Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Pembuat Formulir Online Terbaik 2022


Teknologi sudah berkembang dengan pesat. Memudahkan orang dalam melakukan sebuah pekerjaan. Seperti pembuatan formulir yang dulunya manual menggunakan kertas kini sudah bisa dengan mudah dibuat secara online.

Formulir online sangat memudahkan orang untuk mengumpulkan data-data dari banyak pihak. Biayanya juga lebih minim dibandingkan dengan menggunakan kertas.

Formulir online ini banyak digunakan oleh dunia pendidikan dan kerja. Misalnya pada saat recruitment, untuk memudahkan dibuatlah formulir pendaftaran secara online. Jadi tidak perlu repot-repot ke tempat.

Survei untuk mengambil data-data juga bisa dilakukan membuat formulir online ini. Karena cukup efisien. Tinggal membuat form dengan layanan yang sudah banyak di Internet. Lalu apa saja layanan untuk membuat formulir secara online?

Pembuat Formulir Online Terbaik

Berikut ada 16 layanan pembuat formulir online yang bisa kamu gunakan. Masing-masing memiliki kelebihan. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan keinginan.

1. Google forms

pembuat formulir online google form

Google form merupakan layanan dari Google yang bisa digunakan untuk membuat formulir secara online. Layanan ini sangat populer dan banyak dipakai orang untuk membuat survei, kuis, dan polling pertanyaan.

Google form sudah terintegrasi dengan Google Workspace yang memungkinan kita untuk menyimpan hasil yang telah kita buat disimpan di cloud Google. Ada banyak fitur yang diberikan oleh Google form yang bisa digunakan secara gratis.

Anda bisa mendesain form yang akan dipakai sesuai selera anda. Misalnya bisa memilih warna form dan juga bisa menambahkan foto untuk menambah menarik.

Terdapat banyak opsi jenis respon yang anda inginkan, seperti kotak centang, teks pendek, dan menu dropdown. Anda bisa dengan mudah menggunakannnya untuk pendafaran sesuatu atau membuat sebuah survei pertanyaan tertentu.

2. Wufoo

pembuat formulir online wufoo

Menariknya dari Wufoo adalah interface yang enak dan anda bisa dengan mudah membuat desain formulir dengan drag and drop menu yang tersedia. Ada setidaknya lebih dari 400 template yang bisa digunakan.

Wufoo juga memberikan kemudahan bagi yang ingin mengumpulkan informasi secara spesifik targetnya. Karena dapat menambahkan pilihan demografis untuk bisang pilihan ganda. Selain itu juga bisa ditampbahkan usia, pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan dan penghasilannya.

3. Socital

pembuat formulir online socital

Socital bisa digunakan untuk membuat formulir yang fungsinya untuk mengajak, kampanye, dan berlangganan. Anda bisa memanfaatkan template formulir yang disediakan di Socital untuk membuat sebuah formulir sederhana hingga kompleks.

4. Formstack

pembuat formulir online formstack

Formstack merupakan layanan untuk membuat formulir online yang menggunakan logika bersyarat dan menawarkan pilihan banyak fitur yang menarik. Anda bisa dengan mudah melakukan kustomasisasi dengan fitur drag and drop. Buat yang ingin lebih mudah bisa menggunakan template yang telah disediakan.

Di Formstack juga tersedia fitur urutkan ulang konten yang bisa membantu anda mengatur posisi konten. Anda juga bisa menampilkan atau menyembunyikan pertanyaan berdasarkan jawaban responden. 

5. Jotform

pembuat formulir online jotform

Jotform memiliki paket gratis dan berbayar yang bisa anda pilih. Tentunya jika menggunakan yang gratis ada batasan tertentu. Kalau menggunakan yang berbayar pastinya fiturnya lebih lengkap. Dengan Jostform, anda bisa membuat sebuah formulir yang bervariasi. Misalnya membuat banyak pertanyaan dalam 1 halaman atau memakai 1 halaman hanya untuk 1 pertanyaan.

Enaknya, Jotform sudah dilengkapi dengan teknologi mobile-first yang membuatnya ramah dengan smarthpone. Sehingga anda bisa dengan mudah membuat formulir meskipun hanya menggunakan sebuah smartphone. Setidaknya ada lebih dari 10.000 template formulir yang bisa anda gunakan untuk membuat berbagai macam formulir.

6. Hubspot

pembuat formulir online hubspot

Membuat formulir di Hubspot sangat mudah. Karena fitur drag and drop yang memudahkan dalam membuat sebuah formulir. Tidak ada batas bidang formulir yang dapat anda buat. Ada banyak template yang bisa digunakan. Apalagi template berbasi sasaran yang memudah kita menentukan target. Anda juga bisa membaca hasil pengisian formulir dengan analitik visual yang tersedia.

7. Moosend

pembuat formulir online moosend

Dengan menggunakan layanan Moosend, anda bisa membuat formulir online yang tanpa batas dan tidak perlu memiliki keahlian teknis. Moosend sangat cocok digunakan untuk membuat landing page untuk menawarkan dan mengajak orang untuk action. Ada beberapa jenis formulir yang bisa anda coba seperti floating bar, popup, inline form, floating box, hingga full page form.

