Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Bagi Calon Mahasiswa

tips memilih jurusan kuliah

Buat kamu yang sedang di bangku SMA, sudah waktunya untuk menentukan target setelah lulus. Karena itu semua tidak bisa dilakukan dadakan. Segala sesuatu yang dilakukan dadakan dan tanpa persiapan biasa tidak maksimal. Jadi, mulailah dari sekarang untuk mempersiapkan diri setelah lulus SMA.

Salah satu atau bahkan mayoritas lulusan SMA menginginkan untuk melanjutkan kuliah. Karena memang saat ini untuk melamar pekerjaan sebagian besar lulusan sarjana. Jadi, melanjutkan ke dunia perkuliahan merupakan pilihan yang tidak ada salahnya.

Namun, perlu diketahui bahwa persaingan masuk kuliah itu sangat ketat. Terutama di Perguruan Tinggi Negeri. Kuota masuk dengan jumlah pendaftarnya sangat jauh perbedaannya. Sehingga dibutuhkan persiapan untuk mengikuti seleksinya. Karena tentunya mereka juga mempersiapkan untuk masuk PTN yang diinginkan.

Tidak berhenti sampai memilih kampus saja. Yang lebih penting adalah memilih jurusan kuliah nantinya. Karena itu yang akan menjadi makananmu sehari-hari. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan. Itu bisa fatal untuk kedepannya.

Karena banyak mahasiswa yang salah jurusan, sehari-harinya mengeluh tentang mata kuliah yang dijalaninya. Tidak ada gairah untuk berkompetisi di dalamnya. Sehingga itulah biasanya yang menyebabkan banyak mahasiswa lulus kuliahnya telat. Bahkan yang paling parah di DO dari kampus karena tidak kunjung lulus.

Itulah gambaran apabila kamu salah jurusan. Meskipun juga ada orang yang salah jurusan bisa lulus tepat waktu. Tapi, alangkah baiknya memilih jurusan yang tepat, supaya enak dalam menjalani dunia perkuliahan.

Baca juga: Ketika Kamu Merasa Tidak Berguna

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi dalam menentukan jurusan. Supaya tidak tersesat dan terjerumus ke jurusan yang salah.

1. Cari yang Sesuai Minat

Hal yang paling utama adalah mengetahui terlebih dahulu apa minatmu. Dalam hal apa yang membuatmu suka dan kamu tidak bosan melakukannya.

Ini sangat penting. Karena kamu nantinya apabila kamu bertemu dengan sebuah hal atau mata kuliah yang sulit, kamu tidak akan mudah menyerah. Tetap ingin mencari tahu, karena memang minatmu disitu.

2, Jangan Memilih Karena Alasan Pertemanan

Seringkali ini menjadi sebuah penyesatan dalam memilih juruan. Memilih jurusan dengan alasan pertemanan merupakan hal yang kurang tepat dan harus dihindari. Karena bisa saja minatmu dan minat temanmu itu berbeda jauh.

Kalau jurusan tersebut memang yang kamu inginkan ya tidak apa-apa. Tapi kalau tidak sesuai, bisa fatal jadinya. Temanmu juga belum tentu bisa menolong. 

Tujuan kuliah itu salah satunya untuk menambah wawasan dan belajar suatu hal yang baru. Disitu kamu akan bertemu dengan orang-orang dari seluruh Indonesia. Jadi, jangan terjebak dengan pertemanan, sehingga membuatmu tersesat dalam memilih jurusan.

3. Jangan memilih jurusan karena prospek kerja dan gaji

Banyak sekali calon mahasiswa mencari jurusan dengan prospek kerja dan gaji tinggi. Namun, mereka tidak mencari tahu hal apa saja yang nantinya akan dipelajari dalam jurusan tersebut.

Memilih jurusan dengan alasan gaji tinggi merupakan sebuah kesalahan. Gaji itu tergantung kinerjamu nanti dalam sebuah perusahaan. Tidak banyak yang bisa diharapkan dari fresh graduate.

Jadi jangan muluk-muluk masalah gaji. Tapi, carilah yang sekiranya kamu suka dan mampu untuk menjalaninya. Sehingga kamu bisa maksimal dan bahkan bisa berprestasi dalam bidang tersebut. Dengan begitu, bisa menambah value yang kamu jual.

3. Lebih utamakan jurusan daripada universitas

Kuliah di universitas ternama merupakan sebuah impian bagi seluruh calon mahasiswa. Itu bisa terlihat bagaimana daya tampung kampus dan persaingan untuk merebutkan kursi setiap tahunnya. Sehingga banyak siswa yang mempersiapkan tes dengan mengikuti bimbingan belajar.

Namun, yang lebih penting sebelum memilih kampus adalah memilih jurusan kuliah. Jangan sampai kamu terobsesi dengan suatu kampus, lalu memilih jurusan ngawur di kampus tersebut. Itu akan menjadi beban buat diri kamu sendiri.

Cara yang lebih tepat adalah dengan memilih jurusan yang sesuai dengan diri kamu. Kemudian mencari kampus yang kamu inginkan. Jadi, yang diutamakan adalah jurusan kuliah terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Mahasiswa yang Tidak Ingin Melamar Kerja

Itulah tadi tips memilih jurusan kuliah yang tepat. Jangan sampai kamu terjebak di suatu kampus karena tidak bisa lulus. Salah jurusan merupakan sebuah hal yang sangat fatal. Karena kuliah itu memakan waktu dan biaya. Semakin lama kamu menjadi mahasiswa, maka semakin banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar UKT tiap semester.