Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Ide konten Youtube Tanpa Menampilkan Wajah

ide konten youtube tanpa wajah

Menjadi Youtuber untuk saat ini menjadi banyak pilihan banyak orang khususnya anak muda. Tidak hanya anak muda, orang dewasa juga banyak yang tertarik untuk terjun ke dunia Youtube. Karena memang sudah banyak bukti keberhasilan dari banyak orang di Youtube. Walaupun sebenarnya juga banyak juga yang telah gagal.

Salah satu motivasi orang bermain Youtube adalah ingin menghasilkan uang atau bahkan ingin menjadi terkenal. Tidak ada yang salah jika terjun ke Youtube dengan motivasi tersebut. Kalau motivasi tersebut membuatnya bersemangat dan rajin untuk membuat konten, tentunya bukan menjadi sebuah permasalahan. Bahkan bisa menjadi sebuah energi yang positif.

Namun, negatifnya orang yang motivasinya uang itu adalah mudah menyerah ketika dalam jangka waktu tertentu belum juga berhasil menghasilkan uang. Padahal kalau bermain di Youtube itu butuh konsistensi dan inovasi untuk membuat channelnya disukai banyak orang.

Buat kamu yang ingin terjun ke Youtube, sebaiknya membuat fokus konten satu niche. Niche yaitu ceruk atau cakupan konten yang akan dibuat. Misalnya membuat channel niche bola, sebisa mungkin untuk membuat konten-konten yang masih berhubungan dengan bola. Jangan membuat konten diluarnya. Supaya kredibilitas channel tetap terjaga. Dan juga bisa mempermudah dalam mencari target marketnya.

Perlu diketahui bahwa membuat konten Youtube itu tidak harus memperlihatkan wajah. Jadi buat yang pemalu dan tidak ingin memperlihatkan wajahnya tetap bisa membuat konten video Youtube.

Konten Video Youtube Tanpa Wajah

Untuk yang penasaran kira-kira apa saja jenis konten video yang bisa dibuat tanpa memperlihatkan wajah, dibawah ini sudah ada list ide kontennya yang bisa dijadikan referensi.

1. Alur Cerita Film

Akhir-akhir ini banyak sekali channel-channel alur cerita film yang muncul di Youtube. Berbagai film sudah banyak dibahas kalau misalnya kamu ingin mencari. Film menjadi pasar yang cukup luas untuk dijadikan konten. Terbukti banyak channel baru yang membahas alur film mendapatkan views dan subscriber dengan cukup cepat.

Kelebihan dari channel alur cerita film itu adalah lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan subscriber dan viewer. Karena memang pasar film sangat legit sekali. Namun kalau misalnya ingin membuat alur cerita film, harus pahami dulu penggunaan fair use dari Youtube. Jangan sampai terjadi sudah capek-capek membuat video tapi malah terkena copyright.

Ada template yang saya amati dalam pembuatan video alur cerita film yaitu:
  • Membuat skrip untuk video.
  • Merekam suara dari hasil script yang telah dibuat.
  • Edit video dan menggabungkan suara untuk menjadi satu video.

2. Resep Makanan

Membuat konten memasak tidak harus memperlihatkan wajah. Karena setelah saya mencoba riset, banyak channel tentang masakan yang videonya tanpa memperlihatkan wajahnya. Apalagi channel tentang resep makan sangat banyak sekali. 

Biasanya channel resep masakan bisa dibuat berupa video slide yang ditambah dubbing dan background musik yang menarik. Kalau anda ingin effort dan lebih menarik bisa mencoba dengan membuat tutorial masak secara langsung. Dibanding dengan slide, video memasak langsung bisa jadi lebih menarik perhatian.

3. Animasi

Kalau kamu punya skill animasi, bisa mencoba membuat channel Youtube dengan animasi. Karena saingannya sedikit dibandingkan dengan niche yang lainnya. Namun prosesnya biasanya juga memakan waktu yang cukup lama untuk membuat karakter dan tema animasinya.

