Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pelajaran Tentang Uang yang Berpengaruh Terhadap Kehidupan

pelajaran tentang uang

Jika membahas tentang uang, sepertinya sedikit tabu. Karena memang budaya kita jarang sekali orang tua yang membekali anaknya tentang uang.

Entah karena mereka tidak bisa menjelaskannya atau bahkan mereka juga tidak tahu ilmu tentang uang. Sehingga mau tidak mau kita harus belajar sendiri tentang uang.

Belajar tentang uang merupakan suatu hal yang penting untuk hidup. Supaya kita bisa tahu bagaimana hasil, pengeluaran, dan cara mengelola uang dengan baik. Banyak orang yang gagal mengelola uang karena tidak memiliki ilmunya. Sehingga ilmu tentang uang perlu kita miliki.

Pelajaran tentang uang

Ada setidaknya 10 pelajaran tentang uang yang aku pelajari. Walaupun mungkin kalian memiliki pelajaran yang lebih dari ini. Saya hanya ingin berbagi ilmu yang aku dapatkan.

1.Inflasi

inflasi ini suatu istilah yang sering terdengar, atau paling tidak pernah mendengarnya. Biasanya istilah ini muncul di dalam acara berita. Apalagi setiap tahun mata uang kita terus mengalami inflasi.

Lalu apa yang dimaksud inflasi?

Jadi, inflasi merupakan penurunan nilai atau daya beli mata uang dari waktu ke waktu. Sederhananya yaitu harga berbagai kebutuhan naik, sedangkan nilai mata uang turun. Di Indonesia sendiri, nilai tukar rupiah terhadap dollar terus menurun. Bahkan sekarang 1 dollar setara dengan 14 ribu lebih.

Karena kita tahu kalau nilai tukar rupiah menurun terus, sangat penting untuk tidak membiarkan uang hanya tersimpan di bank. Ketika meninggalkan uang hanya tersimpan di bank, ada kemungkinan kita akan kehilangan uang karena nilainya menurun.

Pengetahuan tentang inflasi mengajari kita bahwa sebaiknya kita menumbuhkan uang di tingkat yang lebih tinggi dari inflasi supaya nilai tidak turun. Bukan malah membiarkannya hanya tersimpan di bank dan nilainya menurun dari waktu ke waktu.

Jadi, ketika anda memiliki uang, tumbuhkan uang tersebut dengan cara berinvestasi atau hal lain untuk menjaga nilai uang anda. Untuk mengetahui banyak uang yang harus di simpan di bank adalah dengan menghitung jumlah pengeluaran bulanan anda. Kemudian apakah anda orang yang berani mengambil resiko untuk investasi atau anda lebih memilih untuk aman saja.

2. Hutang baik dan hutang buruk

Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis hutang yaitu hutang baik dan hutang buruk. Kalau pengetahuan dahulu yang saya ketahui bahwa utang itu semuanya buruk. Orang tua melarang untuk berutang kepada orang lain. Karena melihat dampak yang dirasakan orang lain ketika berutang, orang tersebut terjebak dalam hutang terus-terusan tanpa bisa melunasinya. Bahkan kadang malah bertambah, istilahnya gali lubang tutup lubang. Mencari hutang untuk menutupi hutang yang sebelumnya.

Tetapi ternyata juga ada hutang yang baik. Hutang yang baik yaitu hutang yang digunkan untuk tujuan mengembangkan aset atau bisnis. Bukan untuk sekedar bergaya hidup yang mewah. Berhutang untuk mengembangkan bisnis juga ide yang bagus. Anda butuh mengembangkan bisnis atau aset untuk bisa menghasilkan uang extra di masa depan. Jadi, berhutang untuk meningkatkan aset biasa disebut dengan daya ungkit.

Sedangkan hutang  yang buruk adalah ketika anda meminjam uang untuk membeli sesuatu yang tidak memiliki nilainya. Atau membeli sesuatu yang nilai akan turun sering berjalannya waktu. Contohnya seperti membeli pakaian dan barang-barang mewah. Apalagi kalau sudah terjebak dengan hutang kartu kredit, ini sangat buruk kalau misal tidak ada aset yang nilainya lebih.

