Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Kaya ala Raditya Dika yang Harus Kamu Tahu

cara menjadi kaya alat raditya dika

Siapa yang tidak ingin kaya? mayoritas orang pasti ingin kaya.Tidak ada orang yang ingin miskin. Namun, semua ingin kaya tapi tidak semua mau berusaha. Ada juga yang mau berusaha tapi tidak tahu jalannya.

Setidaknya yang tidak tahu jalan untuk menjadi kaya lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mau berusaha. Karena bagi yang tidak tahu jalan tapi tetap berusaha, pasti akan menemukan jalan. Entah dalam waktu yang lama atau dekat.

Pada beberapa waktu lalu aku melihat video di channel Youtube Raditya Dika. Di dalam video tersebut, Raditya Dika membagikan tips untuk menjadi kaya. Supaya tidak terlalu lama penasaran, saya telah merangkum poin-poin dalam video tersebut. Dan berikut adalah tips menjadi kaya ala Raditya Dika.

Cara Menjadi Kaya Menurut Raditya Dika

1. Cari Keahlian yang Kamu Penasaran

Tanyakan pada dirimu keahlian apa yang kamu senangi. Pastikan keahlian tersebut membuatmu pensaran. Sehingga muncul rasa ingin tahu dan mengulik terus skill tersebut. 

Dalam hal ini Raditya mencontohkan bahwa dirinya suka menulis sejak kecil. Rasa penasaran tentang buku dan menulis membuatnya menekuilni bidang tersebut. Sehingga dia menjadi ahli dalam hal menulis.

2. Keberuntungan Bisa Diciptakan

Mungkin selama ini kita sering menganggap bahwa keberuntungan hanya sebuah hal yang diluar kendali kita. Namun, sebanarnya keberuntungan itu bisa diciptakan. Salah seorang filsuf yaitu Seneca pernah mengatakan bahwa keberuntungan adalah persiapan bertumbuh dan kesempatan. Dua hal tersebut menjadi fokus utama jika ingin mendapatkan sebuah keberuntungan. Kita tidak bisa hanya diam saja. Melainkan harus menjemput keberuntungan tersebut. Dan jangan lupa untuk tetap melakukan networking dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama denganmu.

3. Jangan Menukar Waktu dengan Uang

Berhenti melakukan sebuah pekerjaan yang ditukar dengan uang. Jika masih menjadi karyawan, berarti kita masih menukar waktu dengan gaji yang kita dapatkan. Jadikan investasi sebagai tujuan sehingga kedepannya kita tidak disebut menkar waktu dengan uang. Jika kamu sekarang sedang bekerja, bukan berarti kamu harus meninggalkan langsung pekerjaanmu. Tetaplah bekerja sambil membangun aset dan investasi. Sehingga akhirnya uanglah yang akan bekerja untukmu.

4. Membuat Media Untuk Menujukkan Skill

Di jaman yang perkembangan teknologinya sangat pesat rasanya tidak sulit untuk membuat media sendiri. Media untuk menunjukan kemampuan dan kelebihan yang kita miliki. Saat ini tidak harus masuk tv dahulu untuk bisa terkenal. Sudah banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut. Radit mengatakan jangan pernah ragu untuk menulis blog, bikin podcast, membuat video Youtube dan lain-lain. Karena kita tidak pernah siapa yang akan membaca atau melihat karya kita dan kesempatan yang datang. Jangan takut membuat karya, karena karya yang bagus diawali dari karya yang jelek. Fokus kedalam kreativitas dan value dari konten yang dibuat. Jangan terlalu berpikir ke uangnya.

5. Fokus ke Value bukan ke Uang

Seperti pada kalimat terakhir di nomor 4, fokus ke value terlebih dahulu jangan ke uang. Uang akan datang jika karya kita memiliki value. Raditya dika mecontohkan, jika masih menjadi karyawan fokus bagaiamana caranya sebagai karyawan kita bisa bernilai kepada perusahaan. Kontribusi apa yang bisa kita lakukan untuk perusahaan tersebut. Semakin bernilai kita kepada perusahaan, semakin besar perusahaan tidak ingin kita pergi. Perbaiki karya atau kualitasmu sehingga layak untuk dihargai lebih tinggi.

