Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Berbisnis Online

bisnis online

Bisnis online - Di era yang serba online seperti sekarang, rasanya sudah tidak asing lagi mendengarkan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan secara online. Karena memang digitalisasi terus mengalami peningkatan.

Salah satu bisnis online yang kini semakin marak digemari banyak orang. Bahkan tidak hanya individu, perusahaan besar juga sudah melakukan digitalisasi dengan terjun ke dunia online. Untuk itu, alangkah baiknya kita tidak hanya terdiam hanya sebagai penikmat. Banyak peluang yang terbuka dengan adanya bisnis online.

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu apa itu “bisnis online”?

Bisnis online merupakan bisnis/aktifitas/usaha untuk mendapatkan keuntungan yang berupa transaksi melalui media internet. Bisnis online bukan merupakan cara cepat kaya. Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis online adalah bisnis cepat kaya. Tentunya itu pemahaman yang salah.

Pemahaman bahwa bisnis online adalah cara cepat kaya membuat mereka menggebu-gebu diawal namun setelah beberapa bulan memutuskan berhenti karena belum mendapatkan hasil. Padahal bisnis online itu juga butuh waktu seperti bisnis pada umumnya. Namun karena mindset yang salah, sehingga membuat orang cepat menyerah.

Artikel ini ditujukan bagi anda yang baru mengenal bisnis online, pemula dalam bisnis online, dan yang belum tahu tentang bisnis online. Artikel ini tidak ditujukan untuk anda yang sudah ahli dalam bisnis online, kecuali jika anda hanya ingin membaca-baca saja. Tujuan saya menulis tentang kelebihan bisnis online adalah untuk memotivasi orang agar tidak ragu dalam terjun ke bisnis online.

Perlu anda ketahui!
Bisnis online semakin hari semakin berkembang pesat. Sudah tak terhitung lagi berapa orang yang menjalankan bisnis online, karena saking banyaknya. Tidak hanya personal melainkan juga perusahaan-perusahaan besar yang sebelumnya offline kini merambah ke dunia online. Adanya marketplace membuat bisnis online semakin berkembang dan dimanfaatkan banyak orang untuk menjual apapun.

Jika berbicara tentang dunia online, pasti tidak akan lepas dari yang namanya internet. Karena apapun yang berkaitan dengan dunia online pasti membutuhkan internet. Internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi banyak orang. Tidak terkecuali masyarakat di Indonesia, pengguna internet di Indonesia tergolong sangat banyak. Alasan itulah yang membuat para pelaku bisnis memasarkan produknya melalui internet.

Sama seperti bisnis offline, bisnis online juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika di dalam bisnis offline yang jadi kekurangannya salah satunya adalah jangkauan pemasarannya yang terbatas. Dalam bisnis online juga pasti ada kekurangannya. Tapi saya tidak akan membahas kekurangannya, saya akan fokus membahas kelebihannya saja. Kenapa saya tidak membahas kekurangannya?

Karena saya tidak suka dengan kekurangan. Kekurangan yang akan menghambat kita untuk melakukan sesuatu dan kehilangan optimisme. Jadi, jika ingin melakukan sesuatu jangan melihat kekurangannya. Lakukan saja terlebih dahulu, lalu perbaiki kemudian. Salah satu penghambat orang sukses adalah tidak berani memulainya.

5 Alasan Berbisnis Online

Baiklah mari simak tentang 5 alasan yang perlu dikatahui ketika bisnis online adalah sebagai berikut.

Biaya murah

Untuk berbisnis online anda tak perlu banyak biaya. Jika dalam bisnis offline anda harus menyewa atau membeli tempat untuk lapak jualan yang biayanya berjuta-juta. Dalam bisnis online anda tidak perlu. Anda hanya perlu membuat website lalu memajang produk anda. Atau juga bisa dipromosikan melalui media sosial. Yang tentu tidak perlu biaya yang mahal, hanya butuh untuk beli paket internet. Anda bisa menghemat biaya bisnis anda.

Jangkauan pasar luas

Jika dalam bisnis offline anda hanya dapat memasarkan produk anda dalam wilayah tertentu. Berbeda dengan bisnis online. Anda bisa memasarkannya lebih luas, bahkan tidak menutup kemungkinan ke seluruh dunia. Ini serius, asalkan anda menguasai bahasa internasional. Mungkin itu tidak harus, karena sekarang sudah banyak teknologi yang bisa membantu untuk berinteraksi atau menerjemahkan bahasa.

Bisa lebih bebas

Maksudnya bebas adalah tidak terikat waktu dan tempat. Inilah yang paling saya sukai dalam bisnis online. Anda tidak harus bekerja mulai jam 7 hingga jam 5. Anda bisa bekerja kapan saja sesuai keinginan anda. Tentunya yang lebih giat pasti dapat keuntungan lebih. Sedangkan tempat, anda tidak perlu kantor. Anda bisa melakukannya dimana saja asalkan ada internetnya.  Cukup menggunakan hp sudah bisa memonitor atau bertransaksi. Pastinya semua orang saat ini sudah memiliki sebuah hp.

Tidak perlu ijazah tinggi

Siapapun bisa menjalankan bisnis online tanpa melihat jenjang pendidikan. Tidak perlu melihat background pendidikan orang. Bukan berarti jika ada orang yang hanya lulus SD tidak bisa berbisnis online. Semua itu tergantung usaha anda. Dalam bisnis online paling tidak harus bisa membaca dan menulis, cukup itu. Dan saya yakin semua orang yang membaca ini pasti sudah punya keterampilan itu. Jadi, untuk anda yang berpendidikan rendah tak usah putus asa.

Bisa langsung jadi bos

Bagi yang ingin menjadi bos, bisnis online adalah jalan yang tepat. Karena anda tidak perlu menjadi karyawan dulu melainkan bisa menjadi bos langsung. Anda akan mengelola semuanya sesuka anda. Dan itulah yang diinginkan semua orang, menjadi bos.

Nah itulah kelebihan-kelebihan dalam bisnis online. Apakah anda sudah tertarik dan akan menjadi pebisnis online?

Jika jawaban anda “YA” berarti anda sudah tepat. Tetapi jika jawaban anda “belum” berarti anda belum tepat. Apa alasan anda menjawab “belum”?

Memang ini akan terasa sulit diawal-awal menjalankannya. Namun jika anda konsisten pasti anda akan sukses. Sudah banyak saat ini orang yang terjun ke bisnis online. Jadi, jika anda menunda semakin sulit tingkat persaingan yang akan anda hadapi.


Ingat!
Bisnis online bukan merupakan cara cepat kaya. Butuh proses dan waktu untuk mencapai kesuksesan. Kuncinya adalah sabar dan konsisten.