Channel-channel besar seperti Dalang Pelo bisa menjadi referensi di niche animasi ini. Kalau kamu punya minat dan kemampuan dalam membuat animasi, tidak ada salahnya mencoba bermain di niche ini. Buatlah animasi yang sederhan tapi memiliki konsep cerita yang menarik.

4. Origami

Entah benar atau salah, konten origami katanya memiliki nilai cpc yang tinggi. Karena konten origmami ini bisa menjangkau tidak hanya pasar Indonesia, melainkan pasar luar negeri juga. Memang konten origmasi ini sangat universal sekali. 

Cara membuat video origami tidak perlu menayangkan waja juga bisa. Cukup merekam tangan dalam membuat berbagai kerajinan tangan yang dilakukan. Ditambah background musik menjadikan konten lebih menarik untuk ditonton. Diperlukan ide-ide kreatif dalam membuat origami. Semakin sulit kerajinan yang dibuat, maka semakin banyak pula orang yang tertarik melihatnya.

5. DIY

Hampir sama dengan konten origmi, konten DIY juga banyak peminat dan jangkauannya bisa luas ke luar negeri. Bedanya konten DIY dengan origami adalah kalau orgimasi itu kerajinan tangan dari kertas. Sedangkan DIY lebih ke membuat peralatan-peralatan keseharian dari barang-barang yang mudah dan bermanfaat untuk kebutuhan orang.

6. Restorasi Motor

Untuk yang hobi motor bisa membuat konten restorasi motor. Caranya dengan merekam motor pada saat dilakukan restorasi. Atau membuat tips merawat motor. 

Konten restori motor ini sebaiknya ditambahkan penjelasan dengan suara yang bisa kita rekam dan digabungkan dengan video. Sering-seringlah pergi ke bengkel motor untuk memproduksi video. Atau anda bisa membuat studo sendiri untuk restorasi motor.

7. Tutorial

Konten tutorial masih menjadi konten yang dicari banyak orang. Ada banyak pilihan untuk konten tutorial ini. Konten tutorial ini sangat luas dan bisa kamu lebih spesifikasikan. Misalnya fokus membahas tutorial Android, komputer dan lain-lain. 

Saat ini orang kalau kesulitan melakukan sesuatu biasanya mencarinya langsung ke Youtube. Karena bisa melihat langsung prosesnya dengan visual dan audio. Konten tutorial ini bisa dibuat tanpa menampilkan wajah. Cukup mereka layar perangkat anda dan ditambah dubbing sudah bisa menjadi konten video. Tinggal kreativitas kita saja supaya tayangan tidak membosankan.

8. Unboxing atau Review

Kalau misalnya kamu punya barang mahal atau barang unik, bisa mencoba membuat konten unboxing dan review. Sebenarnya tidak harus barang mahal dan unik, bisa juga mereview barang yang ada di sekitar. Karena orang itu akan penasaran dengan suatu hal yang tidak mereka miliki meskipun kita menganggap barang ini sudah biasa. Penyampaian informasi yang menarik dan menghibur sangat direkomendasikan untuk konten ini.

9. Menggambar atau Melukis

Menggambar atau melukis merupakan sebuah keahlian yang jarang dimiliki kebanyakan orang. Maka dari itu konten jenis ini bisa menarik perhatian banyak viewers. Apalagi kalau misalnya memiliki tehnik menggambar yang unik daripada yang lain akan cepat viral. Atau mungkin menggambar tokoh-tokoh terkenal untuk mendapatkan atensi dari banyak orang.

10. Remix Musik

Bagi yang hobi musik bisa mencoba membuat konten musik tanpa menampilkan wajah. Bahkan tanpa membutuhkan suara. Cukup dengan kemampuan menggunakan software untuk me-remix musik. Sudah banyak channel yang membuat konten remix musik dan memiliki banyak views. Biasanya yang cepat terkenal remix lagu yang sedang trending dan lagu-lagu di Tiktok atau Instagram.

11. Hewan Peliharaan

Bagi yang memiliki hewan peliharaan, bisa menjadikan hewan tersebut untuk dijadikan ide konten. Seperti merekam tingkah lucu hewan, cara merawat hewan peliharaan dan edukasi tentang dunia hewan. Perlu dikatahui bahwa banyak orang yang membutuhkan cara merawat hewan. Ini bisa menjadi kesempatan untuk anda. Menjalankan hobi sekaligus membuat konten.

12. Berita Olahraga

Konten olahraga tidak akan ada habisnya. Selama event olahraga diadakan, konten berita olahraga dicari banyak orang. Karena orang butuh informasi terupdate. Ide untuk membuat video berita olahraga sangat banyak sekali seperti hasil pertandingan dan kisah diluar lapangan atlit. Konten berita olahraga bisa disajikan dengan potongan video atau slide foto yang diberi narasi beritanya. Konten semacam ini tantangannya yaitu harus update terus dan secepatnya supaya tidak kehilangan momen beritanya.

13. Editing Foto dan Video

Di era sekarang ini banyak orang yang suka post foto atau video di sosial media. Apalagi sekarang tren media sosial dengan video pendek. Tentunya mereka akan berusaha sebisa mungkin tampil keren. Maka dari itu dibutuhkan tutorial untuk mengediti foto dan video untuk memaksimalkan foto atau videonya.

Konten editing foto banyak dicari orang. Tutorial seperti manipulasi foto di Photohsop, tutorial lightroom dan masih banyak lagi. Untuk video biasanya mengikuti dengan trend video yang ada di Tiktok dan Reels. Jadi sebisa mungkin untuk terus riset yang sedang trend supaya bisa menarik banyak viewer.

14. Podcast

Untuk anda yang tidak ingin terlihat di video, namun tertarik untuk tetap eksis menyampaikan opini, informasi dan sudut pandanya bisa mencoba membuat podcast. Podcast ini merupakan konten audio yang saat ini sedang booming. Banyak sekali mediam untuk membuat konten podcast seperti spotify, noice, anchor dan bahkan bisa diupload di Youtube. Karena kontennya menggunakan audio, jadi sebisa mungkin untuk membuat story telling yang membuat orang betah untuk mendengarkan.

15. Eksperimen

Buat yang suka mencoba hal-hal baru, konten eksperimen ini sangat cocok sekali. Orang pasti tertarik dengan sesuatu yang belum pernah dilakukan atau bahkan tidak terpikirkan untuk melakukannya. Tidak perlu menampilkan wajah, cukup memperlihatkan objek yang dijadikan eksperimen dan ditambah dengan narasi langkah-langkah yang akan dilakukan. Akan menghasilkan sebuah video yang siap untuk dinikmati.

16. Game Android

Sudah bukan rahasia lagi, konten gaming khususnya game mobile menjadi idamana banyak Youtuber untuk menjadi konten di channelnya. Caranya dengan merekam gameplay di layar hp. Atau kalau yang lebih niat dilakukan editing-editing yang menambah keseruan untuk dilihatnya. Juga bisa ditambahkan suara narasi atau reaksi saat bermain game juga bisa menambah keseruan. Sudah banyak channel-channel gaming yang bisa dijadikan sebagai referensi. Game-game mobile seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG menjadi pilihan untuk kreator game Android.

Demikian 16 ide konten Youtube yang bisa dijadikan referensi untuk membuat channel Youtube. Sebaiknya pilih niche yang kamu sukai dan kuasai. Sehingga dalam menjalankannya dalam jangka waktu yang lama bisa tetap senang dan tidak bosan.

Penyakit utama Youtuber adalah rasa bosan dan kehabisan ide. Dan itu biasanya disebabkan karena kontennya tidak sesuai dengan hobi atau passionnya. Untuk itu pilih yang disukai. Karena butuh waktu untuk sampai bisa dimonetisasi. Jangan sampai salah pilih supaya tidak kecewa.