Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alat dan Bahan untuk Service HP Wajib Dimiliki Teknisi

Alat dan Bahan untuk Service HP

Servis hp merupakan jasa yang saat ini banyak dijumpai entah di kota maupun di desa. Seiring dengan berkembang pesatnya industri handphone, membuat konter-konter menyediakan jasa servis hp.

Servis hp ini bisa menjadi jasa yang menjanjikan. Karena semua orang pasti memiliki hp. Tidak ada yang tidak punya. Hp menjadi alat yang wajib dimiliki untuk keperluan sehari-hari.

Namanya alat elektronik, pasti ada masa waktu terjadi penurunan kinerja atau kerusakan komponen. Maka dari itu jasa servis hp akan dicari untuk memperbaik hp-hp yang rusak. 

Kalau misalnya kamu ingin membuka jasa servis hp, sebaiknya pelajari dulu pengetahuan mengenai komponen dan kinerjanya. Kerusakan hp biasanya ya cuma itu-itu saja. Karena komponennya juga tidak terlalu rumit dan lebih mudah untuk dipelajari.

Kemudian wajib bagi yang ingin terjun ke servis hp mengenal alat dan bahan yang biasa digunakan untuk melakukan servis. Ada banyak alat dan bahannya yang mungkin jarang terdengar. Lalu apa saja alat dan bahan untuk servis hp? berikut detail lengkapnya.

Alat dan Bahan Servis HP

Dibawah ini sudah dibagi 2 yaitu ada alat dan bahan yang masing-masing bisa anda siapkan apabila ingin membukan sebuah tempat service handphone.

Peralatan Servis HP

1. Obeng

Obeng digunakan untuk mencopot atau memasang baut yang ada pada hp. Biasanya digunakan untuk membongkar hp. Diperlukan obeng khusus untuk ukuran baut di hp. Karena baut-baut di hp ukurannya kecil. Sehingga dibutuhkan obeng khusus yang ukurannya sesuai dengan baut hp.

2. Pinset

Untuk mengungkit, menjepit, mencabut dan memasang komponen yang ukurannya kecil (micro) dibutuhkan sebuah pinset. Biasanya pinset yang digunakan itu memiliki ujung runcing untuk mempermudah menjepit komponen yang kecil-kecil pada hp. 

3. Plat BGA (Ball Grid Array)

Plat BGA ini merupakan alat yang digunakan untuk mencetak kaki chipset atau IC. bentuknya tipis dan terdapat berbagai jenis kaki IC yang bisa dicetak.

4. Lampu Duduk dan Lup

Untuk memberikan penerangan yang maksimal saat melakukan servis, biasanya menggunakan lampu duduk. Lampu duduk ini juga disertai lup atau kaca pembesar. Fungsi lup ini digunakan untuk memudahkan pemasangan komponen yang berukuran kecil. Lapu dan lup untuk servis hp ini biasanya menjadi satu paket.

5. Multimeter

Seperti yang diketahui bahwa multimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur arus, tegangan dan hambatan. Dalam dunis servis hp, multimeter juga seringa digunakan untuk mengkur tegangan baterai, mencari sambungan yang short dan lain-lain. Ada dua jenis multimeter yang sering digunakan yaitu multemeter analog dan digital. Perbedaannya yaitu kalau multimeter digital itu langsung muncul nilai pengukurannya. Sedangkan multimeter analog kita sendiri yang membaca dari jarum yang ditunjuukkan oleh hasil pengukuran.

6. Solder Elemen (filamen)

Solder elemen ini merupakan solder yang biasa digunakan untuk memasang komponen-komponen yang elektronika. Dibutuhkan sebuah timah untuk membantu proses menyolder kaki-kaki komponen supaya terpasang.

7. Solder Uap (Heat Blower)

Solder uap ini merupakan alat yang mengeluarkan panas dan dicampur angin. Sehingga menghasilkan uap panas. Alat ini digunakan untuk memasang atau mencopot komponen seperti IC. Penggunaan solder uap ini tidak perlu menempel pada komponennya, melaikan diberi jarak untuk mengeluarkan uap panasnya. Tingkat panas dan anginnya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

8. Ragum PCB

Ragum PCB merupakan alat penjepit PCB atau mesin ponsel. Karena fungsinya untuk menjepit, alat ini juga memiliki berat yang tujuannya supaya PCB tidak geser saat dilakukan perbaikan.

9. Power Supply

Power supply berfungsi untuk memberikan tegangan. Untuk jenis arusnya yaitu arus searah atau DC, untuk membantu mengecek kerusakan. Tegangan di power supply bisa diatur sesuai kebutuhan.

Bahan Servis HP

1. Timah

Bahan untuk merekatkan kaki komponen pada PCB. Tanpa timah, komponen-komponen elektronika tidak bisa dipasang. Ada 2 jenis tima, yaitu timah padat dan timah cair. Timah yang padat digunakan untuk memasang komponen hp. Sedangkan timar cair biasa digunakan untuk mencetak kaki IC.

2. Songka (Arpus)

Merupakan sebuah cairan yang digunakan untuk membantuh melunakkan timah dan melindungin komponen dari panas yang berlebih saat dilakukan proses blower.

3. Pasta Solder (Lostfet)

Digunakan untuk membersihkan ujung metal solder dan melunakkan timah. Juga digunakan untuk memasang komponen agar tidak bergerak sebelum disolder.

4. Cairan Pembersih IPA (Iso Propanol Alkohol)

Cairan ini digunakan untuk membersihkan karat dan bekas songka yang tertinggal di permukaan PCB.


Demikian itu tadi alat dan bahan untuk servis hp. Mungkin masih ada beberapa yang belum aku ketahui sehingga tidak ada dalam list tersebut. Setidaknya itu merupakan alat dan bahan yang sering digunakan. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.