Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Konsistensi dalam Menekuni Sesuatu

Manfaat Konsistensi

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa konsistensi itu mahal. Hal demikian dikatakan mahal karena tidak semua orang mampu mendapatkannya. Jadi kosisten itu mahal merupakan esensinya, bukan litteraly.

Padahal sebenarnya semua orang bisa melakukan konsistensi. Namun tidak semua orang mau melakukannya.

Sebenarnya kalau kita tahu dampak dan output yang didapatkan ketika melakukan konsistensi, semua orang akan tertarik.

Memang semua orang saat ini ingin merasakan hasil yang dilakukan dengan cepat. Tidak mau berlama-lama. Sehingga budaya instan dalam mendapatkan sesuatu menjadi hal yang diambil.


Sejatinya untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa itu tidak bisa didapatkan dengan waktu cukup singkat. Butuh waktu yang panjang untuk hasil yang maksimal. Disitulah dibutuhkan konsisten.

Jadi, konsistensi itu melakukan sesuatu secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Itu merupakan tafsirku sendiri ya. Untuk arti sebenarnya bisa dicari di KBBI.

Manfaat konsistensi

Konsistensi itu bisa diterapkan dala berbagai bidang. Entah itu bisnis, pekerjaan, hobi, dan lain-lain. Banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika melakukan konsistensi dalam menekuni sesuatu.

1. Menjadi ahli di suatu bidang

Ada sebuah ungkapan bahwa untuk menjadi ahli dibutuhkan setidaknya 10.000 jam kerja. Pada tahap itulah kamu akan dianggap sebagai expert dalam suatu bidang tertentu.

Itu tidak hanya sekedar omong kosong. Memang untuk menjadi ahli dibutuhkan waktu yang lama dalam menekuninnya.

Jam terbang tidak akan membohongi kemampuan kita. Contoh yang paling mudah adalah seorang atlet. Kita sering mendengar atlit-atlit yang juara ketika ditanya apa rahasia suksesnya, pasti menjawab berlatih terus-menerus.

Tidak ada atlet yang juara dunia hanya berlatih sebentar. Mereka pasti menekuni bidang kesukaan dalam waktu yang cukup lama. Bahkan bisa jadi dia sudah mulai berlatih dari kecil. Sehingga juara dunia merupakan akibat dari konsistensinya berlatih dalam waktu yang panjang.

Dalam bidang lain, juga seperti itu. Orang akan merasakan kesuksesan ketika sudah melakukan konsistensi menekuninya dalam waktu yang cukup lama. Dan kenyataannya tidak semua orang mau melakukannya.

Hanya orang-orang tertentu yang mau konsisten menekuni sesuatu. Dari situlah kita bisa tahu kenapa seorang ahli itu tidak terlalu banyak.

2. Membuka banyak peluang

Ketika kamu konsisten mengerjakan sesuatu, kamu menjadi ahli di bidang tersebut. Dan ketika kamu menjadi seorang ahli, kamu akan dicari orang. Dicari disini konotasinya positif, bukan negatif ya.

Orang yang ahli akan dicari orang untuk menjadi pemateri, pengajar, hingga diajak kerjasama. Acara-acara seminar pasti membutuhkan seorang ahli untuk menjadi pematerinya. Tidak mungkin di acara tempat berbagi pengetahuan seperti seminar mengundang orang yang tidak kompeten.

Selain itu, kamu juga bisa mengajari orang lain baik sukarela ataupun membuat kelas. Orang kalau misalnya sedang mencari tempat untuk belajar pasti melihat dulu siapa pengajarnya. Mereka pasti menginginkan pengajar yang kompeten. bukan yang abal-abal.

Pada saat kamu menjadi ahli berkat konsistensi menekuni sesuatu, akan banyak orang yang tertarik. Tertarik dengan keahlian yang kamu punya. Sehingga akan ada banyak yang mengajak untuk melakukan kerja sama.

Peluang akan terbuka lebar ketika kamu ahli di suatu bidang tertentu. Dan itu adalah hasil manfaat dari konsistensi dalam menekuni suatu bidang.

3. Terbiasa dengan kesulitan

Biasanya, ketika kita baru pertama kali melakukan sesuatu akan menemui banyak kesulitan. Kesulitan terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Dengan konsisten melakukan suatu tersebut, maka permsalahan dan kesulitan yang kamu hadapi bisa teratasi. Bahkan bisa jadi hal yang kamu anggap sulit saat ini, menjadi hal yang biasa dan mudah pada kemudian hari.

Kesulitan memang bukan untuk ditakuti atau bahkan dihindari. Kesulitan merupakan sesuatu yang harus kita lawan. Melawan kesulitan untuk mendapatkan pelajaran dibaliknya merupakan sebuah goals yang harus kita lakukan.

Lakukan konsistensi dalam mengahadapi sebuah kesulitan. Sehingga nanti tersebiasa dengan kesulitan dan tidak lagi menganggapnya sulit.

Setiap orang pasti akan menghadapi kesulitan. Ketika kita konsisten menghadapi berbagai macam kesulitan, maka membuat kita akan merasa mudah ketika bertemu kesulitan berikutnya. Jangan menyerah, jangan putus asa, karena dibalik kesulitan ada kemudahan yang tidak kita ketahui.

4. Tahu cara mengatasi rasa bosan

Tidak bisa dipungkiri bahwa rasa bosan akan muncul ketika kita melakukan seseuatu. Apalagi melakukan terus-menerus dan dalam waktu yang lama.

Konsistensi bisa membuat rasa bosan kita tumbuh. Tapi di sisi lain, ketika kita terus memaksa untuk konsistensi, kita bisa mendpatkan solusi mengatasi rasa bosan tersebut. 

Orang yang konsisten akan tahu kapan dia harus memulai dan kapan dia harus berhenting. Karena sudah bisa memperkiran estimasi waktu untuk mengerjakan tugas yang biasa dilakukan.

Coba saja untuk konsisten melakukan sesuatu. Kamu akan mengetahui berapa waktu yang kamu butuhkan untuk kerja dan waktu untuk bersenang-senang.

Rasa bosan pasti akan muncul pada saat kita ingin melakukan konsistensi. Apalagi dengan kesulitan-kesulitan yang dialami. Tapi hal tersebut akan terobati ketika kesuksesan dan sesuatu yang anda inginkan tercapai.

Jangan berhenti ketika rasa bosan menghinggapi. Cari solusi untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Sehingga konsistensi anda tetap terjaga dan tidak goyah.

5. Dapat Berimprovisasi

Apabila kita terbiasa melakukan sesuatu, sehingga kebiasaan tersebut berada diluar kepala kita. Tidak perlu berpikir lama untuk menyelesaikannya.

Begitulah ketika kita terbiasa melakukan improvisasi. Kita bisa melakukan sesuatu tanpa berpikir lagi. Bahkan kita juga dapat melakukan improvisasi. Improvisasi dilakukan supaya kita memiliki perbedaan dan keunikan. Sehingga tidak bosan hanya dengan itu-itu saja.

Improvisasi bisa kita lakukan ketika kita melakukan sesuatu dengan konsistensi. Suatu hal yang terbiasa dilakukan pasti dapat mengetahui kekurangannya. Sehingga ada keinginan untuk memperbaiki atau mengingatkannya. Disitulah letak improvisasi bisa dilakukan. Improviasi berguna untuk membuat lebih baik dan unik.

Itulah tadi manfaat apabila konsisten menekuni sesuatu. Kamu akan menjadi seorang ahli dalam suatu bidang. Dengan begitu akan ada banyak peluang yang datang. Mulai dari peluang menjadi pemateri seminar, pengajar, hingga diajak kerja sama.