Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kesuksesan Hidup yang Wajib Diketahui

Kesuksesan Hidup

Ketika membahas tentang kesuksesan, seringkali orang mengaitkannya dengan sebuah kekayaan. Orang yang sukses merupakan orang yang memiliki banyak uang atau materi. Itulah mindset yang dimiliki sebagian besar orang. 

Padahal sebenarnya kesuksesan bukan hanya sekeran urusan finansial atau uang. Ada unsur lain yang juga sama pentingnya dengan aspek finansial. Memang aspek finansial ini sangat menonjol bila bicara mengenai kesuksesan.

Namun banyak orang yang berfokus untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya hingga melupakan aspek kesuksesan yang lain. Sehingga bisa kita sering temui ada orang yang kaya tapi keluarganya berantakan, atau kaya raya tapi kesehatannya tertanggu. Tentunya hal demikian tidak diinginkan oleh semua orang. Sebagai orang yang memiliki logika, tentunya ingin sukses baik secara finansial, kesehatan, dan keluarga harmonis. Sehingga kita bisa menikmati kesuksesan dengan bahagia.

6 Kesuksesan Hidup yang Dibutuhkan

Kesuksesan bukan hanya sekedar urusan finansial, melainkan ada suatu hal yang bersifat multidemensional. Setidaknya ada 6 dimensi kesuksesan yang harus kita perhatikan supaya tidak terjebak karena terlalu berfokus pada dimensi finansial.

Kesuksesan Spiritual

Kalau membahas tentang spiritual pasti yang terlintas di pikiran kita yaitu yang berkaitan tentang agama dan Tuhan. Memang kesuksesan spiritual sangat erat kaitannya atara kita dengan Tuhan.

Untuk mengukur sebuah kesuksesan spiritual adalah dengan menggunakan indikator sederhana yaitu ikhlas, sabar, syukur, dan tawakal. Ketuka 4 faktor tersebut sudah anda lakukan, maka anda bisa dikakan telah sukses dalam spiritual.

karena kesuksesan spiritual terkait dengan hubungan  baik antara anda dengan Tuhan. indikator sederhana   terkait kesuksesan spiritual adalah ikhlas, sabar,  syukur, dan tawakal. Ketika anda mampu tumbuh   menjadi individu yang ikhlas terhadap takdir Allah dan anda mampu menjalani hidup dengan sabar, syukur, dan tawakal, maka kesuksesan spiritual berhasil anda dapatkan. Hidup akan penuh ketenangan dan kedamaian bila berhasil mencapainya.

Kesuksesan Emosional

Kesuksesan pada dimensi emosional dapat diukur dari kemampuan anda melakukan pengendalian emosi. Orang yang sukses secara emosial, mampu bertindak dengan tenang dan dapat menghargai orang lain. Selalu berpikir positif terhadap suatu hal. Hasil yang keluar dari orang yang sukses secara emosial berupa rasa cinta dan kasih sayang terhadap semua orang. Sehingga dapat menjalani hidup dengan penuh rasa bahagia.

Kesuksesan Kesehatan

Kesehatan merupakan pemberian dari Tuhan yang sangat berharga. Tugas kita setelah diberi kesehatan adalah dengan menjaganya.

Kesehatan sangat penting sekali bagi kehidupan. Percuma sukses tapi tidak sehat. Kita tidak akan merasakan kenikmatan kesuksesan yang didapatkan kalau tidak sehat. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita. Ada tiga hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan:
  1. Mengkonsumsi makan yang bergizi.
  2. Melakukan istirahat yang cukup.
  3. Olahraga teratur setiap hari.
Kesuksesan kesehatan akan membantu mencapai kesuksesan-kesuksesan yang lainnya. Kondisi tubuh yang sehat akan memudahkan anda melakukan berbagai hal.

Kesuksesan Intelektual

Kesuksesan intelektual tidak bisa diukur hanya dengan tingkat pendidikan formal yang dimiliki. Kesuksesan intelektual adalah ketika anda mau untuk terus belajar setiap waktu dan dapat mengolah informasi menjadi bermanfaat untuk diri anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencapai kesuksesan intelektual. Misalnya anda mulai kebiasaan untuk membaca buku untuk menambah wawasan dan keterampilan anda.

Banyak sekali sumber pembelajaran yang berada di sekitar anda yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi suatu yang berharga. Belajarlah untuk menyerap informasi dan memfilternya. Sehingga anda bisa menghasilkan output yang bermanfaat untuk anda dan untuk orang lain. Dengan begitu anda bisa menjadi manusia yang lebih bijaksana dalam menyikapi segala hal.

Kesuksesan Sosial

Kesuksesan sosial reat kaitannya hubungan anda dengan orang lain. Bagaiamana anda menjadi relasi dengan orang lain mulai dari lingkungan keluarga, teman masyarakat dan elemen yang lainnya. Kesuksesan sosial bukan berarti anda memiliki banyak teman atau seberapa terkenalnya anda, tapi lebih kearah kualitas hubungan anda dengan banyak orang. Sehingga relasi anda penuh makna dan manfaat. Sebagai makhluk sosial, kita pasti butuh orang lain dalam beberapa hal. Karena harus disadari bahwa kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Untuk itu perbaiki relasasi anda dengan orang lain supaya anda bisa menjadi orang yang sukses.

Kesuksesan Finansial

Kesuksesan finansial aku taruh yang paling akhir. Karena ketika kesuksesan-kesuksesan sebelumnya sudah terpenuhi, maka ada kecenderungan anda akan sukses secara finansial. Kesuksesan finansial ini merupakan kesuksesan yang paling mudah untuk dilihat. Sehingga orang lebih mudah menilai orang sukses hanya dari kekayaan materi yang dimiliki.

Tidak ada patokan khusus mengenai berapa banyak harta yang dimiliki untuk bisa dibilang sukses. Masing-masing orang punya standar sendiri. Sehingga sebenarnya sulit untuk menilai orang ini sukses atau belum.


Itulah keenam kesuksesan yang perlu anda raih dalam hidup anda. Gapailah pencapaian-pencapaian hidup anda. Tolak ukur kesuksesan hanya bisa anda tentukan sendiri. Jangan terlalu fokus pada aspek finansial saja. Tapi penuhi juga kesuksesan-kesuksan yang lain supaya anda bisa menikmatinya dan hidup bahagia.