Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rasa Malas Berlebihan yang Patut Dicoba

cara mengatasi rasa malas
Mengatasi rasa malas. Setiap orang memliki rasa malas. Yang membadakan yaitu sebagian bisa meminimalisirnya dan sebagiannya lagi tidak. Rasa malas itu memang sangat wajar dan bisa muncul kapan saja. Tapi kalau dibiarkan terus-menerus bisa menjadi bola salju yang akan menggulungmu ke dasar.

Kemalasan bisa memberi dampak negatif pada diri kita. Bisa mengganggu kinerja dan mengganggu hubungan dengan teman. Untuk itu jangan pernah memupus rasa malas. Buang atau minimaisir rasa tersebut. Ada banyak cara untuk mengatasi rasa malas yang bisa kamu coba.

10 Cara Mengatasi Rasa Malas yang Patut Dicoba

Untuk mengatasi rasa malas, bisa kamu coba 10 cara dibawah ini:

1. Mencari kegiatan yang kamu sukai 

Carilah kegiatan-kegiatan yang produktif dan kamu senangi. Kegiatan seperti hobi dan aktivitas yang cenderung kamu sukai. Karena biasanya ketika melakukan suatu hal yang disenangi itu tidak akan terasa terbebani. Kadang malah bisa sampai lupa waktu. Lakukan aktivitas tersebut untuk menjadi kebiasaan sehari-hari. Jangan biarkan dirimu hanya berdiam saja. Teruslah bergerak, mengerjakan hal-hal kecil juga tidak masalah.

2. Lakukan sekarang, jangan menunda 

Ketika kita mendapat tugas dan deadline nya itu masih lama, seringkali justru membuat kita menunda menyelesaikannya. Padahal seharusnya dikerjakan secepatnya tanpa menunggu dekat dengan deadline. Karena kita tidak tahu yang terjadinya kedepannya seperti apa. 

Menunda hanya enak untuk sekarang, tapi  menjadi masalah untuk selanjutnya. Karena ada istilah menunda itu sama dengan menambah masalah. Jadi mulailah menyelesaikan tugas segera mungkin. Jangan menunngu dekat deadline.

3. Biasakan tepat waktu
Kalau kamu sudah merencanakan akan mengerjakan tugas pada jam 8, maka kerjakan pada jam 8. Jangan terbiasa telat melebihi rencana. Walaupun kamu tidak sedang janjian dengan seseorang. Disiplin dimulai dari diri sendiri. Mulai untuk komitmen tepat waktu. Dan tidak lagi mengulur waktu yang malah membuat semua beratakan.

4. Buatlah jadwal kapan harus bekerja dan beristirahat
Selayaknya manusia pada umumnya, kamu juga butuh istirahat setelah lelah bekerja. Jangan memaksa diri untuk memenuhi ambisi dan egomu.

Buatlah waktu untuk beristirahat atau mengisinya dengan kegiatan yang membuatmu senang. Karena kalau dipaksa hingga over justru membuat kita stress. Malah jadi tambah malas lagi nantinya kalau seperti itu. Buatlah waktu istirahat berapa jam dalam sehari untuk menyeimbangkan hidup.

5. Jangan banyak alasan, akukan sekarang juga
Apakah kamu termasuk orang yang mengerjakan sesuatu harus menunggu mood? Sebaiknya jangan biasakan hal tersebut. Paksalah dirimu untuk melakuka sesuatu tanpa harus bergantung dengan mood. Karena suasana hati itu tidak tentu. Dan kalau menunggu mood malah nanti telat melebihi deadline.

6. Cari suasana yang baru
Tempat dan suana bisa menjadi faktor kinerja seseorang. Suasana yang kurang cocok bisa menimbulkan rasa malas untuk melakukan sesuatu. Suasana yang baru dan fresh bisa memotivasi kita untuk bersemangat melakukan sesuatu.

Baca juga: Mindset Juara yang Harus Dimiliki


7. Mulai dari yang mudah dulu
Prinsip ini seperti anak sekolah dalam mengerjalan soal ujian, mengerjakan yang mudah lalu yang sulit. Cara ini bisa diadaptasi untuk mengatasi rasa malas. Karena dengan melakukan yang mudah lalu berhasil bisa memicu semangat untuk mengerjakan selanjutnya. Berbeda halnya apabila mengerjakan yang sulit lalu macet di masalah tersebut, yang justru membuat stress duluan. Jadi mulailah dari mudah, kemudian bertahap ke yang lebih sulit.

8. Cobalah berpikir positif
Berpikir positif sangat baik untuk kesehatan mental. Hal ini juga baik untuk mengatasi rasa malas. Karena malas itu akan berujung pada pikiran-pikiran negatif. Coba berpikir positif supaya lebih bersemangat dan optimis menjalani hari-hari.

9. Meminimalisir gangguan
Teknologi itu bisa menjadi pembantu dan penghambat dalam hidup ini. Apalagi kalau sudah kecanduan, bisa jadi penghambat. Seringkali orang tidak bisa fokus ketika bekerja lalu ada notifikasi dari handphone. Hasrat untuk membuka handphone sangat tinggi sekali. Sehingga biasanya malah fokus ke hp atau hal-hal yang kurang penting seperti membuat sosmed. Tentunya hal ini harus dibatasi, supaya bisa lebih fokus pada saat kerja. Berikan waktu tersendiri kapan waktunya main hp dan sebaliknya.

10. Biasakan diri dengan semua itu 
Merubah pola kebiasaan yang baru itu memang akan terasa berat diawal. Karena hal tersebut tidak biasa dilakukan. Namun membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang rajin itu butuh proses. Lakukan sedikit demi sedikit sehingga dirimu terbiasa. Jangan melakukan perubah total secara radikal, karena biasanya perrubahan yang radikal itu tidak akan bertahan lama. Lakukan terus kebiasaan-kebiasaan positif hingga dirimu terbiasa dan otomatis melakukannya setiap hari.