Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meraih Kesuksesan dengan Menguasai Keenam hal ini

meraih kesuksesan

Meraih kesuksesan dibutuhkan usaha yang keras. Usaha dengan skill dan kompetensi yang dimiliki setiap individu. Apa yang anda capai hari ini merupakan hasil kerja keras anda di masa lalu. Sedangkan kesuksesan yang akan datang ditentukan kinerja dan kompetensi anda saat ini. Untuk jika masa depan anda ingin sukses, maka tingkatkan kompetensi dan usaha anda supaya nanti siap menyambut kesuksesan kedepannya.

Untuk meraih sebuah kesuksesan, tidak cukup hanya mengandalkan satu skil atau kompetensi. Melainkan anda harus memiliki banyak skil sebagai bekal meraih kesuksesan. Anda bisa menggabungkan beberapa skil untuk untuk mencapai sukses yang luar biasa. Pencapaian yang luar biasa fantastis hanya bisa anda dapatkan ketika anda memiliki kemampuan dan usaha yang luar biasa. Tingkatkan kompetensi anda untuk mencapai capaian sukses anda.

Coba sekarang evaluasi terhadap tujuan dan pencapaian anda selama ini. Apabila pencapaian anda saat ini bagus, berarti usaha dan kemampuan anda juga bagus. Tinggal terus mempertahankan dan meningkatkannya. Sedangkan bila pencapaian anda masih jauh dari harapan, berarti anda perlu meningkatkan usaha dan kemampuan anda. Lalu apa saja skill yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan?

Kemampuan Untuk Meraih Kesuksesan

Kuasai kompetensi untuk meningkatkan kemampuan anda untuk menunjang meraih sebuah kesuksesan.

1. Kemampuan utama

Setiap orang pasti memiliki sebuah kemampuan utama yang menjadi andalannya. Kemampuan yang selama ini digunakan untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya jika anda seorang guru, berarti kemampuan utama anda yaitu di bidang pendidikan. Jika anda seorang teknisi, berarti kemampuan utama anda yaitu tentang dunia teknik. Jika anda seorang desainer, berarti anda memiliki kemampuan utama di dalam bidang desain. Dan seterusnya sesuai dengan kemampuan masing-masing dalam mencari penghidupan.

Setiap individu harus memiliki kemampuan utama yang mereka jadikan sebagai alat untuk mendapat penghasilan. Jadilah yang terbaik di bidang yang anda kuasai, tingkatkan terus kemampuan utama yang anda miliki untuk menjadi seorang expert di bidang tersebut.

Kemampuan yang meningkat, bisa memperbesar kemungkinan untuk segera meraih kesuksesan. Jika kemampuan anda hanya biasa-biasa saja, maka pencapaian yang anda dapatkan juga biasa.

2. Belajar perencaan keuangan

Selain kemampuan utama yang anda miliki, anda juga harus memiliki kemampuan dalam bidang keuangan. Kemampuan utama tadi sebagai alat untuk menghasilkan uang, kalau tidak bisa mengelola bisa jadi uang akan habis begitu saja.

Belajar mengelola keungan sangat direkomendasikan untuk semua orang. Supaya bisa lebih bijak dalam menggunakan uang. Juga bisa pandai mengalokasikan uang dari jeri payah anda. Jangan sampai uang hasil anda bersusah payah habis dalam waktu sekejap karena ketidaktahuan tentang manajemen keungan.

Jangan sampai kita mengalami kesulitan ekonomi. Memang kadang kala ada orang yang memiliki pendapat sedang, tetap bisa mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada juga orang yang memiliki penghasilan banyak tapi tetap merasa kekurangan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keungan.

Sehingga kemampuan pengelolaan keuangan sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan dan untuk hidup jangka panjang. Jangan sampai anda membebani keturunan anda dengan hutang yang anda buat.

3. Branding dan marketing

Di era yang serba terbuka, untuk mendapatkan sebuah atensi tentunya harus show off. Dan disinilah kemampuan untuk membranding diri dan belajar marketing merupakan nilai tambah seseorang.

