Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Followers Instagram dengan Mudah 2022

Cara Menaikkan Followers Instagram

Media sosial menjadi sebuah sesuatu yang bisa dibilang semua orang memilikinya. Terutama para milenial yang sudah pasti memiliki akun sosial media. Media sosial digunakan orang untuk berkomunikasi dengan orang lain baik yang sudah dikenal maupun yang belum dikenalnya. Media sosial juga digunakan sebagai alat untuk menunjukkan eksistensinya di dunia maya. 

Salah satu sosial media yang sangat populer yaitu Instagram. Instragram merupakan media untuk berbagi foto dan video cukup populer. Fitur follow menjadi suatu hal yang menjadi daya tarik. Apabila mampu mendapatkan follower yang banyak menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Untuk saat ini jumlah follower masih menjadi tolak ukur ketenaran seseorang di Instagram.

Followers yang banyak memiliki banyak keuntungan. Bisa menjadi hal yang positif maupun menjadi hal yang negatif. Tapi kali ini saya tidak akan membahas hal negatifnya. Salah satu keuntungan apabila memiliki banyak followers adalah bisa dimanfaatkan untuk meraih penghasilan dari Instagram. Tak sedikit orang yang rela membuat konten-konten menarik di Instagram demi mendapatkan followers yang banyak. Entah itu akun individu maupun akun-akun yang memang dibuat untuk bisnis.

Lalu bagaimana cara supaya bisa mendapatkan banyak followers di Instagram? Tentunya ada berbagai cara untuk mendapatkan followers. Namun cara tersebut garis besarnya dibagi menjadi dua. Dan dua cara untuk menambah followers yaitu dengan cara berbayar dan gratis. Cara yang berbayar yaitu dengan cara membeli sebuah followers. Namun, biasanya followers yang didapat itu berupa bot, bukan orang asli. Kemudian ada cara lagi yaitu menggunakan layanan web atau aplikasi penambah followers. Untuk cara ini ada yang berhasil dan ada pula yang tidak. Kalaupun berhasil, followers yang didapat juga sama yaitu bot. Ada banyak website penyedia layanan penambah followers yang bisa anda cari sendiri di Google. 

Kemudian ada cara yang alami. Cara yang alami ini lebih aman karena tidak melanggar aturan Instagram. Kita mengikuti aturan bermain dari pihak Instagramnya. Cara yang alami yaitu dengan cara menarik orang ke profil Instagram kita. Tujuan supaya orang melihat dan follow kita. Cara ini menurutku metode yang terbaik untuk mendapatkan followers. Karena biasanya yang memfollow merupakan akun-akun asli dan bukan bot. Untuk lebih jelasnya tetap lanjutkan membacanya.

Cara Menambah Followers Instagram Alami

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit trik untuk menambah followers. Cara alami yang tidak menggunakan aplikasi tambahan penghasil followers.

1. Akun Jangan di Privat

Pastikan terlebih dahulu bahwa akun Instagram kamu bisa dilihat publik dan tidak dalam keadaan di privat. Tujuannya supaya orang lain yang mengunjungi akun kamu bisa melihat hasil konten yang telah kamu buat meskipun mereka bukan followers.

Karena biasanya ada tipe orang yang butuh beberapa kali mengunjungi profil sebuah akun Instagram sebelum mereka memfollow akun tersebut. Kalau misalnya akun di privat, hal tersebut membuat orang berpikir dua kali atau bahkan langsung pergi begitu saja. Ketika akun diprivat, orang tidak bisa melihat postingan kita apakah layak untuk diikuti atau tidak. Apalagi kalau posisimu bukan orang terkenal atau public figure. Jadi, kalau ingin mendapat banyak followers buka terlebih dahulu akun anda ke publik.

2. Membuat Feed yang Menarik

Feed merupakan sebuah portofolio untuk meyakinkan orang supaya memfollow akun kamu. Juga bisa menjadi pintu masuk orang untuk menuju ke akun kamu. Feed inilah yang nanti menentukan orang apakah memfollow atau tidak.

Buatlah feed postingan yang menarik. Feed yang menarik itu biasanya yang membuat orang lain kagum dan penasaran. Feed yang bertema, mampu menarik lebih banyak perhatian. Untuk itu diperlukan sebuah konsep tema postingan supaya mampu menyita perhatian.

