Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tools yang Dibutuhkan Seorang Blogger untuk Mendongkrak Peringkat Blog

tools blogger

Blogger merupakan istilah orang yang menulis dalam sebuah blog atau website. Blogger bisa dikatan sebuah hobi atau juga profesi. Walaupun profesi ini belum diakui negara. Blogger dikatakan sebagai sebuah profesi karena sudah banyak orang yang menekuninya dan menghasilkan uang dari situ.

Ngeblog (istilah orang yang melakukan blogging) merupakan wadah bagi orang yang suka menulis. Karena kekuatan blogging itu adalah pada tulisannya.

Seorang blogger tidak cukup hanya menulis saja, melainkan juga harus menyiapkan konten tulisan yang bagus dan menarik. kalau hanya menulis sembarang ada kemungkinan konten tidak banyak yang membaca atau pengunjung sepi. Padahal tujuan menulis itu supaya banyak orang yang membaca.

Maka dari itu untuk menulis artikel diperlukan juga riset konten terlebih dahulu. Supaya nanti kalau membuat artikel tidak sia-sia karena tidak ada yang membacanya.

Di dalam dunia blogger ada istilah yang namanya Search Engine Optimazation (SEO). SEO ini merupakan sebuah langkah-langkah optimasi sebuah blog supaya artikel yang dibuat bisa rangking teratas atau masuk halaman utama pada saat seseorang mengetikkan kata kunci.

5 Tools Penting untuk Blogger

1. Typoonline

Sebagai seorang penulis, tentunya tidak ingin ada kata yang salah penulisan atau yang biasa disebut typo. Penulis pastinya ingin tulisannya sempurna untuk dibaca. Supaya tidak ada tujuan dan maksud yang salah tafsir.

Untuk itu apabila setelah menulis sebaiknya baca ulang artikel yang anda buat sebelum di publish. Supaya nanti bisa merasakan apakah kata atau kalimat sudah sesuai dan enak dibaca. Sehingga apabila ada kata yang salah atau tidak sesuai bisa diperbaiki kembali. Kalau tulisan pendek mungkin mudah mengoreksi katanya, tapi kalau tulisannya panjang 1000 kata atau lebih tentunya bisa menguras tenaga. Walaupun itu sebenarnya memang tugas yang harus dilakukan sebagai seorang blogger.

Namun jaman sudah berubah dan  Salah satu cara untuk meminimalisir kekeliruan atau typo kata tidak perlu seribet dulu. Karena sekarang sudah ada bantuan untuk mengecek typo. Tidak perlu menginstal aplikasi yang malah memberatkan perangkat anda, cukup dengan menggunakan website gratis.
tools blogger
Silahkan mengunjungi typoonline. Silahkan masukan kalimat yang anda tulis. Nanti disitu secara otomatis akan dicek apakah ada kata yang typo atau tidak. Apabila terdapat kata yang typo biasanya katanya akan ditandai dengan warna merah. Sehingga lebih mudah mengoreksinya tanpa perlu membaca dari awal. Kemudian apabila sudah dibenahi nanti kata tersebut akan berubah warna menjadi hitam yang artinya sudah sesuai.

2. SERP Snippet Simulator

tools blogger
SERP Snippet Simulator ini biasa saya gunakan untuk membuat gambaran bagaimana nanti apabila artikel yang dibuat muncul di halaman pencarian. Biasanya yang muncul dalam halaman pencarian itu ada judul, link url, dan deskripsi singkat yang dibuat. Jadi kita bisa mengukur apakah judul yang kita buat enak dilihat dan menarik pada mesin pencari atau tidak. Kemudian yang terpeting meta deskripsi yang akan termuat nanti seperti apa dan hal itu yang perlu kita pikirkan untuk membantu ranking artikel.

3. Tool riset keyword

Hal yang paling krusial dalam dunia blogging adalah kata kunci atau keyword. Karena dengan keyword inilah orang akan datang membaca artikel. Keyword ini juga berfungsi untuk menentukan ranking artikel di search engine. 

Dengan keyword ini juga target pengunjung anda bisa ditentukan. Apakah mau mengincar pengunjung wanita, pria, anak-anak dan lain-lain.

