Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

meningkatkan daya ingat dna konsentrasi

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi sangat diperlukan untuk orang terutama yang masih kerja atau yang sedang produktif. Sebagai seseorang yang masih diusia produktif, kemampuan otak untuk fokus dan mengingat sangat krusial sekali.

Daya ingat yang panjang akan mempermudah diri kita, terutama yang memiliki rutinitas yang padat. Tentunya semua orang tidak ingin baru sebentar menaruh kunci motor tiba-tiba lupa tempatnya. Hal tersebut akan sangat menguras tenaga dan waktu yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain.

Sedangkan untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan itu kita membutuhkan konsentrasi. Karena kalau tidak konsentrasi bisa mengacaukan semua. Pekerjaan juga bisa telat karena tidak bisa konsentrasi dalam kurun waktu tertentu.

Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi akan menurut kalau tidak dijaga. Untuk itu ada cara untuk menjaga bahkan meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi yang bisa anda lakukan. Sehingga walaupun usia terus bertambah tapi ingatan tetap tajam.

Daripada anda hanya menyerah dengan usia dan keadaan, sebaiknya berusaha untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Untuk memiliki daya ingat dan konsentrasi yang bagus, dibutuhkan untuk menjad pola hidup sehat. 

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan pola hidup sehat

Setidaknya ada 6 tips pola hidup sehat yang bisa anda lakukan untuk menjaga kemampuan daya ingat dan konsentrasi. Pola hidup sehat yang bisa anda lakukan adalah dengan cara seperti dibawah ini.

1. Memperhatikan nutrisi

Organ yang ada di dalam tubuh manusia itu butuh nutrisi untuk menjaga kualitas kinerjanya. Nutrisi yang buruk akan mengakibatkan organ tubuh terganggu. Apalagi otak merupakan organ yang sangat vital sehingga butuh asupan yang memiliki nutrisi tinggi. Perbanyak konsumsi makanan seperti sayuran, ikan, dan kacang-kacangan supaya kenerja otak tetap maksimal. Buat yang suka minuman beralkohol, sebaiknya hentikan dari sekarang. Karena alkohol bisa dapat merusak saraf otak. Kemampuan otak akan menurun jika minum alkohol terus-menerus secara berlebihan.

2. Berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Olahraga yang rutin setiap hari bisa menjaga kemampuan otak. Karena ketika berolahraga, sirkulasi darah dalam tubuh akan lancar. Begitu juga suplai darah yang menuju ke otak. Suplai darah yang menuju ke otak medapat mendorong pekermbangan sel saraf baru, mengurangi peradangan, yang berpengaruh terhadapat kesehatan otak. Ada baiknya anda melakukan olahraga ringan (jalan kaki, berenang, lari) setiap hari sekitar 30 menit.
 

3. Senam otak

Otak perlu dilatih supaya kemampuannya terjaga atau bahkan meningkat. Selain menjaga nutrisi, lakukan juga senam otak untuk melatih kemampuan otak. Lalu gimana cara melakukan senam otak? cobalah dengan membaca, bermain puzzle, teka-teki silang, dan melatih ingatan dengan cara menghafal sesuatu.

4. Manajemen hal kecil

Mulai dari sekarang untuk membiasakan diri menata barang secara rapi. Setidaknya teratur, supaya lebih mudah mengingat dan sekaligus belajar disiplin. Jangan membiasakan diri untuk menaruh barang di sembarang tempat. Ubahlah kebiasaan kecil seperti menaruh barang pada tempatnya, supaya daya ingat bisa terlatih.

5. Istirahat yang cukup

Untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari, diperlukan istirahat yang cukup. Ketika badan kita dalam keadaan lelah pastinya sulit untuk fokus dan mengingat. Coba aja bicara dengan orang yang kurang tidur, pasti bikin kesel karena terkadang tidak nyambung diajak bicara.

Tidur yang cukup membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari stres. Idealnya manusia membutuhkan tidur selama 8 jam setiap harinya. Buatlah tidur yang berkualitas untuk membantu kemampuan daya ingat dan konsentrasi anda.

6. Bersosialisasi

Ketika bertemu dengan orang, pastinya akan ada interaksi didalamnya. Dengan interaksi tersebut otomatis membuat kita berfikir dan mengingat tentang apa yang ingin kita sampaikan. Sehingga bersosialisasi dengan orang banyak itu bagus sebagai terapi untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.


Demikian tadi 6 metode yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Memamng seiring bertambahnya usia, daya ingat dan konsetrasi akan menurun. Apalagi sekarang sudah ada handphone yang membuat orang malas untuk mengingat. Salah satu cara yang dilakukan yaitu menggunakan obat atau suplemen untuk meningkatkan daya ingat. Memang cara ini bisa membantu untuk jangka pendek. Namun kita harus berpikir untuk jangka panjang apabila menggunakannya terus-menerus. Pastinya obat-obatan memeiliki efek dan resiko yang muncul.