Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Animasi Whiteboard (Tulisan Tangan) di Android

Membuat video merupakan suatu kegiatan yang banyak dilakukan orang terutama bagi mereka yang bermain sosial media. Platform seperti Instagram dan TikTok membuat orang tertarik untuk membuat konten berupa video. Memang banyak orang yang ingin membuat video, tapi tidak semua bisa untuk menghasilkan sebuah video yang bisa dinikmati.

Saat ini sudah sangat banyak sekali jenis video yang bisa kita lihat di berbagai macam platform. Teruma kalau membuka Youtube, sekarang sudah banyak sekali variasi videonya yang menarik untuk ditonton. Walaupun terkadang juga ada video yang aneh dan tidak menarik. Setidaknya kita bisa bebas untuk mencari video yang kita inginkan.

Banyak berbagai macam konten seperti sketsa, podcast, video lucu, edukasi, hingga video animasi. Pada kesempatan ini saya akan membahas jenis video animasi whiteboard.

Sebelumnya apakah kalian pernah melihat video animasi whiteboard?

Ada banyak contoh videonya seperti di channel Si Kutu Buku, Paddy Galloway, Practical Psychology, dan lain-lain. Video anima tersebut menampilkan seperti tulisan dan gambarang tangan untuk membantu menejelaskan informasi yang sedang disampaikan. Video animasi whiteboard ini biasanya digunakan untuk menyampaikan konten edukasi dan cerita. Kita tidak perlu menampilkan wajah kita dalam videonya.

Membuat Animasi Whiteboard di Android

Membuat animasi whiteboard biasanya dibuat dengan software untuk pc atau laptop. Namun sekarang sudah ada solusi lain apabila tidak punya sebuah pc tapi ini membuat video semacam itu. Salah satu caranya yaitu menggunakan aplikasi Benime.

Benime merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video animasi whiteboard di hp Android. Sehingga yang tidak memiliki pc masih bisa menikmati membuat video di hp. Dan pastinya ketika bisa digunakan di hp, membuat lebih fleksibel dan bisa digunakan dimanapun. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana tapi memiliki banyak fitur.

Sebagai salah satu aplikasi pembuat video animasi whiteboard di handphone, anda bisa dengan mudah menggunakannya. Aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk menyempaikan informasi maupun cerita.

Pada kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi bagaiamana membuat video animasi tulisan tangan di Benime. Kemudian saya juga akan mengulas menu-menu yang ada di aplikasi tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat video animasi whiteboard.

Tutorial Whiteboard Animation

1. Silahkan download dan instal Benime. Anda bisa mendownload aplikasinya di play store.

2. Buka aplikasinya dan pilih tanda "+" yang ada dibawah untuk membuat proyek baru.
cara membuat animasi whiteboard di Android

3. Beri nama judul proyek yang akan anda buat. Dibawahnya anda juga bisa mengatur ukuran kanvas yang akan digunakan, bisa menggunakan ukuran 720p, 1080p atau bahkan bisa menggunakan ukuran resolusi Instagram dan TikTok. Apabila sudah siap silahkan pilih menu "BUAT FILM".
cara membuat animasi whiteboard di Android

4. Kemudian akan muncul halaman kosong berwarna putih dan berbagai tools yang bisa digunakan untuk mulai membuat animasi whiteboard.
whiteboard animation Benime

5. Anda bisa membuat animasi tulisan, teks, merubah background, dan menambahkan stiker yang menarik. Banyak stiker yang disediakan secara gratis atau cukup membukanya dengan melihat iklan yang disarankan. Juga bisa menambahkan gambar sendiri dari handphone.

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan sendikit penjelasan mengenai menu-menu yang ada di aplikasi Benime ini.
whiteboard animation Benime

Keterangan:

  1. Merupakan menu untuk menyimpan proyek yang sedang dikerjakan. Sehingga nanti apabila proyek bisa dibuka kembali tanpa harus memulai dari awal.
  2. Menu play. Untuk melihat hasil proyek yang dibuat apakah sudah sesuai atau belum.
  3. Menu untuk export proyek menjadi sebuah video kesatuan. Menu tersebut biasa digunakan pada tahap akhir setelah seleai membuat video.
  4. Stiker merupakan tempat untuk menambahkan gambar ke dalam kanvas. Disitu ada banyak opsi apakah menggunakan gambar sendiri atau gambar yang disediakan oleh Benime. Kalau menggunakan gambar sendiri tinggal pilih menu "tambahkan gambar". Sedangkan kalau ingin menggunakan gambar yang disediakan bisa menggeser ke kanan. Banyak tema gambar yang bisa dipilih seperti people, school, buildings, electronics, dan kitchen.
  5. Menut Text digunakan bagi anda yang ingin membuat animasi menulis sebuah kata. Tinggal masukkan kata, lalu insert. Maka kamu bisa mengatur tampilan dan jenis font kata tersebut.
  6. Menu Background. Menu ini digunakan untuk mengubah background sesuai keinginan. Background default yang diberikan yaitu berarna putih poloh. Namun anda bisa mengubahnya menggunakan warna lain atau menggunakan gambar dari perangkat seluler anda.
  7. Tangan. Digunakan untuk memilih jenis tangan yang dimasukkan dalam video. Ada beberapa jenis tangan dan juga bisa tidak menggunakannya.
  8. Musik. Anda bisa dubbing langsung di aplikasi ini. Selain itu juga bisa memasukkan musik untuk menambah keren video.
  9. Layer. Ini adalah menu tempat untuk membuat animasina. Biasanya untuk membuat sebuah cerita dibutuhkan layer yang banyak. Masing-masing layer bisa ditambahkan musik, background yang berbeda-beda.
  10. Menu tambah layar. Digunakan apabila anda membutuhkan layer tambahan yang banyak.
6. Apabila video animasi whiteboard sudah dibuat, langkah terakhir yaitu menyimpan proyek atau langsung export menjadi sebuah video yang siap untuk di upload. Anda bisa melihat hasil akhirnya dengan menekan tombol play.

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk menyempaikan informasi maupun cerita. Karena efek animasi yang bisa membuat sebuah cerita menjadi lebih menarik untuk ditonton. Tapi tetap konten yang harus diutamakan. Buat konten yang ingin disampaikan dan tambahkan dengan animasi yang ada di Benime.

Lakukan langkah demi langkah mengedit animasi pada tiap layernya. Banyak fitur seperti menambahkan musik, dubbing, backdround, text dan berbagai macam sketsa. Anda bisa melihat hasil secara keseluruhan melalui menu play yang ada di bagian atas. Terakhir tinggal export videonya sesuai dengan kualitas yang anda tentukan di awal pembuatan proyek.

Demikin langkah-langkah cara membuat animasi whiteboard di handphone Android menggunakan Benime. Aplikasi Benime sangat membantu kreator-kreator animasi yang hanya bermodalkan sebuah handphone. Di era yang serba canggih seperti apapun bisa dilakukan. Bahkan yang sepertinya tidak mungkin bisa terwujud saat ini.

Baca juga: