Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Jika Ingin Sukses

kebiasaan buruk

Menjadi sukses adalah cita-cita semua orang. Entah apapun profesinya, setiap orang pasti ingin sukses di bidang masing-masing.

Begitupun seorang pengusaha, pasti tujuan akhirnya sebuah kesuksesan. Menjadi seorang pengusaha butuh kegigihan untuk terus mengembangkan bisnisnya. Dituntut untuk terus bergerak.

Setelah saya mempelajari bagaimana kebiasaan para pengusaha yang sukses dengan bisnisnya, munculah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan setiap hari.

Namun ini bukan kebiasaan baik, melainkan kebiasaan buruk yang sebaiknya anda hindari jika anda ingin sukses. Kebiasaan buruk yang bisa jadi akan menghancurkan usaha yang kamu bangun. Untuk menjadi sukses memang harus merelakan sesuatu, termasuk kebiasaan buruk yang enak dilakukan.

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan

Berikut ini kebiasaan buruk yang harus dihentikan sekarang juga untuk menjadi sukses. Supaya tidak menyesal dikemudian hari.

1. Tidur dan Bangun Terlambat

Tidur menjadi suatu hal sudah pasti dilakukan orang setiap hari. Oleh sebab itu, ada waktu-waktu yang otomatis membuat orang merasa mengantuk tanpa direncanakan. Kita biasanya tidur malam hari atau bahkan ada juga yang siang harinya juga tidur.

Tidur memiliki dampak yang signifikan terhadap diri kita. Kinerja dan kesehatan akan terganggu bila kebutuhan tidur tidak terpenuhi. Manusia membutuhkan jumlah tidur yang optimal agar fit dan tampil maksimal setiap hari.

Apabila anda pada saat bangun merasa lelah, bisa jadi ini disebabkan oleh jumlah tidak yang kurang tepat. Ada penelitian menarik mengenai dampak tidur ini. Penelitian tersebut menunjukkan beberapa orang yang kurang tidur akan membuat kemampuan seseorang berfungsi lebih buruk daripada orang mabuk.

Kemudian selain tidur terlambat, bangun terlambat juga berpengaruh terhadap kinerja seseorang. Bangun telat membuat anda menjadi malas-malasan. Mayoritas mereka yang produktif akan bangun pagi.

Untuk itu paksalah diri anda untuk sebisa mungkin bangun pagi dan jangan kesiangan. Ada teknologi yang namanya alarm yang bisa anda gunakan untuk membantu membangunkan anda. Lakukan itu setiap hari hingga anda terbiasa bangun pagi tanpa alarm.

2. Membahayakan Tubuh

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membahayakan diri anda baik jangka pendek maupun jangka panjang kedepannya. Kebiasaan tersebut yaitu seperti merokok, minuman keras, dan makanan praktis atau junk food.

Rasanya ini tidak perlu dijelaskan lagi kenapa dilarang. Karena sudah banyak sosialisasi dan kampanye untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Resiko organ dalam akan terganggu dengan merokok, minuman keras, dan junk food.

Dan pastinya apabila ada kendala terhadap organ dalam otomatis akan menghambat kinerja kita untuk meraih sebuah kesuksesan. Kurangi kebiasaan tersebut atau bahkan hindari jika anda mampu. Karena pastinya anda tidak ingin mimpi anda terhambat dengan akibat kebiasaan anda yang membahayakan tubuh.

3. Terlalu Sering Menonton TV/Netflix

TV atau media streaming film menjadi hiburan dikala stress menghadapi pekerjaan. Sebuah obat yang enak untuk menenangkan diri apalagi sambil tiduran. Bisa berjam-jam waktu yang terlewat.

Tentunya bahaya juga jika ini menjadi candu. Dapat menyita waktu anda yang seharusnya digunakan untuk kegiatan yang lebih produktif. 

Apalagi ada sinetron dan film yang memiliki episode banyak. Tentunya orang yang sudah kencanduan tidak ingin meninggalkan setiap episodenya.

Dibutuhkan sebuah jadwal tersendiri tentang batas berapa banyak film yang Anda tonton dalam seminggu. Untuk membiasakan diri menghabiskan lebih sedikit waktu untuk aktivitas ini.

4. Menghabiskan Waktu di Media Sosial

Media sosial menjadi sebuah kenikmatan sendiri untuk mendukung malas-malasan. Tanyakan pada diri anda seberapa sering anda membuka media sosial setiap harinya. Pasti mayoritas tak terhitung saking seringnya membukanya. Bahkan kalau sehari tidak membuat medsos, terasa ada yang kurang.

Padahal jika kita mau menyadari kebanyakan kegiatan di media sosial itu banyak yang kurang manfaatnya. Tapi beda lagi kalau misalnya anda seorang digital marketing atau content creator. Namun kita bahas yang menggunakan medsos hanya untuk scroll dan menghabiskan waktu tanpa dapat hasil apa-apa.

Terlalu sering dan lama dalam menggunakan medsos juga memberi dampak negatif terhadap diri anda. Anda bisa dibuat lupa dengan tugas anda dan akhirnya terbengkalai. Tentunya ini bisa menghambat anda untuk meraih sebuah kesuksesan. Kurangi bermain medsos dan gunakan waktu untuk lebih produktif lagi.

5. Pikiran Negatif

Pikiran negatif sangat bahaya tidak hanya untuk pengusaha, melainkan juga semua orang. Bagi pengusaha, pikiran negatif bisa menjadi pembunuh dalam karirnya.

Ucapan dan perkataan orang terhadap diri kita tidak bisa dibendung. Yang bisa kita lakukan hanya menyaring perkataan yang bisa menjadi motivasi. Bahkan kalau perlu menutup telinga supaya tidak mendengar perkataan-perkataan orang yang negatif terhadap kita.

Sebisa mungkin anda tidak berpikiran negatif mengenai diri anda, bisnis, dan orang lain di sekitar anda. Karena ketika anda berpikiran negatif, akan ada kecenderungan untuk bertindak yang negatif juga.

Respect orang kepada anda bisa jadi akan hilang dengan kelakukan buruk yang anda lakukan dari pikiran negatif. Untuk itu tetaplah berpikir positif supaya pikiran jernih dan bisa meraih sebuah kesuksesan. Jangan iri kepada orang yang lebih sukses dari anda. Dan jangan baper terhadap perkataan negatif dari orang lain. Tetap berpikir positif.

Demikian sedikit informasi yang saya berikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya.