Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Orang Cerdas Gagal Meraih Potensinya?

orang cerdas gagal meraih potensi

Pembahasan menarik terjadi di sebuah forum online. Ada sebuah pertanyaan mengenai kenapa beberapa orang cerdas gagal untuk meraih potensinya?

Aku tertarik untuk membaca-baca pembahasannya. Beragam respon dan jawaban yang berbeda-beda menarik untuk disimak. Salah satunya adalah pendapat bahwa masalah orang cerdas gagal meraih potensiny adalah karena masalahnya bukan pada mereka. Melainkan masalah sebenarnya adalah bahwa kesuksesan berarti hal yang berbeda untuk tingkat kecerdasan yang berbeda.

Memang didalam masyarakat, orang cerdas itu seperti diwajibkan untuk sukses. Sukses disini yang dimaksud sesusai dengan ekspektasi orang. Orang cerdas yang pencapaiannya biasa-biasa saja akan dianggap gagal. Dibandingkan dengan orang yang kecerdasannya biasa saja tapi pencapaiannya sama. Kemudian ada beberapa pendapat yang mempunyai alasan kenapa orang sukses gagal meraih potensinya seperti berikut:

5 Alasan kenapa orang cerdas gagal meraih potensinya

  1. Ada sebuah perbedaan anggapan orang menganai orang yang kecerdasannya biasa-biasa saja dengan yang kecerdasannya diatas rata-rata. Orang yang kecerdasannya rata-rata, lulus kuliah, punya pekerjaan tetap, memiliki pasangan dan anak akan dianggap sukses. Akan tetapi, ketika untuk orang yang kecerdasannya diatas rata-rata mencapai pencapaian tersebut dianggap tidak berhasil. Soalah-olah orang cerdas harus perbeda, terutama dalam hal pencapaian.
  2. Orang cerdas jarang mereasa puas. Mereka selalu mencari tantangan yang lebih dari sebelumnya. Jika itu bukan tantangan, itu bukan kemenangan. Sehingga proses melakukan potensi diri terus dilakukannya dan tidak berhenti.
  3. Orang cerdas juga cenderung banyak berpikir dan pertimbangan sebelum melakukan sesuatu. Mereka tidak mengambil setiap peluang yang ada. Butuh analisis terlebih dahulu untuk memutuskannya. Padahal kesempatan datang dan pergi begitu cepat.
  4. Kebanyakan orang mendefinisikan kesuksesan sebagai menghasilkan banyak uang atau menjadi sangat populer. Banyak orang cerdas tidak memiliki keterampilan sosial yang dibutuhkan untuk mencapai posisi tersebut. Kebanyakan orang cerdas lebih sering individual dibandingkan sosialnya.
  5. Orang cerdas biasanya tidak pernah mengatakan bahwa dirinya cerdas. Mereka tidak pernah merasa puas. Mereka haus akan pengetahuan, bukan perhatian. Mereka terlalu sibut mencari tantangan berikutnya untuk mengolah dan memperluas pikiran mereka.

5 alasan tersebut yang bisa aku tangkap dari pembahasan mengenai kenapa orang cerdas gagal meraih potensinya. Sebenarnya masih ada jawabannya. Tapi aku mengambil inti yang bisa aku tangkap sesuai dengan pemahamanku. Ini semua hanyalah opini dan belum tentu kebenarannya. Ada baiknya kalian melakukan riset sendiri untuk mengetahui data yang akurat. Jadilah orang yang cerdas, jangan jadi bodoh.