Tentukan terlebih dahulu apakah nantinya anda ingin dikelan sebagai apa. Apakah ingin dikenal seorang ahli di bidang tertentu atau menjadi karakter tertentu. Karena biasanya ada 2 tipe postingan, pertama tipe edukasi dan kedua yaitu hiburan. Masing-masing memiliki target tersendiri. Dan itu nanti yang akan menentukan orang seperti yang akan follow anda. Jadi tentukan terlebih dahulu niche akun anda, supaya nanti tidak salah target.

3. Posting Konten di Waktu Prime Time

Upload konten Instagram juga ada waktu-waktu tertentu yang menjadi favorit dan bisa membantu untuk menghasilkan views dan like. Istilah waktu yang menjadi favorit tersebut yaitu prime time. Prime time merupakan waktu dimana banyak orang yang membuka Instagram. Ada kemungkinan ketika kamu memposting konten di waktu prime time akan mendapatkan view yang lebih banyak.

Menurut survey, waktu prime time di Istagram itu ada 2 yaitu siang dan malam. Waktu siang diantara pukul 11 hingga 1 siang. Sedangkan malam itu diantara pukul 7 hingga 9 malam.

Walaupun terkadang hal tersebut juga tidak bisa dipastikan 100% benar. Alasan logis pemilihan waktu tersebut yaitu karena di waktu tersebut orang-orang biasanya istirahat dari pekerjaannya dan dengan bersantai. Sehingga biasanya mereka menghabiskan waktu istirahat untuk bermain media sosial. 


4. Mention atau Tag Akun-akun Besar

Kenapa harus tag akun-akun yang lebih besar? harapannya supaya direpost di akun tersebut. Sehingga postingan kita bisa tampil di akun-akun yang merepost postingan kita baik digunakan feed maupun insta story. Dan dengan begitu ada kesempatan karya dan akun kita lebih banyak dikenal orang. Tujuan akhirnya adalah kamu mendapatkan followers yang berasal dari akun-akun yang kamu tag.

Sebaiknya mention akun-akun yang bukan personal. Jangan tag akun-akun artis karena akan sia-sia. Pilihlah akun-akun yang memiliki niche yang sesuai dengan konten kamu. Dengan begitu targetnya bisa lebih jelas. Dan presentase untuk menjadi followers kamu bisa lebih besar.

5. Sering Komen di Akun yang Memiliki Followers Banyak

Komen di akun yang memiliki followers banyak itu tujuannya untuk menunjukkan eksistensi kamu. Pada postingan di akun tersebut pastinya tidak sedikit orang yang membaca komentar. Sehingga diharapkan, orang yang membaca komentar tertarik untuk mengunjungi akun kamu.

Jangan melakukan spam komentar yang membuat pemilik akun risih dan justru malah memblock kamu. Komentarlah yang sesuai dengan yang diposting. Dan pastikan juga komentar yang menarik untuk dibaca semua orang. 

6. Gunakan Hastag dalam Setiap Post

Jangan pernah lupa saat memposting konten wajib memberi hastag. Hastag atau tagar ini merupakan fitur yang disediakan oleh Instagram untuk mempermudah mengelompokkan jenis konten. Sehingga ketika di pencarian bisa dengan mudah mencari jenis-jenis konten yaitu dengan hastag.

Kalau kamu tidak menggunakan hastag, akan sangat sulit orang lain yang tidak memfollow kamu menemukan postingan kamu. Jadi, hastag ini menurutku wajib buat ada di setiap postingan. Daripada kamu lelah-lelah membuat konten tapi tidak ada yang melihat karena tidak ada hastag yang tersemat. Hastag ini ibaratnya seperti pintu masuk ke akun kamu.


Demikian 6 cara mudah menambah followers yang bisa kamu coba. Memang kalau merintis dari awal akan terasa berat. Namun apabila sudah terbiasa dengan pola dan strategi yang dilakukan secara konsisten, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan banyak followers. Kuncinya yaitu konsisten. Jangan hanya awal-awal saja semangat membuat kontenya. Kemudian setelah beberapa bulan karena followers tidak kunjung bertambah lalu menyerah. Terus lakukan evaluasi dan pembaharuan konten.