Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman! Cara Mengurus KTP Hilang Luar Domisili

cara mengurus ktp hilang luar domisili

Aku mau berbagi pengalaman mengenai Kartu Tanda Penduduk yang hilang di luar kota. Jadi waktu itu aku kehilangan kartu identitas yang baru aku sadari beberapa hari setelah. Posisiku saat itu sedang berada di luar kota. Dan banyak teman yang mengatakan kalau untuk mengurus KTP yang hilang itu harus di daerah asal pembuatan KTP.

Tentunya ini menjadi masalah tersendiri buatku. Karena aku harus menetap di luar kota dalam beberapa bulan. Jarak kota asal juga lumayan jauh dan aku mikirnya pasti lama untuk mengurusnya. Kemudian aku mencoba cari informasi apakah bisa mengurus KTP hilang di luar domisili. Ada beberapa opsi yang aku lakukan seperti mencari sosial media disdukcapil setempat dan mendatangi tempatnya langsung.

Mencari Sosmed Dinas Terkait

Pertama yang aku lakukan adalah mencari sosial media dinas terkait. Aku mencoba mencari akun sosial media Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau biasa disingkat Dipendukcapil setempat. Membaca seluruh informasi yang ada terkait pengurusan KTP hilang. Kemudian aku mendapatkan kontak yang bisa dihubungi.

Aku coba hubungi langsung untuk menanyakan masalah KTP hilang luar domisili. Kemudian disuruh untuk mengirimkan foto Kartu Keluarga (KK) dan surat kehilangan untuk dicek terlebih dahulu.

KTP Luar Domisili Bisa Dicetak

Setelah mengirim file foto tadi, kemudian disuruh menunggu info lebih lanjut. Keesokan harinya aku coba chat lagi untuk menanyakan kejelasan KTP. Ternyata KTP sudah dicetak dan bisa langsung diambil di kantor Dispendukcapil dengan membawa fotocopy KK dan surat kehilangan asli.

Kesimpulan

  1. Kehilangan KTP luar domisili bisa diurus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota tersebut tanpa harus pulang ke kota asal.
  2. Pengurusan kehilangan KTP bisa dilakukan secara online melalui Whatsapp.
  3. Dibutuhkan kartu keluarga dan surat kehilangan dari pihak Kepolisian.
  4. Prosesnya cepat, hanya butuh satu hari (berdasarkan pengalaman).

Demikian informasi yang bisa saya berikan. Itu semua berdasarkan pengalaman langsung. Semoga bisa membantu kalian yang kehilangan KTP di luar kota.