Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Cepat

cara meningkatkan rasa percaya diri

Setiap orang pasti memiliki rasa percaya diri. Entah tingkatnya itu tinggi atau rendah. Rasa percaya diri inilah yang akan membuat orang yakin dalam menjalani setiap pilihannya.

Ketika seseorang percaya diri dalam melakukan segala sesuatu, ada kecenderungan akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan mereka yang tidak percaya diri. 

Kepercayaan diri biasanya akan bertambah setelah kita berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena ketika anda berhasil mendapatkan yang diinginkan, berarti anda terlah melewati suatu proses. Sehingga anda sudah berhasil melangkah ke suatu tempat.

Tentunya proses tersebut membutuhkan waktu entah itu cepat atau lama. Namun, tulisan ini ada sebuah metode yang bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan cepat. Yang dimaksud cepat disini bukan berarti sekali jadi. Tetapi ada sebuah trik-trik yang harus dibiasakan dahulu. Dan dibawah ini adalah 5 pola untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri dengan cepat.

1. Menegakkan Badan dan Pandangan

Seringkali kita meilihat orang berjalan dengan membungkuk dan pandangan ke bawah. Itu menandakan ketidakpercaya dirian. Tidak berani menantap orang sekitar karena malu. Cobalah untuk menahan badan dengan tegak ketika sedang berjalan. Dan mencoba tatap yang lebih berani melihat kedepan dang orang-orang disekitar. Dengan postur tubuh yang tegak dan pandangan kedepan, membuat orang lain melihat anda sebagai pribadi yang percaya diri tinggi.

2. Mengubah Lingkungan

Ketika berada di sebuah tempat yang membuat anda tidak percaya diri, anda harus mengubahnya. Karena ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa mereka yang  menghabiskan sepanjang hari di kantor, kemduian berjalan kaku di area yang banyak tanaman hijau memiliki efek positif terhadap suasaran hati.

Cara ini bisa diterapkan ketika anda merasa tidak percaya diri bisa mensiasati dengan memikirkan suatu tempat yang membuat anda nyaman dan merasa bahagia. Sehingga rasa percaya diri bisa muncul. Ubahlah lingkungan dengan pikiran anda dengan membayangkan tempat-tempat yang memotivasi anda.

3. Melakukan Sesuatu yang Dikuasai

Ketika mempelajari sesuatu yang baru pasti kita merasa tidak yakin bisa melakukakannya. Karena setiap orang yang mempelajari keterampilan yang baru, pasti akan menempatkan diri pada posisi yang mungkin akan gagal. Dan keterampilan tersebut akan sangat berharga ketika rasa kegagalan tersebut behasil dijalani.
Maka dari itu untuk menambah rasa percaya diri akan tumbuh ketika melewati proses tersebut dengan keterampilan yang anda kuasi. Karena ketika anda melakukan sesuatu yang anda kuasi, anda akan merasa nyaman dan kepercayaan diri meningkat. Bahkan anda tidak akan menemukan keputusasaan untuk seterusnya.

4. Mengubah Pikiran

Rasa tidak percaya diri dihasilkan dari pikiran yang negatif. Yang dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan seseorang. Untuk itu diperlukan mengubah arah pikiran. Sehingga pikiran negatif bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Cara termudah untuk merubah arah pikiran adalah dengan sebuah pertanyaan. Pertanyaan kepada diri sendiri. Sehingga otak akan mencari jawaban dari pertanyaan tersebut. Yang nantinya bisa membuat anda lebih percaya diri. Coba tanyakan 3 pertanyaan awal sebagai berikut:
- Bagaiamana saya membuat ini menguntungkan saya?
- Apa manfaat yang didapat dari ini?
- Apa cara yang lebih berguna untuk melihat ini?

5. Mengolah Nafas dan Visualisasi Masa Depan

Rasa panik akan membuat diri kita berpikir negatif dan mengurangi rasa percaya diri. Jantung akan berdetak dengan cepat  dan nafas mulai tak beraturan.

Untuk itu luangkan waktu maksimal 5 menit untuk melakukan olah pernafasan. Supaya bisa menjadi pribadi yang tenang dalam menghadapi situas apapun. Kemudian cobalah memejamkan mata sejenak dan memvisualisasikan  masa depan yang kamu impinkan. Sehingga mampu memompa semangat anda untuk meraihnya. Rasa percaya diri perlahan akan mulai meningkat dengan ketanangan dan motivasi yang dilakukan setiap hari.

Lakukan 5 pola untuk meningkatkan rasa percaya diri diatas. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Percayalah rasa percaya diri anda akan meningkat.