Perlu diketahui bahwa dengan membayar minimum bisa mendapatkan saldo di kartu kredit. Itulah kemudahan yang menjebak diberika kartu kredit. Namun mereka akan menghasilkan uang dari bunga yang harus anda bayar. Dan biasanya bunga dari kartu kredit lumayan tinggi.

Jadi, bijaklah dalam berhutang supaya tidak merugikan. Pelajari sistem dan persyaratan supaya tidak terjebak dengan tawaran-tawaran manis.

3. Cryptocurrency

Crypto saat ini sedang booming sekali di dunia. Bahkan sekarang banyak jenis crypto yang baru bermunculan. Banyak orang yang menyadari dan mulai terbiasa dengan crypto, apakah anda juga demikian?

Karena crypto hampir menjadi mainstream, alangkah baiknya untuk menambah pengetahuan tentang uang digital tersebut walaupun hanya permukaannya. Karena kita tidak bisa memastikan siapa tahu kedepannya teknologi ini bisa menggantikan mata uang kertas.

Siapa tahu anda nanti minat untuk terjun ke dunia cryptocurrency. Bisa belajar melalui Google maupun video di Youtube yang dikemas lebih menarik. Sehingga menjaga antusiasme untuk mempelajarinya.

4. Investasikan lebih awal

Cobalah memulai investasi lebih awal. Sayangnya kesadaran investasi tidak didapatkan pada saat remaja. Yang diajarkan hanyalah untuk menabung, bukan berinvestasi. Karena dulu ketika masih sekolah, investasi lebih kearah negatif karena oknum yang melakukan kejahatan dengan kata investasi.

Sekarang ini investasi mulai marak, dan banyak sekali tempat untuk berinvestasi. Bahkan tidak harus menggunakan jumlah uang yang banyak. Karena ada reksadana yang bisa berinvestasi dengan jumlah uang yang kecil.

Investasi bermanfaat untuk menumbuhkan uang yang anda miliki. Pelajari cara kerja pasar saham, rekening investasi, obligasi, reksadana, dan investasi real estate. Ketika anda masih muda, banyak waktu yang bisa anda gunakan untuk belajar suatu hal termasuk investasi. Mulailah dari sekarang juga.

5. Pola pikir tentang uang

Mungkin ada suatu keterbatasan yang kita ketahui di lingkungan kita mengenai uang. Sehingga pola pikir tentang uang harus didapatkan dengan mempelajarinya secara mandiri.

Coba anda ingat pernahkan anda mengatakan pada diri "saya tidak bisa melakukannya". " mereka memilikinya karena kaya", atau "saya terlalu muda untuk berinvestasi". Jika iya, maka cobalah merunut darimana keyakinan tersebut muncul. Cobalah untuk menghilangkan keyakinan tersebut perlahan.

Keyakinan tersebut tidak membantu anda berkembang dan justru hanya menahan diri anda untuk mendapatkan sesuatu. Ketidakyakinan untuk mendapatkan uang yang banyak akan menghalangi anda untuk mendapatkannya. Anda akan menyangkal tidak mungkin orang dapat menghasilkan sebanyak itu.

Padahal kenyataannya tidak ada batas yang menahan. Semua itu tergantung yang ada di pikiran. Hilangkan asumsi negatif dan percayalah anda bisa. Bangkitkan optimisme dalam diri untuk meraih berbagai macam kesuksesan.

6. Tanyakan tentang uang

Jangan pernah takut membicarakan tentang uang. Diskusikan uang dengan teman ataupun orang lain untuk mendapat insight lebih. Dengan cara seperti itu anda bisa belajar dan mendapatkan beragam perspektif tentang uang.

Karena pada kenyataannya orang takut membicarakan tentang uang. Uang dianggap sebagai hal yang tabu dalam suatu diskusi. Ubahlah sekarang, jadikan uang sebagai pembahasan yang bebas dan tidak tabu. Cobalah tanyakan kepada orang mengenai gaji dan aset yang dimilikinya supaya anda bisa mendapatkan pelajaran dari informasi tersebut. Dan tidak menilai dengan prasangka yang belum tentu benar.

