Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Bagus

tips meningkatkan kualitas tidur

Cara untuk tidur? Mungkin agak sulit menjelaskan cara untuk tidur. Karena orang tidur itu merupakan kegiatan otomatis pada saat orang mengantuk. Hanya berbaring dan memjamkan mata nanti akan tertidur dengan begitu saja. 

Namun ternyata tidak sesederhana itu. Setiap orang memiliki durasi waktu tidur yang berbeda-beda. Durasi tidur yang lama tidak menjamin nanti ketika bangun akan merasa segar dan siap menjalani hari-hari.

Tidur tidak bisa diukur dengan kuantitas. Lamanya tidur atau seringnya tidur tidak menjamin tubuh merasa bugar ketika bangun. Bahkan terkadang ada yang merasa lelah ketika bangun dari tidur yang cukup lama. Ya, karena tidur memang bukan tentang kualitas, melainkan tentang kualitas.

Tidur yang berkualitas sangat baik untuh tubuh. Bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat, mencegah kanker, mengurangi rasa sakit dan capek, dan membuat semangat untuk menjalani kehidupan sepanjang hari.

Ada konsekuensi yang akan terjadi terhadap kualitas tidur seseorang. Menjadi pemarah dan produktivitas menurun. Kualitas tidur yang buruk bisa membuat orang stres. Biasanya stres tersebut dilampiaskan dengan makan yang banyak dan menyimpak lebih banyak lemak. Itu bisa jadi membuat tubuh menjadi gemuk, terkena kanker dan menyebabkan depresi.
Itulah yang harus kita sadari bahwa masalah tidur merupakan pemicu masalah lain dalam hidup ini. Jadi, meningkatkan kualitas tidur harus menjadi prioritas utama untuk menjaga tubuh.

Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Untuk itu ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk memperbaiki kualitas tidur.

Tips 1: Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Tidur malam hari kemudian bangun di pagi hari merupakan sebuah rutinitas yang bisa dibilang otomatis. Kita akan terbangun dengan pancaran sinar matahari yang terbit dari timur. 

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh untuk menghasilkan hormon yang optimal untuk mengatur jam biologis anda. Cukup luangkan waktu minimal 30 menit di luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari secara langsung di saat pagi menjalang siang, anda akan mendapatkan manfaat yang besar dari kebiasaan tersebut. Terlalu sedikit cahaya yang diterima tubuh atau bahkan teralalu banya juga akan memiliki dampak negatif terhadap tidur anda di malam hari.

Tips 2: Jauhkan layar menjelang tidur.

Membatasi diri dengan gadget wajib dilakukan untuk mendapatkan tidur yang bagus. Karena biasanya ketika kita memegang hp akan sulit untuk tidur karena terlalu asyik menatap layarnya.
Selain itu, perangakat elektronik seperti komputer, tv, dan handphone merupakan alat yang mengeluarkan sinar biru yang bisa menyebabkan masalah tidur. Sinar biru dapat mengacaukan persiapan tubuh untuk tidur.

Memotong kebiasaan menatap layar menjalang tidur adalah hal utama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Walaupun ketika kita melihat tv atau handphone menjelang tidur terlihat santai-santai, tapi tidak untuk otak anda. Otak anda justru bekerja terus menerus mengolah informasi dari yang anda konsumsi. Tadinya fokus untuk tidur, tapi malah fokus untuk mengolah informasi terus-menerus.

Memang menghentikan kebiasaan untuk tidak menggunakan perangkat elektronik menjelang tidur merupakan kebiasaan yang sulit dilakukan. Butuh paksaan terlebih dahulu untuk mendapatkan kebiasaan yang baru.

Coba ganti kebiasaan tersebut dengan kegiatan seperti mendengarkan musik pengantar tidur, membaca buku, atau dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan cocok untuk anda.

Namun, apabila memang terpaksa harus menatap layar laptop atau komputer malam hari, sebaiknya menggunakan alat untuk memblokir cahaya biru yang dipancarkan perangkat elektronik. Anda bisa menggunakan sofware yang berna f.lux untuk mengurangi sinar biru. Cara kerja f.lux ini adalah membuat layar komputer menjadi lebih orangnye. Sehingga tidak terlalu menyilaukan mata. Memang mungkin akan merasa aneh ketika pertama kali menggunakannya. Tapi lama kelamaan akan terbiasa bila sering dilakukan.

