Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai Background Pendidikan yang Harus Kamu Tahu

Bekerja Tidak Sesuai Background Pendidikan

Menjadi dewasa itu sulit, karena kamu harus menentukan masa depanmu. Apalagi ketika kamu sudah sudah selesai menjalani jenjang pendidikan. Sudah saatnya kamu keluar dari kenyamanan orang tua. Waktunya kamu menjadi mandiri khususnya dalam hal finansial.

Seringkali kita mendengar ada orang lulus kuliah tapi bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang diambil. Misalnya kuliah di jurusan teknik elektro tapi bekerja di bank, kuliah urusan teknik sipil tapi bekerja sebagai marketing dan masih banyak yang lainnya.

Pandangan negatif dan ketidakpercayaan orang terhadap orang yang tidak bekerja sesuai ilmu pendidikannya akan menghiasi hidupmu. Seolah-olah bekerja sesuai dengan background pendidikan merupakan keharusan dan yang tidak sesuai dianggap keanehan. Tentunya kita tidak dapat menyalahkan pendapat orang terhadap hal demikian. Karena mungkin mereka tidak tahu realita yang terjadi sebenarnya.

Tentunya mereka punya alasan tersendiri kenapa memilih bekerja tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari ketika kuliah. Tapi untuk pandangan saja secara umum kita bisa melihat betapa banyaknya mahasiswa yang lulus setiap tahunnya di seluruh Indonesia. Sedangkan pekerjaan yang sesuai jurusan itu terbatas. Harus bertarung dengan para pelamar kerja yang lainnya untuk memperebutkan kuota yang ada. Sehingga mau tidak mau pasti ada yang rela bekerja tidak sesuai jurusan. Daripada tidak mendapat apa-apa atau hanya berdiam diri saja.

Namun ada juga orang yang memilih bekerja tidak sesuai disiplin ilmu yang dipelajari. Biasanya mereka yang merasa salah jurusan ketika kuliah. Merasa lebih nyaman dengan pekerjaan yang lainnya.

Tidak ada masalah mengenai bekerja sesuai jurusan atau tidak sesuai jurusan. Yang terpenting tidak menjadi beban keluarga atau orang lain. Selain itu, bekerja tidak sesuai background pendidikan juga memiliki manfaat tersendiri. Dalam buku yang berjudul Resign Malu, Tak Resign Pilu menyebutkan ada 3 keuntungan bekerja tidak sesuai jurusan kuliah. Dan berikut ini 3 keuntungan tersebut.

3 Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai Background Pendidikan

Mungkin 3 keuntungan ini bisa mewakili kamu yang saat ini sedang bekerja tidak sesuai background pendidikan.

1. Menambah Ilmu Baru

Ini adalah kesempatan bagi anda untuk menambah ilmu-ilmu baru yang belum pernah anda pelajari. Belajar sekaligus dibayar merupakan suatu hal yang menyenangkan. Ketika bekerja, kita akan dituntut untuk menjadi seorang pembelajar. Kamu akan mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa kamu ambil. Semakin banyak ilmu yang kamu dapatkan, semakin banyak pula wawasan. Jadi kamu tidak akan sia-sia, akan selalu ada ilmu yang bisa kamu dapatkan dimanapun tempatnya. 

2. Belajar Beradaptasi dengan Cepat

Selain ilmu, relasi baru juga akan anda dapatkan. Kamu akan bertemu dengan banyak orang di tempat kerja. Bekerja dengan orang lain sebagai kelompok membuat anda mengenal banyak orang. Dan disitu juga anda dituntut untuk harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada. Belajar cepat beradaptasi dengan orang-orang yang baru anda kenal.

Kemampuan beradaptasi di berbagai situasi akan sangat berguna sebagai bekal kelangsungan hidup. Sebagai seorang manusia yang penuh perjuangan, kamu harus mampu cepat beradaptasi supaya tidak tergerus keadaan dan persaingan.

3. Siap dengan Persaingan

Mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan ilmu yang kita pelajari akan mengasah mental kita. Mental untuk mampu menghadapi sebuah persaingan yang ada. Kita dipaksa untuk mampu bertahan dengan persaingan untuk mendapatkan posisi pekerjaan. 

Dunia kerja merupakan dunia yang kompetitif. Kamu dituntut untuk menjadi seorang petarung yang memiliki ambisi untuk mencapai target yang ditentukan. Persaingan tidak akan pernah bisa kamu hindari. Kamu akan selalu dihadapkan oleh persaingan-persaingan yang menantimu.


Demikian tadi keuntungan bekerja tidak sesuai dengan background. Jangan terus mengeluh-mengeluh. Ambilah ilmu dan manfaat dari apa yang kamu pilih. Karena semua itu pasti ada manfaatnya. Hanya saja kita belum mengetahuinya. Belajarlah untuk bisa menghadapi berbagai situasi baik yang anda suka ataupun yang tidak anda sukai. Terima kasih sudah membaca hingga akhir. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya.