Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Kebiasaan Kecil untuk Meningkatkan Produktivitas Setiap Hari

kebiasaan kecil untuk meningkatkan produktivitas

Produktivitas merupakan hal yang harus dimiliki setiap orang. Karena produktivitas ini mempengaruhi hasil kerja. Namun, setiap individu juga memiliki penyakit produktivitas yang biasa disebut malas. Malas merupakan penghalang seseorang untuk menjadi produktif.

Maka dari itu, malas harus bisa dieliminasi. Untuk melakukannya dibutuhkan sebuah kebiasaan yang harus dilakukan secara konsisten. Tidak perlu melakukan dengan kebiasaan yang besar, melainkan cukup melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil untuk meningkatkan produktivitas setiap harinya. Kebiasaan kecil biasanya lebih bertahan lama dibandingkan dengan merubah kebiasaan secara besar-besaran.

Sedikit demi sedikit asalkan konsisten jauh lebih baik dan juga akan menghasilkan suatu perubahan yang besar. Jadi, jangan pernah meremehkan perubahan kebiasaan kecil. Karena dampaknya nanti akan cukup besar.

Oleh sebab itu saya akan membagikan 12 kebiasaan kecil yang dapat anda terapkan sehari-hari. Tentunya sebuah kebiasaan yang mudah untuk menyelesaikan lebih banyak dan bekerja lebih cerdas.

Kebiasaan Kecil yang Harus Dilakukan

Berikut merupakan kebiasaan-kebiasaan kecil yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Rencanakan Hari Esok pada Malam Sebelumnya

Kita biasanya menyambut hari esok dengan begitu saja tanpa adanya rencana detail. Sehingga terkadang beberapa orang melewatkan hari dengan begitu saja tanpa menghasilkan apa-apa. Apabila anda seorang pekerja mandiri, melakukan perencanaan apa yang perlu dilakukan esok hari merupakan hal yang wajib.

Perencanaan tersebut berfungsi untuk mencegah kinerja yang buruk dan tidak jelas. Maka dari itu perlu membuat perencanaan supaya produktivitas tetap terjaga. Luangkan waktu pada malam hari untuk melakukan perincian kegiatan yang akan dilakukan pada hari berikutnya. Dengan begitu kita bisa lebih efektif dalam menjalani hari-hari lebih produktif.

Adapun yang diperlukan pada malam sebelumnya adalah dengan membuat daftar tugas yang ingin dikerjakan. Kemudian mengurutkannya berdasarkan prioritas. Seperti yang kita ketahui bahwa prioritas waktu biasanya dibagi menjadi 4 yaitu penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, yang terakhir tidak penting dan tidak mendesak.

Rencanakan itu semua pada malam sebelumnya. Sehingga nanti ketika bangun pagi sudah tahu apa yang perlu dilakukan. Tidak pusing lagi memikirkannya di pagi hari. Seluruh energi anda bisa difokuskan untuk menjalankan rencan yang sudah dibuat.

Selalu Mengingat Tujuan Jangka Panjang Setiap Hari

Ada sebuah fakta menarik bahwa alasan seseorang gagal mencapai tujuannya yaitu karena mereka melupakannya. Mungkin hal ini terlihat sederhana, tapi dampak mengingat terus-menerus tujuan bisa membantu anda lebih cepat mendapatkannya. Tujuan akan memudar dan perlahan-lahan menghilang karena kesibukan hidup. Dibutuhkan sistem untuk menjadi tujuan supaya tetap diingat.

Coba luangkan sedikit waktu pada setiap pagi sebelum melakukan aktivitas untuk mengingat tujuan jangka panjang anda. Sehingga tujuan akan terus terekam di memori anda dan bisa menjadi pemicu untuk terus berusaha mendapatkannya. Ini juga untuk menjaga anda untuk terus membuat kemajuan dalam menuju tujuan yang diinginkan.

Identifikasi 3 Target Harian Teratas Anda

Ada sebuah kebiasaan sederhana tapi paling efektif untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari yaitu mengidentifikasi 3 target teratas anda. Kenapa harus mengidentifikasi 3 target teratas? jawabannya adalah supaya anda bisa lebih fokus dan terarah dalam mencapainya.

Jadi, sebelum memulai hari untuk bekerja, luangkan waktu satu menit dan tanyakan pada diri anda pertanyaan berikut: "3 hal apa saja apabila tercapai hari ini yang membuatku lebih dekat untuk mencapai tujuan jangka panjang saya?"

Ketika 3 target utama hari ini sudah ditentukan, maka akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sehingga bisa lebih terarah dan waktu tidak terbuang sia-sia karena melakukan pekerjaan yang tidak penting. Mungkin memiliki banyak kesibukan membuat anda merasa telah melangkah menuju tujuan anda, tapi bisa juga itu yang membuat anda jauh dari tujuan karena disibukkan dengan pekerjaan yang kurang berguna.

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Saat bangun tidur merupakan waktu tepat untuk segera mengisi cairan dalam tubuh anda. Karena tubuh sudah lama tanpa air selama 6-8 jam. Tentunya tubuh butuh air supaya tetap segar. Hal demikian juga untuk menghindari rasa lesu, lemas, dan tidak fokus.

Untuk itu biasakan ketika bangun langsung minum air putih. Setelah itu anda bisa minum apapun, misalnya kalau anda penyuka teh atau kopi. Lakukan kebiasaan kecil ini untuk mendapatkan badan yang lebih segar dan menjaga mood.

Lakukan Review Harian 5 Menit

Lakukan review cukup selama 5 menit setiap malam hari. Meninjau ulang apakah kegiatan yang dilakukan hari ini sudah efektif atau belum untuk untuk meningkatkan produktivitas. Coba tanyakan pertanyaan berikut ini pada diri anda:

Apakah saya telah mencapai 3 prioritas teratas saya hari ini? Jika tidak, apa penyebabnya?

Tugas manakah yang menyita waktu dan energi saya, tetapi tidak membuahkan hasil yang berarti?

Orang dan aktivitas mana yang paling memicu energi dan kebahagiaan hari ini?

Apa yang akan saya lakukan secara berbeda untuk hari besok?

Pertanyaan tersebut akan mrmbantu anda meningkatkan kinerja dan kehidupan anda. Perbaiki kekurangan anda supaya bisa menjadi lebih produktif.

Cari Teman se-Frekuensi Anda

Lingkup pertemanan akan mempengaruhi bagaimana pemikiran dan persepsi. Memiliki teman yang sefrekuensi akan memudahkan anda dalam bertukar pikiran. Bukan malah mengeluh terus-menerus setiap harinya. Itu justru akan menghambat anda dalam mencapai tujuan. Milikilah teman yang sama-sama memiliki mimpi besar, memicu semangat dan menebar aura positif. Sehingga anda secara tidak langsung akan tertular dengan energi baiknya. Karena pola pikir dan kebiasaan tersebut dalam suatu lingkungan pertemanan.

Hindari Informasi yang Berlebihan

Apa yang anda lakukan setelah bangun tidur? mayoritas membuka handphone masing-masing. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa sekitar 80% pengguna smartphone memeriksa perangkat seluler mereka dalam waktu 15 menit setelah bangun tidur setiap pagi.

Otomatis ketika membuka handphone, yang pertama mereka lakukan adalah melihat notifikasi media sosial dan juga membaca berita terbaru. Memasukkan seluruh informasi yang anda dapatkan dengan kondisi otak yang masih kosong tentunya itu sebuah kesalahan. Kebiasaan tersebut akan meracuni otak anda.

Akibatnya dengan informasi yang berlebihan akan membuat stres dan mengganggu produktivitas anda. Coba ubah kebiasaan pagi anda dengan fokus ke tujuan dan prioritas anda. Jangan reaktif terhadap barang orang lain, tetapi fokuslah untuk memajukan hidup Anda.

Gunakan Pagi Untuk Membuat

Menurut sebuah penelitian, waktu yang paling produktif adalah di pagi hari. Di waktu inilah kebanyakan orang secara alami lebih bersemangat, fokus dan disiplin.

Maka dari itu, langkah yang tepat adalah menggunakan waktu pagi hari untuk mengerjakan tugas-tugas penting dan berat. Sebuah tugas yang membutuhkan pemikiran, mental, kemauan dan fokus yang maksimal. Karena pagi hari otak bisa bekerja maksimal dan ini bagus untuk menangi tugas yang menjadi prioritas utama anda. Gunakan waktu pagi hari untuk membuat, dan sore hari untuk mengelola. 

Gunakan Sore Hari Untuk Mengelola

Berbeda dengan dengan waktu pagi hari, sore justru memiliki rentan untuk mendapat gangguan. Ketika sore hari juga biasanya energi sudah tinggal sisa-sisa dari kegiatan seharian. Oleh sebab itu gunakan waktu sore hari untuk melakukan pekerjaan yang ringan seperti mengelola email atau informasi yang berhubungan dengan pekerjaan anda.

Manfaatkan waktu ini untuk melakukan tugas yang tidak memerlukan kinerja otak yang maksimum. Carilah tugas pekerjaan yang dapat dilakukan selama jam-jam tidak dalam kondisi terbaik. 

Jauhkan Hp Pada saat Bekerja

Handphone atau smartphone yang anda miliki merupakan sebuah gangguan apabila tidak bijak dalam menggunakannya. Jauhkan smartphone pada saat anda ingin mendapatkan fokus dan menyelesaikan banyak hal. Taruh hp di tempat yang anda tidak bisa menjangkaunya.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bawah rata-rata orang membuka kunci hp nya sebanyak 150 kali sehari atau setiap 10 menit sekali. Dan menghabiskan rata-rata 3 jam 15 menit di ponsel mereka (rata-rata milenial menghabiskan 5,7 jam di ponsel mereka).

Oleh sebab itu, diperlukan sebuah kebiasaan untuk tidak bergantung dengan handphone terutama pada saat mengerjakan suatu tugas. Anda akan melihat hasilnya ketika menjalankan kebiasaan tersebut. Fokus akan meningkat dan juga menjadi lebih produktif.

Beri Waktu untuk Bersenang-senang

Terlalu serius terhadap suatu hal juga tidak baik. Karena apabila terlalu serius justru malah akan menguras energi dan mematikan kreativitas. Mengejar tujuan yang besar juga harus diimbangi dengan sebuah kesenangan agar tercipta harmonisasi. Percuma kalau anda hanya bekerja keras mengejar sesuatu tapi anda tidak dapat merasakan kesenangan didalamnya.

Bumbuilah proses perjalanan dengan bergurau. Semakin anda senang, kreativitas anda akan semakin meningkat. Perlu anda ketahui bahwa kesangan dapat memicu kesuksesan.

Lakukan Sekarang

Perlu diingat bahwa ilmu yang kamu daoatkan hanyalah sebagai penunjang potensi anda. Untuk membuat sebuah perubahan besar dibutuhkan aksi untuk menerapkan ilmu yang sudah anda pelajari.

Jadi, jangan pernah menunda-nunda. Jangan menunggu siap, karena kamu tidak akan tahu sampai kapan baru siap. Lakukan sekarang juga, lalu buat yang lebih baik selanjutnya.