Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Youtuber Pemula yang Harus Kamu Tahu

kesalahan youtuber pemula

Menjadi Youtuber merupakan sebuah pilihan yang dapat dipilih oleh siapapun. Tidak perlu melihat kasta dan background kehidupan, semua bisa menjadi Youtuber. Cukup menggunakan hp saja sudah bisa membuat konten di Youtube. Coba tanyakan kepada anak muda sekarang, terutama yang aktif bermain sosial media pasti ada rasa ingin menjadi youtuber. Apalagi melihat banyak orang yang sukses dari Youtube.

Tidak dapat dipungkiri, menjadi Youtuber merupakan alternatif yang bisa dipilih untuk menghasilkan uang secara online. Kita tahu sendiri sekarang ini banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, salah satunya melalui Youtube ini. Tapi ingat, bukan cara cepat menghasilkan uang.

Saat ini semakin banyak orang yang mencoba keberuntungannya di dunia Youtube. Dari anak-anak hingga orang tua. Kalau kamu lihat segala jenis konten sudah ada di Youtube. Berbagai macam variasi konten mulai dari musik, hiburan, edukasi, dan masih banyak lainnya. Bahkan kini Youtube merupakan sebuah search engine yang populer setelah Google. Karena banyak orang memanfaatkannya untuk mencari informasi.

Semakin banyak orang yang sadar tentang keuntungan Youtube, semakin banyak pula orang yang memanfaatkannya. Entah itu hanya sekedar hobi atau bahkan serius menghasilkan uang dari sana. Sehingga persaingan di Youtube semakin sulit tentunya.

Untuk itu diperlukan strategi dan konsistensi untuk bisa bertahan dan menghasilkan uang di Youtube. Namun, banyak Youtuber pemula yang melakukan kesalahan saat membangun channelnya. Sehingga membuat channelnya tidak berkembang dan membuatnya menyerah. Ada beberapa kesalahan youtuber pemula dalam mengelola channelnya.

5 Kesalahan Youtuber Pemula

Berikut ini merupakan 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh Youtuber pemula. Sehingga channelnya sulit berkembang dan membuatnya menyerah.

Baca juga: Membuat Video Tanpa Menampilkan Wajah yang Menghasilkan Dollar

1. Membuat Judul Youtube yang Membingungkan

Judul Youtube memang seharusnya menarik. Sehingga memunculkan rasa keinginan orang untuk menonton video kita. Semakin panjang judul, memungkinkan untuk menaruh banyak keyword atau kata kunci yang diincar. Namun, banyak youtuber pemula salah menafsirkannya. Akhirnya judul mereka panjang tapi tidak menarik atau bahkan membingungkan orang yang membacanya.

Buatlah judul yang panjang dan menarik orang yang membacanya untuk klik videonya. Judul yang bagus itu yang mendeskripsikan video dan membuat penasaran.

Gunakan ejaan yang benar, jangan menggunakan singkatan-singkatan alay yang membuat orang dan mesin youtube bingung membacanya. Apabila menggunakan kata hubung, gunakan kata hubung yang tepat. Soalnya aku pernah menemui video yang kata hubung tidak enak saat dibaca. Bila menggunakan tanda baca, jangan sampai keliru. Misalnya seharusnya menggunakan tanda seru tapi malah keliru tanda tanya.

2. Thumbnail yang Berlebihan

Thumbnail merupakan salah satu faktor orang mengklik videomu atau tidak. Karena thumbnail ini merupakan wajah awal sebelum video kita ditonton. Biasanya youtuber pemula saking antusiasnya membuat thumbnail dengan menambakan tulisan dan gambar-gambar yang berlebihan. Yang semula ingin terlihat menarik namun justru malah terlihat lebay.

Thumbnail sangat berpengaruh terhadap rasio klik tayang. Sehingga pemilihan thumbnail memang harus dipikirkan matang-matang. Luangkan waktu sedikit untuk membuat thumbnail dalam setiap video. Cukup menggunakan photoshop atau canva sudah sangat cukup.

3. Mengupload Video Tanpa Editing dan SEO

Sekali lagi aku ingatkan bahwa persaingan Youtube sekarang sangat ketat sekali. Kamu tidak bisa hanya mengirim video yang kamu rekam tanpa melalui proses editing dan SEO. Jika kamu melakukan upload apa adanya ke Youtube, kemungkinan besar video akan sepi. Kecuali kalau kamu punya subscriber yang banyak atau kamu seorang tokoh publik. Tapi jika kamu bukan itu semua, sebaiknya jangan dilakukan.

Lakukan editing sehingga video terlihat menarik dan nyaman untuk ditonton. Anggaplah dirimu adalah orang lain yang akan menjadi penonton videomu. Sehingga kamu bisa mengukur kualitas videomu. Pastikan juga ketika mengupload video di Youtube jangan lupa untuk mengisi deskripsi, tag dan lain-lain. Karena itu merupakan bagian dari search engine optimazation yang membuat videomu menarik dan lengkap di mata mesin Youtube.

4. Membuat Video Tanpa Konsep

Jenis video apapun yang ingin dibuat, sebaiknya dikonsep dalam pembuatannya. Walaupun konsepnya simpel, itu jauh lebih baik daripada yang tidak terkonsep. Karena dengan video yang sudah dikonsep membuat kita sebagai kreator lebih mudah dalam membuat video. Dari segi penonton juga akan lebih betah dan paham maksud dari videonya. Jadi, hindarilah membuat video tanpa konsep apabila tidak ingin ditinggalkan subscribermu.

5. Terlalu Fokus ke Uang

Aku meyakini bahwa banyak orang yang terjun ke dunia Youtube karena disitu ada uangnya. Dan itu tidak masalah jika menjadi motivasimu. Tentunya itu baik apabila hal tersebut membuat bersemangat dan tak menyerah berproses didalamnya. Akan tetapi kebanyakan orang khususnya youtuber pemula terlalu fokus uangnya. Sehingga membuatnya ingin mendapatkan uang dengan cepat. Mereka memiliki kecenderungan lebih mudah menyerah dan putus asa apabila uang tidak segera mereka dapatkan.

Perlu diketahui bahwa Youtube bukan cara cepat menghasilkan uang. Tetap membutuhkan waktu dan tenaga untuk membangun channel yang bisa menghasilkan uang. Apalagi kalau membangunnya dari nol, harus butuh kesabaran dan konsistensi. Orang yang fokus ke uang biasanya hanya bertahan kurang dari tiga bulan. Karena capek tak kunjung menghasilkan apa-apa, akhirnya ditinggalkan.

Sebaiknya, fokus saja dulu ke konten yang kamu buat. Jadikan uang itu sebagai akibat, bukan sebagai sebab. Akibat dari konten videomu yang menarik dan membawa views banyak. Jadi, kurangi fokus ke uang dan prioritaskan fokus ke konten dan optimasinya.


Demikian 5 hal kesalahan yang biasanya dilakukan oleh youtuber pemula. Atau mungkin juga masih dilakukan youtuber lama. Mungkin ada pengamatan saya yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan anda. Karena ini hanya kesimpulan yang bersifat objektif dari beberapa pengalaman dan observasi yang saya lakukan. Mungkin tiap-tiap channel memiliki masalah yang berbeda-beda. Jadi tetap lakukan eksperimen sendiri sehingga kamu bisa menemukan kesimpulan merawat channelmu yang sesuai. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.