6. Jangan Melakukan Self-serving Bias 

Self-serving bias yaitu menganggap dirinya paling berperan apabila sukses dan menyalahkan orang lain apabila mengalami kegagalan. Hal ini membuat kita susah berkembang, karena kita tidak bisa menganalisis kekurangan yang ada pada diri kita. Yang seharusnya kita bisa memperbaikinya. Sejatinya hidup adalah terus-menerus memperbaiki kesalahan. Memperbaiki kesalahayan karya yang dibuat menjadi lebih baik. Jangan menyalahkan orang lain atas kegagalan yang kamu alami. Berikanlah apresiasi kepada siapapun yang membantu kita. Salahkan diri sendiri ketika gagal. Supaya bisa belajar untuk tumbuh dan berkembang labih baik.

7. Jangan Terjebak dengan Permainan Status

Ada satu kalimat Radit yang mengena yaitu "jadilah orang kaya bukan orang yang terlihat kaya". Perbedaan orang kaya dan orang yang terlihat kaya adalah orang yang terlihat kaya menghamburkan uangnya untuk membeli barang-barang mewah supaya orang lain kagum dan menjadi terlihat kaya. Jangan terpancing tentang anggapan orang tentangmu. Kamu harus keluar dari permainan status terlihat kaya. Perlu diketahui bahwa rumus kaya itu adalah aset - hutang. Sehingga yang menadi fokusmu adalah memiliki dan mengembangkan aset. Sebisa mungkin untuk meminimalisir hutang.

8. Mengerti Mikro dan Makro Ekonomi

Setidaknya milikilah pengetahuan dasar mikro ekonomi yang mempelajari bagaimana perusahaan dan individu memaksimalkan keuntungan dengan faktor produksi yang terbatas. Ilmu yang memahami kenapa harga sebuah barang naik, bagaimana karyawan bereaksi terhadap insentif yang perusahaan berikan dan lain-lain. Pengetahuan ini akan menjadi landasan penting untuk apapun yang kita lakukan baik sebagai karyawan ataupun pemilik bisnis.

Memahami makro ekonomi juga penting untuk kita. Karena ketika nanti sudah punya uang, kita siap untuk menjadi investor. Kita bisa menjadi lebih tahu tentang bagaimana regulasi pemerintah mempengaruhi keputusan kita dalam investasi, belajar untuk memahami siklus bisnis, tahu apa dampak dari perubahan kebijakan pemerintah terhadap ini secara keseluruhan. Ketika menjadi pemilik bisnis hal-hal ini akan membantu kita untuk membuat keputusan strategis karena kita melihat semuanya dari atas produk. Ilmu sales marketing juga sangat penting karena setiap produk pada akhirnya harus dijual ketika kita bisa membuat sebuah produk yang baik dan juga bisa menjadi penjual yang baik bisa itu uang akan datang.

9. Menjadi Kaya Pelan-pelan

Menurut Radit, cara terbaik kaya adalah pelan-pelan saja jangan terlalu nafsu. Kalau ada yang datang dan menawarkan investasi dan bilang ini nggak mungkin rugi, untungnya 100% setahun. Jangan mudah percaya dengan hal semacam itu. Jangan terjebak dengan tawaran bisnis yang menawarkan keuntungan berlipat ganda tanpa resiko yang terukur. 

Jangan mudah tergiur dengan orang yang mengajak bisnis dengan janji dan hasil yang terkesan berlebihan. Gunakan logika dan pikiran yang tenang dalam mengambil keputusan bisnis. Singkirkan emosi supaya bisa melihat resiko yang akan didapat kedepannya.

Jangan mudah iri dengan kesuksesan orang lain. Masing-masing orang punya jalan hidupnya sendiri. Mungkin kita lebih lambat dari yang lainnya. Namun sebuah perjalanan akan dinilai di tempat terakhir kali kita sampai, bukan seberapa berkelok jalan yang dilalui.

Demikian pesan yang bisa aku tangkap dari sebuah konten Raditya Dika mengenai cara menjadi kaya. Menurutku ada benarnya poin-poin yang disampaikannya. Ambilah yang menurutmu cocok buat dirimu. Terima kasih, semoga bisa bermanfaat.