin bahwa usaha saja tidak cukup tanpa adanya bantuan dari Tuhan. Ini mungkin hal yang sederhana namun sangat penting. Tujuannya adalah agar segala urusan kita senantiasa diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga dalam prosesnya akan lebih dipermudah. 

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai tips cara merubah dari bodoh menjadi pintar. Bukan maksud mengguri, karena saya masih dalam proses tersebut. Saya hanya ingin berbagi dan semoga bermanfat.