Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Hp Infinix dan Hp Lainnya

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

patahseamangat.web.id - Jika kamu beli sebuah handphone baru otomatis ketika anda menggunakannya akan ada beberapa aplikasi yang sudah terpasang dalam handphone anda. Itulah yang disebut aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan ini akan ada secara otomatis untuk mendukung kinerja handphone anda. Atau aplikasi tersebut sudah bekerjasama dengan sebuah merek handphone.

Terkadang aplikasi bawaan handphone ada yang tidak gunakan. Dan kurang berfungsi. Dengan aplikasi bawaan tersebut ruang penyimpanan dan RAM akan berkurang. Akibatnya kita tidak bisa menginstal banyak aplikasi yang kita inginkan.

Maka dari jalan keluarnya adalah menghapus aplikasi bawaan handphone yang tidak terlalu berfungsi. Dengan begitu tempat penyimpanan akan sedikit longgar dan lebih ringkas.

Banyak sekali orang yang mencari cara untuk menghapus aplikasi bawaan. Karena aplikasi tersebut memang tidak bisa sembarangan dihapus seperti aplikasi lain yang kita download sendiri. Harus ada ritual-ritual khusus untuk menghapusnya.

Buat kamu yang sudah muter-muter atau kebingungan menghapus aplikasi bawaan handphone. Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya menghapus aplikasi tersebut. Baiklah langsung saja ke tutorialnya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Handphone

Kamu harus menyimaknya dengan teliti dan jangan sampai anda salah langkah. Karena hal tersebut bisa berakibat fatal untuk anda kedepannya. Maka dari itu jangan sembarangan. Simak baik-baik.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Langkahnya adalah pergi ke menu Settings. Lalu pilih menu Aplikasi. Jika sudah anda bisa memilih mana aplikasi yang tidak anda sukai atau tidak anda inginkan. Setelah anda memilih salah satu aplikasi nanti akan muncul lagi beberapa pilihan. Anda bisa memilih disable jika anda tidak suka dengan aplikasinya.

Sebenarnya cara itu bukan benar-benar menghapus. Cara tersebut hanya bertugas menonaktifkan aplikasi dalam handphone anda. Sehingga pemakaian RAM bisa sedikit berkurang.

Jika anda ingin mengaktifkan kembali aplikasi yang anda nonaktifkan juga mudah. Anda tinggal ulangi langkah diatas namun di tahap terakhir anda pilih menu enable. Dengan begitu aplikasi tersebut akan berfungsi kembali di handphone anda.

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan anda bisa menggunakan bantuan sebuah aplikasi. Nanti aplikasi tersebut mampu menghapus aplikasi yang ada di handphone anda. Cara ini menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sebuah aplikasi yang memang dibuat untuk membersihkan file atau aplikasi yang terkadang tidak bisa dilakukan secara langsung.

Untuk menghapus aplikasi bawaan menggunakan bantuan aplikasi, pertama anda harus instal aplikasi yang bernama CCleaner. CCleaner merupakan aplikasi pembersih yang banyak digunakan di handphone. Termasuk saya juga yang menggunakannya. Kemudian buka aplikasi tersebut dan pilih menu App Manager. Nanti akan muncul beberapa menu lagi anda pilih saja Tab System. Kemudian akan muncul semua aplikasi yang anda gunakan. Anda bisa mencari aplikasi mana yang tidak anda inginkan ada di handphone anda. Dan anda bisa langsung meng-uninstalnya.

3. Dengan Melakukan Root

Untuk cara ketika yaitu dengan cara melakukan root pada hp yang ingin dihapus aplikasi bawaannya. Dengan begitu kita bisa mengakses penuh kendali handphone. Namun, cara ini juga memiliki resiko apabila pengetahuan tentang root yang anda miliki sangat minim.

Untuk melakukan root anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang ada di Playstore. Yang populer dan juga pernah saya gunakan adalah menggunakan aplikasi King Root atau SuperSU. Kedua aplikasi tersebut sangat baik untuk melakukan root.

Tapi saran saya sebaiknya anda mencari tutorial root dulu yang sesuai dengan merek handphone anda. Dengan begitu anda bisa yakin karena sudah ada yang berhasil. Karena tidak semua root itu akan berhasil. Ada teman saya yang gagal root dan handphone kemudian bootloop. Jadi melakukan root juga beresiko. Jadi hati-hatilah.

Apabila hp sudah di root, anda bisa dengan mudah menghapus berbagai aplikasi yang ada tanpa kesulitan. Karena ketika hp dalam keadaan root, itu berarti kendali sudah ada di tangan anda.


Untuk tutorialnya anda harus mendownload sebuah aplikasi khusus untuk menghapus aplikasi bawaan. Namanya adalah System App Remover. Perlu diperhatikan, untuk menjalakan aplikasi System App Remover syaratnya hp sudah dalam keadaan root.

Setelah terinstal anda bisa langsung membukanya dan pilih menu Grant. Kemudian pilih aplikasi di hp yang ingin anda hapus. Kemudian anda tinggal klik tombol uninstal. Dan aplikasi tersebut akan lenyap dari handphoe anda.