Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Bisnis Mahasiswa yang Tidak Ingin Melamar Kerja

Ide Bisnis Mahasiswa

Mayoritas tujuan orang kuliah adalah supaya mudah mendapatkan pekerjaan. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikan yang dijalani merupakan impian mahasiswa. Namun kehidupan ini keras, tidak ada yang dapat memastikan kedepannya seperti apa.

Lapangan kerja juga terbatas. Sehingga tak jarang kita menemui ada lulusan yang bekerja jauh dari bidangnya. Karena memang terbatasnya lowongan pekerjaan yang sesuai jurusannya. Sedangkan jumlah mahasiswa yang lulus selalu bertambah. Sehingga tidak sebanding.

Apalagi ketika lulus kuliah merupakan masa-masa perjuangan yang sesungguhnya. Lulus kuliah juga menjadi masa yang penuh kebimbangan. Harus kemanakah hidup ini selanjutnya? Apakah melamar ke banyak perusahaan, walaupun tidak sesuai dengan bidang pendidikan. Atau merintis usaha bisnis dari nol yang tidak tahu kedepannya berhasil atau tidak. 

Mahasiswa harus memutar otak supaya karirnya setalah lulus bisa bagus. Salah satu langkah yang bisa dipilih adalah dengan membangun sebuah bisnis usaha. Menumbuhkan jiwa entrepreneur dalam diri. Sehingga mahasiswa yang baru lulus tidak kebingungan mencari kerja. Justru ada kemungkinan juga bisa membukan lapangan pekerjaan sendiri.

5 Ide Bisnis Mahasiswa

Buat mahasiswa yang baru lulus dan bingung harus bagaimana, ini ada inspirasi bisnis yang bisa dicoba. Bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal. Cukup menggunakan keterampilan yang dimiliki dan waktu. Karena di era saat ini kegiatan yang dulunya tidak sangka menghasilkan, malah sekarang banyak yang kaya dari situ. Banyak pekerjaan yang dulunya tidak ada sekarang menjadi ada. Berikut adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang bingung baru lulus.

1. Jualan Online

Jual-beli secara online menjadi sebuah kebiasaan yang saat ini dirasa wajar. Pertumbuhan transaksi di e-commerce selalu meningkat. Faktor kemudahan yang diberikan membuat orang lebih memilih beli barang secara online. Kita bisa lebih leluasa melihat dan memilih barang di banyak toko dalam satu platform. Sehingga lebih mudah daripada harus pergi ke berbagai toko untuk mencari yang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.

Kebiasaan jual-beli secara online itu bisa menjadi peluang untuk terjun sebagai penjual. Saya rasa semua orang bisa berjualan. Apalagi dengan sistem online yang tidak ada proses tawar menawar. Sehingga lebih memudahkan penjual.

Banyak platform yang bisa digunakan untuk berjualan online. Mulai dari media sosial hingga e-commerce. Saat ini paling enak berjualan di e-commerce karena calon pembeli sudah terkumpul disitu.

Berjualan online saat ini juga da yang tidak perlu stok barang. Cukup memasang gambar produk, lalu kalau ada yang membeli tinggal kita membeli barangnya ke penyuplai dengan harga yang lebih murah. Metode tersebut dinamakan dropship. Sistem dropship memudahkan orang untuk menjadi penjual produk secara online. Untuk lebih detailnya anda bisa mempelajari lebih dalam tentang dropship.

2.  Content Creator

Dunia perkontenan menarik untuk dijajaki. Butuh orang-orang yang kreatif dan menarik untuk membuat sebuah konten. Ada banyak variasi konten baik yang berbentuk video, tulisan, dan gambar.

a. Gambar

Gambar merupakan karya yang bisa dengan mudah untuk dijual. Asalkan memiliki keunikan dan menarik. Gambar digital adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang. Bagi yang hobi menggambar, bisa mencoba untuk menggeluti dunia ini. Banyak platform baik dari dalam maupun luar negeri untuk menjual sebuah gambar digital.

Apalagi sekarang sedang ramai tentang Non-Fungible Token (NFT), yang membuat gambar dihargai dengan cryptocurrency. Tentunya harga lebih tinggi. Bahkan terkadang diluar yang kita sangka.

Selain itu, anda juga bisa menjual jasa untuk mendesain logo atau gambar tertentu. Karena banyak orang yang butuh gambar atau desain. Misalnya desain undangan pernikahan, membuat desain logo, kaos, cv, dan masih banyak lagi di bidang-bidang lain yang membutuhkan jasa desain. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan dari menggambar.

b. Tulisan

Buat yang hobi menulis, hasil tulisan yang anda buat bisa dikomersilkan. Mulai dari puisi, cerita pendek, dan menulis artikel. Hasil karya puisi dan cerpen bisa anda kirim ke website-website yang memang khusus untuk karya tersebut. Anda akan mendapat imbalan ketika tulisan diterima atau berdasarkan jumlah view.

