Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mindset Juara yang Harus Dimiliki Semua Orang

mindset juara

Menjadi seorang juara itu tidak mudah. Butuh perjuangan dan kerja keras yang harus dilalui. Prosesnya tidak mudah, harus ada suatu yang dikorbankan untuk mendapatkannya. Waktu dan tenaga harus kita curahkan untuk menjadi seorang juara. Karena menjadi yang terbaik diantara yang baik itu sulit. Makanya orang akan dianggap hebat ketika menjadi juara. Karena prosesnya memang butuh pengorbanan.

Jarang sekali orang menjadi juara tanpa melakukan kerja keras. Kalaupun ada mungkin hanya sekitar 1%. Dan itupun hanya mengandalkan sebuah keberuntungan. Padahal keberuntungan tidak bisa kita pastikan untuk jangka panjang kedepannya. Sehingga diperluka usaha yang maksimal untuk menjadi juara.

Selain kerja keras, seseorang juga harus memiliki sebuah mindset untuk menjadi juara. Mindset inilah yang akan membuat mental menjadi kuat. Itu sebabnya ada istilah mental juara. Orang yang bermental juara memiliki mindset yang bagus.

Lalu apa saja mindset untuk menjadi juara?

Mindset yang Dimiliki Seorang Juara 

Ada lima mindset yang harus dimiliki apabila seseorang ingin menjadi juara.

1. Mindset: Kamu Bisa Melakukannya

Seorang juara harus memiliki keyakinan bahwa kamu bisa melakukan hal tersebut. Sehingga memacu untuk melakukan dan mengerjakanya terus-menerus.

Jangan pernah takut untuk mencobanya. Semua bisa dilakukan apabila tahu ilmunya. Tanamkan pada pikiran bahwa kamu bisa melakukannya dan bahkan bisa lebih baik dari yang lainnya. 

2. Mindset: Kerja Keras Mampu Mengalahkan Bakat

Kalau kamu pernah mendengar bahwa orang itu hebat karena bakatnya. Cobalah hilangkan pendapat tersebut. Ada yang mengatakan bahwa bakat itu hanya berpengaruh 1% dari keberhasilanmu. Selebihnya yaitu kerja kerasmu. Jadi kamu memiliki 99% peluang untuk menjadi juara apabila kamu bekerja keras untuk mendapatkannya. Jangan justru bergantung dengan yang 1%.

Walaupun orang berbakat, tapi kalau tidak ada keinginan untuk melatih dan berusaha keras ya akan tetap kalah dengan yang berjuang dan bekerja keras.

3. Mindset: Jangan Termakan Pujian

Ketika orang berhasil meraih pencapaiannya, akan datang juga pujian-pujian dari orang lain. Pujian bisa berdampak baik tapi juga bisa menjadi buruk. Pujian bisa membuat anda menjadi lebih percaya diri dan bersemangat. Namun, pujian juga bisa membunuh anda apabila tidak bisa mengolahnya.

Pujian bisa membuat orang menjadi sombong karena merasa sudah berhasil. Selain itu juga dapat membuat merasa hebat sehingga tidak mau belajar lagi. Padahal seharusnya orang harus terus belajar untuk menjadi lebih baik. Dan itulah kunci menjadi juara. Jadi, jangan sampai termakan oleh pujian.

4. Mindset: Selalu Kurang atau Rendah Diri

Pujian yang sebelumnya masih berkaitan dengan mindset ini. Seorang juara harus merasa kurang dan rendah diri. Supaya terus-menerus belajar dan berlatih.

Karena ketika kamu merasa sudah puas karena sudah diatas, mungkin saat ini kamu memang benar. Tapi ingatlah ketika kamu berpuas diri, diluar sana banyak yang terus berlatih untuk mengalahkanmu. 

Jadi jangan berpuas diri. Tetap olah terus rasa haus untuk menjadi lebih dan lebih.

5. Mindset: Memilih Kritikan

Setiap orang tidak akan pernah terlepas dari sebuah kritikan. Walaupun menurutmu yang kamu lakukan sudah benar tetap saja ada kritikan.

Kritikan itu ada yang baik dan juga ada yang buruk. Jangan terburu-buru untuk menerima atau membuangnya.

Kritikan yang baik itu biasanya membuat diri kita lebih bersemangat untuk berusaha. Dan kritikan yang buruk itu pasti membuat kita menjadi seorang yang pesimis.

Menjadi seorang juara harus pandai mengolah kritikan. Apalagi kalau kamu sudah berada ditahap membuat kritikan negatif menjadi output positif. Maksudnya adalah apapun kritikan yang diucapkan kepadamu, kamu bisa mengolah menjadi output yang positif. Seperti membuatmu bersemangat dan belajar menjadi lebih baik lagi.