Ada juga cara alternatif lain yang lebih gampang yaitu menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamat ini bagus untuk melindungi mata ketika harus menatap komputer di malam hari.

Tips 3: Memiliki suhu ruangan yang sejuk

Pada saat menjelang tidur, otomatis akan mengalami penurunan suhu tubuh untuk membantu kita tidur.
Saat tiba waktunya untuk istirahat otomatis terjadi penurunan suhu tubuh yang berdampak besar pada kemampuan kita untuk tidur. Sehingga suhu ruangan juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Suhu ruangan bagus untuk tidur yaitu sekita 16-20 celcius.

Kondisi ruangan yang melebihi atau dibawah suhu optimal tersebut dapat menyebabkan masalah tidur. Apabila suhu ruangan terlalu panas, bisa menggunakan kipas angin atau ac untuk menurunkannya. Sedangkan bila terlalu dingin, bisa menambahkan kaos kaki atau selimut untuk menghangatkan.

Tips 4: pergi ke tempat tidur pada waktu yang tepat.

Tidur pada jam 10 hingga jam 2 pagi merupakan waktu untuk sekresi dan pemulihan hormonal yang sangat bagus bagi tubuh. Pada waktu tersebut merupakan waktu untuk peremajaan tubuh.
Mungkin apabila anda tidak bisa tidur di antara waktu tersebut dan menggantinya dengan waktu lain, anda tetap merasa lelah ketika bangun tidur.

Ada sebuah studi tentang kanker yang menemukan bahwa wanita yang bekerja malam hingga pagi, memiliki potensi terkenan kanker payudara 30% lebih tinggi. Jadi, pastikan anda memiliki waktu tidur yang tepat.

Tips 5: Jaangan jadikan tempat tidur untuk kegiatan yang lain.

Kamar tidur sebaiknya hanya digunakan tidur dan istiraha. Tidak untuk melakukan kegiatan lain diluar itu. 

Manusia memeliki kecenderungan untuk melakukan kegiatan berulang dan merekam tempat kejadian. Otak manusia pasti mencari pola untuk membuat perilakukan yang dilakukan berulang menjadi sebuah kebiasaan. 

Maka dari itu apabila lelah atau sudah tidak ada kegiatan yang dilakukan, biasakan untuk pergi ke tempat tidur untuk beristirahat. Anda hanya perlu melakukannya dan membiasakannya.

Jangan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan yang lain di kamar tidur. Sehingga saraf-saraf ketika di kamar langsung merekam kebiasaan untuk langsung tidur.

Otak hanya melakukan apa yang biasa anda lakukan, bukan apa yang anda inginkan. Jadi apabila anda biasa menonton tv atau menatap layar handphone sebelum tidur, maka hal tersebut akan terus berulang di pikiran anda.

Biasakan untuk di tempat tidur hanya untuk tidur. Sisihkan kebiasaan negatif seperti membawa tugas pekerjaan ke tempat tidur.

Tips 6: Redupkan cahaya.

Ada fakta menarik bahwa ternyata butuh kita khususnya kulit memiliki reseptor untuk menangkap cahaya. Cahaya yang terang di kamar tidur akan diserap oleh tubuh anda dan mengirimkannya ke otak. Sehingga mengakibatkan tidur anda terganggu. 

Lampu dengan cahaya kemerahan merupakan lampu yang bagus untuk membantu tidur anda di malam hari. Redupkan atau minimalkan cahaya yang ada di kamar anda. Untuk yang lebih baik lagi yaitu matikan lampu yang ada. Sehingga tubuh bisa benar-benar beristirahat.

Tips 7: Minimalisir obrolan batin.

Pernahkan anda ketika berada di tempat tidur pikiran pergi kemana-mana. Memikirkan tentang apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana tentang hidup anda. Padahal seharusnya anda tidur. Memang tempat tidur merupakan tempat yang ajaib, karena disitu bisa tiba-tiba ingat sesuatu yang harus dilakukan.

Ini adalah obrolan batin yang merupakan hasil dari stres dan kesibukan yang anda alami hari ini. Diperlukan sebuah latihan untuk meminimalisir hal tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan meditasi. 

Meditasi bisa membantu anda untuk mengolah pikiran supaya lebih tenang. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa total waktu tidur, efisiensi tidur, dan kualitas tidur meningkat pada seseorang yang terbiasa melakukan meditasi.