Menjadi content writer juga bisa menjadi pilihan karir untuk ditekuni. Biasanya, memulai karir menjadi seorang blogger hingga menjadi content creator. Blog bisa menjadi tempat untuk membangun potofolio. Bahkan anda bisa menghasilkan dari blog sendiri dengan memasang iklan dan dari content placement. Ada banyak cara mendpatkan uang dari keterampilan menulis. Tinggal kita pintar-pintar mencari peluang dan kreatifitas.

c. Video

Membuat video saat ini merupakan suatu yang biasa. Tidak seperti dulu yang cukup eksklusif. Kalau tidak punya kamera dan laptop yang spesifikasi tinggi tidak bisa membuat video yang bagus. Sekarang cukup menggunakan hp bisa menghasilkan sebuah video yang menarik. Kamera hp sekarang sudah bagus dan canggih. Sehingga bisa menghasilkan kualitas video yang jernih. Kemudian, untuk proses editing juga bisa dilakukan di hp. Banyak aplikasi editing video di hp yang kemampuannya tidak kalah keren dengan software yang ada di pc atau laptop.

Platform berbagi video juga sudah sangat banyak. Ada Youtube, TikTok, dan Instagram yang cukup populer saat ini. Anda bisa menghasilkan uang dari iklan yang dimonetisasi. Selain itu, juga bisa dari endorse produk-produk. Kalau anda memiliki kemampuan editing, saat ini banyak orang yang butuh jasa video maker. Tidak ada salahnya untuk mencoba dunia videografi.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menekuni dunia content creator. Karena sesuatu yang dekat dengan anda bisa dijadikan konten. Sedangkan anda bisa menjadi kreatornya.

3. Copywriting

Copywriting merupakan sebuah teknik menjual menggunakan tulisan. Dibutuhkan kemampuan yang mampu memikat orang untuk membeli sebuah produk tertentu. Kemampuan ini banyak dicari saat ini. Karena semakin berkembangnya jual-beli secara online. Membuat penawaran juga berubah. Sehingga membutuhkan kata yang memikat untuk menawarkan produk.

Perbedaan antara copywriting dan content creator adalah tujuannya. Content writer tujuan utamanya memberikan sebuah informasi tentang sesuatu. Sedangkan copywriting lebih spesifik ke artikel persuasif. Mengajak pembaca untuk mengajak atau membeli sesuatu apabila sedang menjual produk.

4. Membuka kursus

Sebagai orang yang telah menempuh pendidikan tinggi, tentunya memiliki pengalaman belajar. Anda bisa menggunakan pengetahuan anda untuk membantu pelajar melalui kursus. Di lingkungan sekitar anda pasti ada pelajar yang bisa anda bantu.

Sebenarnya tidak harus pelajaran sekolah. Kalau anda memiliki kemampuan lain yang bisa anda ajarkan, itu bisa menjadi modal anda.

5. Coding

Di zaman yang perkembangan teknologinya sangat pesat, keterampilan coding juga semakin banyak dibutuhkan. Mulai dari membangun web dan sebuah aplikasi. Dibutuhkan orang yang bisa coding untuk membuat sebua web atau aplikasi yang menarik.

Keterampilan coding bisa dipelajari oleh semua orang. Tidak hanya lulusan  IT saja yang bisa melakukan coding. Yang tidak kuliah IT juga memiliki kesempatan untuk menguasainya.

Anda bisa menjual kemampuan coding anda dengan menawarkan jasa di situs-situs freelance. Banyak orang yang membutuhkan jasa coding untuk membuat website atau aplikasi. Sehingga ini menjadi kesempatan untuk meraih uang dari kemampuan coding.

Baca juga: Daftar Website Upload File Dapat Dollar

Kesimpulan

Bekerja atau berbisnis merupakan pilihan masing-masing mahasiswa yang telah lulus. Tidak ada yang salah dengan keduanya. Masing-masing orang memiliki tujuan dan impian yang berbeda-beda.

Setidaknya itu ada 5 referensi ide bisnis buat mahasiswa yang tidak ingin bekerja di suatu perusahaan. Ingin memulai usaha sendiri untuk membangun karir. Perlu diingat, bahwa itu semua butuh proses dan konsistensi. Tidak ada pekerjaan yang mudah. Semua butuh perjuangan dan pengorbanan. Kuncinya hanya satu yaitu jangan menyerah.