Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghasilkan Tubuh Segar di Pagi Hari


Merasakan segar ketika bangun pagi merupakan keinginan setiap orang. Sehingga diri bisa lebih semangat untuk menjalani hari-hari. Akan tetapi, tidak semua orang dapat merasakan segar ketika bangun pagi. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ada banyak penyebabnya, salah satu pola tidur yang tidak teratur. Kebiasaan seperti begadang membuat kualitas tidur berkurang. Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang perbaiki pola tidur supaya memperoleh tubuh yang segar ketika bangun pagi.

Kualitas tidur yang baik merupakan dambaan impian semua orang, tapi tidak semua orang bisa memilikinya. Ada orang yang berusaha memejamkan mata untuk tidur secepatnya tapi malah tidak bisa tidur. Mungkin kalian juga pernah merasakan ada momen ketika ingin tidur tapi malah tidak bisa tidur. Untuk mengatasi sulit tidur dapat dimulai dengan merubah kebiasaan-kebiasaan yang sederhana. Karena biasanya kualitas tidur yang buruk berasal dari kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum tidur.

Kebiasan-kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan sebelum tidur secara tidak disadari mempengaruhi kualitas tidur. Kesehatan juga akan terkena dampak dari pola tidur yang rusak dan berantakan. Sehingga orang yang kualitas tidurnya buruk lebih mudah terserang penyakit dan rasa malas yang berlebihan. Tentunya ini akan berpengarus terhadapat produktifitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya kita mengenali penyebanya.

Tips Membuat Tidur Berkualitas Supaya Segar di Pagi Hari

Dibawah ini merupakan beberapa tips untuk membuat tidur yang berkualitas. Supaya bangun tidur lebih bersemangat memulai hari. Simak tips dibawah ini.

1. Mematikan hp dan perangkat elektronik

Sebagai orang yang hidup di era digital, pastinya menggunakan hp merupakan kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Hp atau alat elektronik yang lain merupakan komponen yang membantu kehidupan. Sehingga alat semacam ini menjadi alat yang tidak boleh ditinggalkan. Walaupun hp atau smartphone menjadi kebutuhan wajib, tapi apabila tidak dikontrol dan digunakan terus-menerus hingga menjelang tidur dapat mengganggu kualitas tidur.

Apa hubungannya tentang penggunakan hp menjelang tidur terhadap kualitas tidur? Jadi ketika kita menggunakan hp sebelum tidur, ada kecendurungan untuk menggunakan hp hingga larut malam. Akhirnya menunda waktu tidur dari jadwal yang sudah direncanakan. Misalnya ingin tidur pada pukul 10, tapi karena asik bermain hp bisa sampai pukul 12. Maka dari itu alangkah baiknya untuk menetapkan waktu mengakhiri bermain hp dan menjauhkannya untuk memulai tidur.

Alasan kenapa perangkat elektronik tidak baik digunakan menjelang tidur adalah karena cahaya dari perangkat elektronik dapat membut produksi hormon melatonim di dalam tubuh melambat. Hormon melatonim memiliki fungsi untuk mengatur waktu tidur secara otomatis.

2. Jangan Makan Menjelang Tidur

Memang kegiatan ngemil atau makan sebelum tidur merupakan kebiasaan yang enak dan sering dilakukan beberapa orang. Namun ternyata mengkonsumsi makan menjelang tidur memiliki efek terhadap kualitas tidur. 

Makan menjelang tidur dapat mengakibatkan fokus organ tubu berubah. Padahal di waktu tersebut seharus organ tubuh beristirahat, namun karena digunakan makan sehingga fokusnya mencerna makanan. Lalu yang baik bagaimana? Cara yang terbaik adalah mengehentikan makan kurang lebih 2 jam sebelum menjelang tidur. Dengan begitu organ tubuh bisa ikut beristirahat pada saat tidur.

3. Membuat tempat tidur yang nyaman

Untuk tidur kita membutuhkan tempat tidur. Dan untuk bisa tidur nyenyak, dibutuhkan tempat tidur yang nyaman. Coba bayangkan apa jadinya jika tempat tidur banyak barang yang berserakan, banyak suara-suara yang mengganggu telinggi, atau bahkan tercium bau yang tidak sedap. Tentunya suasana yang begitu tidak nyaman digunakan untuk tidur. 

Maka dari itu suasana tempat tidur yang nyaman sangat dibutuhkan untuk membuat kenyamanan saat tidur. Coba meminimalisir hal-hal di tempat tidur yang mengganggu. Misalnya menata rapi tempat tidur, memasang pengharum ruangan dan lain-lain. Sehingga tidur bisa nyenyak dan ketika bangun akan siap menjalani hari-hari.

4. Olahraga ringan

Olahraga memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut sudah sangat sering kita dengar mengenai manfaat olahraga. Ternyata olahraga juga bisa membantu untuk memperbaiki jam tidur. Pada umumnya ketika kita bangun tidur, rasa kantuk akan hilang. Akan tetapi sebagian orang tidak bisa langsung sadar waktu itu juga, ada yang membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengumpulkan kesadaran hingga penuh. Sehingga setalah itu barus bisa bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitasnya.

Supaya badan terasa segar saat bangun tidur, sebaiknya luangkan waktu sebenter setelah bangun tidur untuk melakukan gerakan olahrga ringan. Cukup dengan melakukan gerakan yang sederhana seperti meregangkan kepala, tangan, hingga badan. Kebiasaan seperti ini apabila dilakukan setiap hari akan berpengaruh baik terhadap tubuh.

5. Meminum air putih untuk menyegarkan tubuh

Untuk tips yang terakhir yaitu dengan meminum air putih setelah bangun tidur. Sehingga tubuh akan terasa segar dengan cairan yang diminum. Kita tahu sendiri bahwa air putih memiliki banyak kandungan dan manfaatnya. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh. Tidak hanya menghilangkan rasa haus, bisa juga membantu membuang racun di dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi air putih secara langsung, kalian juga bisa mengkombinasikannya dengan lemon yang tentunya segar dan menyehatkan. Sediakan tempat untuk menaruhnya di tempat yang mudah dijangkau ketika bangung tidur. Dengan begitu kegiatan sederhan ini dapat menghasilkan tubuh yang bugar di pagi hari.

Itulah tadi 5 tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan rasa segar ketika bangun tidur. Walaupun terkesan sederhana dan sepele, cara tersebut sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur. Lakukan cara tersebut setiap hari. Mungkin hasilnya tidak secara singkat. Begitulah memang cara yang baik itu tidak langsung berdampak pada saat itu juga. Bisa jadi memiliki dampak jangka panjang yang sangat baik untuk masa depan anda.

Kualitas tidur yang baik sangat dibutuhkan untuk setiap orang. Karena aktivitas seharian yang menguras tenaga dan pikiran. Jangan sampai tubuh drop akibat pola tidur yang buruk. Nantinya malah anda sendiri yang rugi karena produktivitas terganggung. Perbaiki makan, pola tidur dan jangan lupa untuk rutin berolahraga.