Masing-masing blogger punya senjata khusus untuk melakukan riset kata kunci. Ada banya tool untuk riset keyword seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, keywordtool.io, Google trends, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Ada yang gratis dan ada juga yang harus bayar untuk menggunakannya.

Google keyword planner merupakan alat gratis yang diberikan Google untuk membantu melakukan riset kata kunci. Namun sekarang jumlah search volume keyword tidak spesifik, melainkan menggunakan range angka. Tapi setidaknya itu masih bisa membantu daripada tidak sama sekali.

Selain itu buat yang bingung dan pemula bisa menggunakan Google suggest. Google suggest merupakan alat sederhana dan paling mudah untuk mencari keyword. Google suggest ini yaitu ketika anda mengetikkan sesuatu di Google akan muncul rekomendasi keyword lain yang masih sesuai. Tampilannya seperti dibawah ini. 

tools blogger

Kemudian juga bisa memanfaatkan pencarian yang masih berhubungan. Related searches ini biasanya muncul di halaman terbawah setelah artikel.
tools blogger


4. Google analytics

Tool Google analytic biasa digunakan oleh blogger untuk memantau pengunjung blog. Selain juga berfungsi sebagi berikut:
  • Jumlah pengunjung blog dalam kurun waktu tertentu
  • Melihat halaman yang sering dikunjungi
  • Mengetahui sumber trafik berasal darimana saja.
  • Mengetahui jenis perangkat yang sering digunakan pengunjung.
  • Melihat negara mana saja yang datang ke blog anda.

5. Google search console

Tools ini bisa dibilang wajib bagi seorang blogger. Terutama yang menargetkan peringkat di Google. Dari Google search console atau biasa disingkat GSC anda dapat melihat peforma blog.

Selain itu apabila di dalam blog terdapat error, biasanya di GSC akan memberika informasi. Sehingga kita bisa memperbaikinya dan blog tidak mengalami penurunan peringkat di mesin pencari.

Di GSC anda juga bisa inspeksi url artikel supaya mesin pencari segera mengcrawling artikel yang anda buat. Alat ini wajib untuk dipelajari supaya optimasi blog tetap terjaga.

6. Canva

Blog tidak hanya menampilkan tulisan saja. Artikel yang menarik itu bukan artikel yang berisi tulisan full. Justru itu dapat membuat bosan pengunjung. 

Ada baiknya ditambah dengan gambar-gambar supaya lebih menarik dan enak dilihat. Jadi mata tidak lelah hanya melihat tulisan. Data-data yang dibuat dengan gambar juga bisa menambah value dari sebuah konten.

Blogger juga harus memiliki kemampuan dalam hal editing gambar atau foto. Walaupun tidak perlu mahir, yang terpenting tahu dikit saja sudah cukup.

Enaknya, sekarang sudah ada website yang memberikan fasilitas untuk mengedit gambar. Jadi anda tidak perlu repot-repot belajar software editing yang rumit. Nama websitenya yaitu canva. Website ini menyediakan berbagai macam desain seperti banner Youtube, feed Instagram, undangan pernikahan, CV, dan masih banyak lagi. Banyak template yang bisa digunakan baik gratis maupun yang berbayar.

7. Google drive

Google drive ini sebenarnya tergantung dari masing-masing orang. Tidak ada hubungan langsung dengan blog.

Tapi aku biasanya menggunakan Google drive untuk backup artikel, baik artikel yang sudah publish maupun artikel yang masih dalam draf. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila misalnya tidak sengaja menghapus artikel di laptop maupun di blog, setidaknya masih ada di drive.

Google drive juga saya gunakan untuk menyimpan foto dan gambar yang nantinya digunakan untuk kebutuhan artikel blog. Sehingga nanti bisa lebih mudah mencari gambarnya karena sudah saya kelompokkan. 

Saya juga biasa menggunakan Google drive untuk menulis artikel. Karena di Gdrive terdapat fitur Google documents. Kita bisa bisa menulis disitu dan menyimpannya secara cloud di akun Google drive tersebut. Keuntungan menulis di google documents adalah kita bisa setiap saat membuat file tersebut melalui perangkat apapun. Sehingga kita bisa menulis atau melanjutkan tulisan dimanapun asalkan ada koneksi internet