Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Blogger Tidak Bisa Konsisten Nulis Artikel Blog Setiap Hari

Penyebab blogger tidak bisa konsisten nulis. Apakah kamu kesulitan membuat artikel rutin setiap hari di blog? Kamu bingung mencari penyebabnya ? Artikel ini bisa membuatmu sadar tentang penyebab tidak konsisten menulis artikel setiap hari di blog.

Tugas seorang blogger adalah memberikan informasi dan referensi melalui tulisan. Tulisan berupa artikel merupakan produk atau karya dari seorang blogger. blogger dan tulisan tidak dapat dipisahkan. Karena seorang blogger mendapatkan pengunjung blog melalui tulisan yang dibuatnya. Jika kamu memilih untuk menjadi blogger maka mau tidak mau kamu harus menulis. Tentunya menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Masalahnya, menulis itu buka suatu perkara mudah. Kalau menulis di status Facebook atau story Whatsapp mungkin mudah. Namun beda lagi ketika menulis di sebuah blog. Walaupun sebenarnya tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa jumlah kata dan kalimat yang dibuat. Tapi kalau melihat blog yang muncul di halaman utama mesin pencari pasti yang memiliki jumlah kata dan pembahasan yang lengkap.

Banyak blogger yang mengeluh tentang kesulitan untuk konsisten menulis. Sehingga mereka berhenti ditengah jalan. Menulis itu menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Menuangkan ide di otak dalam bentuk tulisan itu tidak mudah. Tidak segampang yang kita pikirkan sebelumnya. Namun, jika kamu terus berlatih untuk menulis, maka saya yakin yang tadinya sulit menjadi mudah.

Terkadang kita bersemangat ngeblog hanya di awal-awal saja. Menggebu-gebu di awal, setelah itu kehabisan bensi di tengah perjalanan. Lalu meninggalkan blognya karena sulit. Untuk itu kamu bisa baca penyebab blogger berhenti di tengah jalan. Supaya kamu bisa mengantisipasi permasalahan tersebut.

Inilah penyebab blogger tidak bisa nulis artikel setiap hari

Banyak faktor seorang blogger tidak bisa konsisten menulis di blognya. Untuk itu kali saya akan berbagi pengalaman tentang kesulitan konsisten upload artikel setiap hari. Apa saja yang menjadi penyebabnya? Kamu bisa menyimak penyebab-penyebabnya berikut ini.

1. Topik blog tidak sesuai dengan minat

Memang jika kita tidak memiliki minat di suatu bidang tertentu maka kita tidak menguasainya. Coba saja kamu bercerita ke teman tentang sesuatu hal yang tidak pernah kamu alami. Pastinya akan kesulitan untuk bercerita dan bisa jadi malah mengarang atau menipu.  Sama seperti halnya blogging, untuk memilih topik dan niche suatu blog yang baik itu sesuai dengan minat dan yang kamu kuasai. Dengan begitu kamu bisa lancar dalam membuat artikel. 

Kebanyakan dari blogger memaksa memilih niche yang nilai iklan dan pemasarannya besar dan bukan karena minat. Hal itu yang akan mempengaruhi dalam merawat blog. Jika kamu memilih niche yang tidak kamu minati itu lebih sulit. Seringkali kehabisan ide dan kesulitan mengembangkan tulisan. Ketika menulis dengan topik yang disenangi akan menjadi lebih mudah. Mencari referensinya juga tidak pernah merasa bosan. 

2. Tidak ada koneksi internet

Internet merupakan bagian penting bagi seorang blogger. Hanya dengan internet mereka bisa menghidupi blog mereka. Beruntunglah buat kamu yang menjadi blogger di kota besar karena koneksi internetnya cepat. Berbeda dengan blogger yang ada di daerah atau kampung seperti saya. Koneksi internet memang ada, tapi kecepatannya itu yang buat kesal. Terkadang saya juga pernah ketiduran gara-gara menunggu loading internet yang tak kunjung selesai. Hal itu yang menjadi sedikit hambatan untuk menjadi blogger sukses. Karena mayoritas referensi tulisan itu berasal dari internet. Intinya koneksi internet akan berpengaruh dengan update artikel di suatu blog.