Branding merupakan cara untuk mencipatakan image anda kepada orang lain. Anda ingin dikenal seperti apa dan ingin dikenal sebagai apa, tergantung dari cara anda melakukan personal branding. Branding memiliki manfaat diantaranya sebagai pembeda dengan orang lain dan bisa menjadi daya tarik.

Sedangkan marketing merupakan kemampuan untuk memsarkan diri kita. Saat ini bukan hanya barang saja yang perlu untuk dipasarkan. Tapi juga kemampuan yang kita miliki juga perlu dipasarkan supaya lebih banyak diketahui orang. 

Sebaik apapun kemampuan atau produk anda, kalau tidak dilakukan branding dan marketing maka tidak akan pernah dikenal orang. Sehingga hanya sia-sia dan tidak dapat apa-apa. Mulailah dari sekarang belajar branding dan marketing. Supaya anda bisa lebih dekat dengan kesuksesan.

4. Kemampuan komunikasi

Dalam berinteraksi dengan orang kita membatuhkan kempuan komunikasi. Skill komunikasi ini sangat penting dimiliki semua orang dimanapun dan kapanpun. Komunikasi memudahkan orang dalam melakukan diskusi dengan tim. Misalnya ketika anda sedang rapat dengan orang lain, diskusi membutuhkan komunikasi untuk berjalan. Dengan komunikasi yang baik, anda akan lebih mudah dalam menyampaikan gagasan yang anda miliki kepada orang lain.


Komunikasi yang buruk, dapat membuat orang salah paham. Sehingga bisa merusak hubungan dengan orang lain. Komunikasi itu merupakan sebuah keterampilan. Jadi untuk mendapatkannya diperlukan banyak praktek langsung. Latihlah keterampilan komunikasi setiap hari untuk mencapai hasil yang maksimal.

5. Belajar ilmu relationship

Kita hidup tidak sendiri. Banyak orang yang akan kita temui selama kita masih hidup. Dan kenyataannya orang yang sukses itu memiliki jaringan yang luas. Mereka bisa berhubungan dengan banyak orang. Dengan hubungan yang bagus, kita bisa lebih mudah mengembangkan bisnis yang kita miliki.

Relationship tidak memulu dengan rekan kerja atau tim, melainkan juga dengan keluarga. Seringkali orang sibuk dengan pekerjaannya sehingga lupa kalau ada keluarga. Percuma nanti kalau anda kaya tapi hubungan dengan keluarga anda rusak. Tentunya kita tidak hal tersebut terjadi. Untuk itu belajarlah ilmu relationship. Supaya keluarga mendukung karir anda dan rekan kerja suka bekerjasama dengan anda.

6. Meningkatkan spiritualitas

Spiritualitas salah satunya berkaitan dengan kepercayaan dan hati. Kemampuan spiritualitas dapat membantu anda mendapatkan kebahagiaan dan manaemen emosi.

Ketika kita sudah berusaha keras untuk meraih sebuah kesuksesan, ada baiknya kita menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Karena mau tidak mau, kita harus sepakat bahwa ada sosok diluar kita yang turut andil menentukan kesuksesan.

Mengasah spiritualitas dapat membantu mengelola nafsu yang kita miliki. Pada dasarnya manusia memiliki nafsu dan hasrat. Kita pemengendalikannya supaya bisa menjadi energi yang positif. Bukan malah melampiaskannya kepada unsur yang negatif. Itu bisa merugikan kita sendiri. Tadinya ingin mendapatkan kesuksesan, karena banyak hal negatif yang kita lakukan justru membuat kesuksesan menjauh.

Kuasailah keenam unsur tersebut, saya yakin kesuksesan akan datang kepada anda. Jangan pernah terburu-buru menilai diri anda gagal. Kesuksesan lahir dari mereka yang tidak pernah berhenti untuk mencoba. Mencoba dan belajar adalah kombinasi ampuh untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Mulailah dari sekarang untuk mengupgrade diri anda menjadi lebih baik lagi. Sehingga ketika kesuksesan tiba, anda sudah siap untuk menerimanya.