8. EmailMeForm

pembuat formulir online emailmeform

Buat yang tidak ingin ribet membuat formulir menggunakan kode-kode seperti html, situ ini cocok untuk anda. EmailMeForm dapa digunakan untuk mengumpulkan data dengan membuat formulir yang dapat digunakan di perangkat apapun. Bisa diintegrasikan dengan metode pembayaran dan menyediakan solusi desain yang menarik.

9. Microsoft forms

pembuat formulir online microsoft forms

Microsoft form adalah layanan dari perusahaan Microsoft yang memiliki fungsi untuk membuat survei, kuis, pertanyaan. Layanan online ini bisa anda pakai secara gratis melalui browser apapun.
Banyak sekali tema yang disediakan dan tentunya bisa dipakai untuk menambah daya tarik. Anda juga dapat membaca hasil form yang anda sebarkan dalam bentuk grafik visualisasi data.

10. Paperform

pembuat formulir online paperform

Paperform memiliki template formulir yang menarik dan berbeda denga yang lain. Template seperti undangan pernikahan, feedback orang, dan masih banyak lagi bisa anda buat. Lebih dari 20 pertanyaan bisa anda buat menggunakan paperform.

Kelebian dari layanan ini adalah anda bisa menentukan apa yang akan terjadi setelah orang mengirimkan formulir. Misalnya setelah mengerim akan emndapatkan pemberitahuan emai, menampilkan kata ucapan terima kasih, dan bahan bisa mengarahkan ke situs lain.

11. Formassembly

pembuat formulir online formassembly

Aplikasi web ini menyedeiakan layanan untuk membuat formulir online untuk bisnis anda. Terintegrasi dengan Stripe dan Paypal yang memudahkan untuk aksi pembayaran. Dan kerennya yaitu memiliki fitur saves and resume, conditional logic, dan masih banyak lagi.

12. Cognito forms

pembuat formulir online cognito

Pada saat menggunakan formulir Cognito, anda bisa membuat formulir pemasara, formulir nirlaba, formulir pendidikan, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengubah warna backgrond, lebar formulir, font, dan menambahkan gambar. Dan enaknya lagi formulir yang dibuat bisa dijadikan Word, Excel, dan PDF.

Formulir Cognito ini cocok untuk pengembang membuat formulir tingkat lanjut. Karena fitur-fitur canggih yang dimiliki seperti,enkripsi data, CSS,webhook, dan bisa melakukan perhitungan.

13. Zoho forms

pembuat formulir online zoho forms

Zoho form adalah layanan dari Zoho yang merupakan perusahaan teknologi yang membuat alat bisnis berbasi web. Dengan menggunakan layanan ini anda dapat membuat dan membagikan formulir online dan mengkonfigurasinya dengan email yang dapat diterapkan dengan mudah.

Adapun fitur yang dapat anda nikmati yaitu banyak template yang tersedia, dapat mengirimnya ke email dan memberikan ucapan terima kasih kepada responden. Uniknya, formulir yang diberikan bisa diisi secara offline. Untuk keamanannya, anda bisa mengatur izin akses yang disediakan.

14. Typeform

pembuat formulir online typeform

Typeform ini juga sebuah layanan untuk embuat formulir online yang cukup terkenal dengan karkternya yang unik. Berbagai tipe formulir bisa anda buat seperti kuis, survei, pendapat, dan formulir yang lainnya. Anda bisa merubah background dengan latar belakang yang menarik dan gambar yang anda inginkan.

Dengan menggunakan layanan Typeform ini, anda bisa membuat pertanyaan yang bercabang dan sebuah pertanyaan yang bersyarat. Typerform juga sudah terintegrasi dengan platform lain. Kita bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan untuk membuat sebuah form yang keren dan juga menarik.

15. Optimonk

pembuat formulir online optimonk

Optimonk adalah layanan pembuat formulir yang cocok terutama untuk sistus e-commerce. Ada empat jenis formulir yang bisa dibuat dengan situs ini. Keempat jenis formulir tersebut yaitu nano bar, pesan samping, layar penuh, dan popup. 

Masih banyak fitur yang terdapak di Optimok untuk membuat sebuah formulir yang menarik dan memikat orang yang melihatnya. Optimonk juga memiliki alat untuk melihat penawaran dalam sebulan dan melacak perilaku pengguna.

16. 123formbuilder

pembuat formulir online 123formbuilder

Ada 200 template lebih yang bisa anda pilih untuk membuat formulir menggunakan 123FormBuilder. Disitu juga disediakan fitur untuk tanda tangan elektronik dan terintegrasi dengan platform seperti Wix dan Wordpress. Sehingga anda bisa dengan mudah membuat form di web.

Anda bisa mencoba salah satu atau semua layanan dari rekomendasi 16 situs pembuat formulir online. carilah yang mudah dan bisa menghasilkan formulir yang keren.

Sebenarnya masih banyak lagi penyedia layanan pembuat formulir online. Tapi setidaknya itu ada 16 list yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.