Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Unsur Dasar Manusia yang Harus Dimiliki

Unsur Dasar Manusi

Ada unsur dasar manusia yang harus dimiliki setiap orang. Kalau anda memiliki empat unsur ini, berarti anda sudah sukses menjadi manusia. Unsur tersebut yaitu simpati, rasa malu, rendah hati dan rasa benar salah. Keempat unsur ini yang akan menjadikan kehidupan harmonis. Pertengkaran tidak akan terjadi jika semua manusia memiliki keempat unsur tersebut.

4 Unsur Dasar Manusia

Milikilah keempat unsur dasar manusia ini. Tingkatkan dan jadilah manusia yang lebih baik lagi. Adapun keempat unsur dasar manusia yang wajib dimiliki yaitu:

1. Simpati

Ini merupakan sifat khas dari manusia. Simpati merupakan rasa saling menyayangi sesama manusia. Setiap orang pasti memiliki rasa simpati. Walaupun orang tersebut terlihat cuek atau tidak peduli, pasti ada di sisi dalam dirinya rasa simpati. 

Misalnya ada saudara yang sakit atau susah turut bersimpati atas musibah yang diterimanya. Lebih baik lagi ikut membantu dan menolongnya. Rasa simpati hanya dimiliki oleh manusia. Hewan tidak bisa bersimpati layaknya manusia. Makanya kalau ada manusia yang kehilangan rasa simpati derajatnya turun. Kasarnya yaitu sama seperti hewan.

Untuk menerapkan simpati ini biasanya dengan cara memposisikan diri anda di posisi orang lain. Sehingga anda dapat merasakan apa yang dirasakan orang yang sedang terkena musibah tersebut. Misalnya orang tersebut sedang putus cinta lalu galau, kita mencoba merasakan di posisi perasaannya pada saat itu. Sehingga rasa simpati akan muncul.

2. Rasa malu

Ciri utama dari manusia yaitu memiliki rasa malu. Manusia yang masih waras pasti punya rasa malu. Malu untuk melakukan hal-hal yang jelek. Sehingga terdorong untuk melakukan hal-hal yang bagus.

Malu ini nanti menjadi dasar lahirnya kebenaran dan keadilan. Kalau orang malu berbuat salah dan jahat, maka akan melahirkan kebenaran. Malu kalau ketahuan menyakiti orang lain. Kalau rasa malu hilang, akan sangat berbahaya. Nantinya orang tersebut akan melakukan berbagai tindakan buruk yang merugikan orang lain. Dengan memiliki rasa malu ini bisa menjadi filter untuk tidak melakukan hal-hal tersebut.

3. Rendah hati

Rendah hati ini merupakan sumbernya moralitas. Lawannya rendah hati adalah sombong. Jadi kalau kita tidak memiliki kerendahan hati ada kecenderungan untuk sombong. Dan sombong inilah yang menyebabkan terjadinya konflik atau masalah. Membuat orang tidak mau mengalah dan ingin terus menang sendiri. 

4. Rasa benar dan salah

Salah satu yang ada pada diri manusia adalah kemampuan untuk mengidentifikasi yang benar atau salah. Kemampuan untuk memilih yang benar dan menghindari yang salah. Itulah sifat dasar manusia. Sehingga, apabila ada orang yang nyaman dengan kesalahan yang dilakukan sebaiknya melakukan introspeksi diri.

Memang kita sebagai manusia kadang melakukan kesalahan. Tapi jangan sampai kita kehilangan rasa bersalah. Ketika kehilangan rasa bersalah membuat hidup bermasalah.

Sehingga biasanya orang kalau bohong sekali akan merasa sangat bersalah. Ketika bohong dua kali rasa bersalahnya hilang. Hingga bohong yang kesekian kali membuat orang tidak merasa bersalah. Dan ini sangat berbahaya. Karena ada kecenderungan untuk kehilangan komponen dasar manusia. 


Demikian unsur dasar manusia yang seharusnya ada pada diri anda. Kalau unsur tersebut tidak ada, akan terjadi kekacauan dalam kehidupan. Sehingga segera introspeksi diri, bila ada salah satu dari unsur dasar manusia diatas yang hilang. Sehingga perpecahan tidak terjadi dan terciptanya keharmonisan. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.