7. Berpikir jangka panjang

Berpikirlah panjang mengenai keungan anda. Terutama terhadap mengeluaran yang anda lakukan harus dipikir jangka panjang. Jadi, ketika anda mulai menghasilkan uang, anda sudah tahu uang tersebut mau dialokasikan kemana saja.

Alokasikan uang ke aset yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Jangan hanya menghabiskan untuk pengeluaran jangka pendek. Daripada anda hanya memenuhi keinginan untuk membeli barang yang bersifat jangka pendek, alangkah baiknya untuk membeli kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas kerja anda. Bisa juga anda membeli kursus untuk meningkatkan keterampilan yang anda miliki.

8. Investasikan untuk mengembangkan diri

Masih berkaitan dengan topik sebelumnya. Diri anda istilah butuh untuk di upgrade untuk mencapai level berikutnya. Berinvestasi untuk otak bisa lebih baik untuk menambah pengetahuan atau mendapatkan keterampilan yang baru. Ilmu itu sangat berharga bagi kehidupan seseorang. Orang yang berilmu akan selalu punya cara untuk menyelesaikan sesuatu.

Jika anda seorang pekerja kantoran, alangkah baiknya untuk membeli software-software yang memudahkan anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena saya yakin dengan alat yang bagus bisa menunjang kita untuk melakukan sesuatu lebih baik lagi. Berinvestasilah pada hal-hal yang penting. Yang mampu membuat diri anda tumbuh.

9. Barang tidak harus baru

Jual barang yang tidak terpakai daripada hanya memenuhi tempat tinggal anda. Selain itu, cobalah untuk merubah mindset membeli barang tidak harus barang baru. Selain untuk mendapatkan harga yang lebih murah, anda bira turut andil untuk menjaga lingkungan. 

Contoh barang yang bisa anda beli bekas yaitu barang-barang elektronik seperti kamera, handphone, laptop. Barang elektronik biasanya memiliki harga yang mahal ketika masih baru. Sedangkan ketika sudah diluar toko atau second, harganya bisa jauh lebih murah. Padahal kondisinya juga masih bagus.

Begitupun barang yang anda miliki, kalau misalnya tidak terpakai silahkan dijual. Jangan hanya dibiarkan begitu saja hingga berang tersebut rusak. Jadilah orang yang berperilaku tidak sekali pakai. Dengan begitu anda bisa menghemat uang yang anda miliki.

10. Rencanakan pensiun mulai dari sekarang

Pelajaran terakhir tentang uang adalah merencanakan pensiun mulai dari sekarang. Saya bukan bermaksud menasehati atau menggurui. Memang mungkin saat ini masih mudah dan memiliki semangat kerja yang tinggi.

Sebagai seorang yang masih muda, ketika mendengar kata pensiun mungkin merasa masih jauh. Namun anda perlu melindungi diri anda di usia tua nanti tanpa harus mengandalkan jaminan sosial. Jangan bergantung kepada pemerintah untuk merawat diri anda.

Untuk itu anda harus menyiapkan dana pensiun dari sekarang. Supaya nanti bisa hidup dan pensiun dengan bahagia. Biaya hidup saat ini akan berbeda dengan biaya hidup di masa mendatang. Karena inflasi yang pasti terjadi. 

Penting untuk kita melakukan investasi untuk biaya hidup pensiun nanti. Investasi yang anda lakukan saat ini bisa menjadi passive income untuk anda. Misalnya anda menginvestasikan ke properti sewaan yang bisa andak sewakan kepada orang lain. Anda akan mendapatkan bayaran dari rutin tiap bulannya dari penyewa.

Mulailah pikirkan masa tua dari sekarang supaya kelak tidak kebingungan saat menghadapi kehidupan. Penyesalan itu datangnya selalu di akhir. Dan seharusnya anda tidak punya waktu untuk menyesali sesuatu. Maka dari itu siapkan dari sekarang supaya nanti bisa hidup tenang.