3. Malas

Lawan yang paling berat di semua hal termasuk dalam blogging adalah rasa malas. Rasa ini akan selalu ada dimana-mana. Bahkan bisa muncul secara tiba-tiba. Malas merupakan pengganggu kesuksesan. Untuk itu buat kamu yang ingin sukses terutama dalam bidang blogging adalah kamu harus melawan rasa malas. 

Malas menulis artikel merupakan penyakit yang sering dialami Blogger. Padahal kita ketahui bahwa konten adalah raja. Jadi, buat kamu yang ingin sukses menjadi blogger kamu harus melawan rasa malas dan terus memaksa untuk membuat artikel setiap hari. Jangan turuti rasa malas, tapi lawanlah rasa tersebut hingga kamu mampu mengalahkan rasa malas.

4. Fokus teralihkan 

Sulit fokus merupakan sebuah permasalahan bagi seorang Blogger. Awalnya ingin fokus menulis satu artikel. Kemudian pada saat pertengahan, ada gangguan fokus dari notifikasi hp, game, atau bahkan ingin menonton tayangan kesukaan di Youtube.

Gangguan fokus terhadap suatu hal yang tidak terlalu penting seringkali dialami. Sehingga mengganggu produktivitas yang sedang dijalani. Misalnya, setiap kali membuka internet, godaan untuk membuka sosmed atau berselancar di google sangat tinggi. Yang tadinya ingin menulis, justru waktu terbuang sia-sia hanya dengan membaca status teman di sosmed.

Hal itu sangat mengganggu dan merugikan seorang blogger. Untuk itu, kita perlu meminimalisir sesuatu yang seringkali mengganggu fokus ketika sedang menulis. Jauhkan hp pada saat menulis, supaya notifikasi yang ada di hp tidak menggoda kita. Bisa juga dengan cara menulis di Microsoft Word terlebih dahulu, ketika sudah selesai tinggal memindahkannya ke blog. Ini untuk meminimalisir supaya kita tidak membukan Google atau Youtube.

5. Sibuk urusan dunia nyata

Kebanyakan kegiatan blogging dilakukan seseorang hanya sebagai sampingan bukan sebagai pekerjaan utama. Jadi, wajar saja jika ada suatu blog terbengkalai. Karena memang itu hanya sebagai sampingan.

Memang sulit sekali jika kita harus fokus di dua hal antara dunia nyata dan dunia maya. Pikiran bisa terkuras habis dengan kedua hal yang berbeda tersebut. Lalu bagaimana cara untuk menyeimbangkannya? Jawaban terbaik dari pertanyaan tersebut adalah manajemen waktu. Kamu harus pandai membagi waktumu antara pekerjaan di dunia nyata dan blogging. 

Kamu harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin jika kamu ingin sukses. Misalnya jika kamu bekerja mulai dari pagi hingga sore kamu bisa menggunakan waktu malam untuk membuat sebuah artikel untuk diposting di blog. Atau jika kamu merasa lelah saat malam kamu bisa langsung istirahat dan pasang alaram untuk bangun pagi membuat artikel. Pagi hari memang enak sekali untuk menulis artikel. Karena otak masih fresh dan lelahpun juga hilang. Jadi bisa menulis artikel yang berkualitas. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menulis artikel secara konsisten.

Penutup

Baiklah itu tadi yang menjadi penyebab blogger tidak bisa konsisten mengupdate artikel setiap hari di blognya. Menurut kamu, apa yang menjadi penyebabmu tidak bisa konsisten update artikel?  Jadi, buat kamu yang masih kesulitan menulis artikel tiap hari, mungkin kamu bisa mengevaluasi penyebabnya dengan artikel ini. Buatlah motivasi diri untuk membuat artikel tiap hari. Mari mengupdate artikel setiap hari supaya bisa menjadi blogger yang mempunyai penghasilan besar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang membaca dan membagikannya.