Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Masalah Memori Handphone Penuh dan Menjadi Lemot

patahsemangat.web.id - Merawat handphone merupakan sebuah keharus bagi kita yang menggunakan hp sehari-hari. Memori handphone yang penuh merupakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh setiap pemilik handphone.

Namun bagaimana lagi kemampuan sebuah handphone itu juga batasnya. Jadi tidak bisa kamu paksakan. Ada saatnya memori penuh dan sebagai pemilik harus membersihkannya.

Keinginan orang untuk mendownload berbagai macam aplikasi atau file yang lain sangat tinggi. Mereka berusaha memiliki yang orang miliki dan memiliki yang belum banyak orang memilikinya.

Di zaman yang moderen ini memang mudah sekali untuk mendownload berbagai macam aplikasi yang bisa membantu mempermudah banyak orang. Kebanyakan dari mereka menggunakan handphone. Karena handphone merupakan benda yang mudah dibawa.

Banyak sekali aplikasi dan file-file yang menarik bertebaran di internet. Dan mereka yang membutuhkannya kan mencari dan mendownload ke dalam handphone.

Dengan kegiatan tersebut dengan tidak terasa memori handphone penuh dengan berbagai macam aplikasi yang diinstal dan file yang didownload.

Oleh karena itu banyak orang yang mencari solusi untuk mengakalinya. Tepat sekali, karena artikel kali ini saya akan memberikan anda tips dan trik untuk mengatasi masalah memori yang penuh. Untuk itu anda harus menyimaknya dengan baik.

Cara mengatasi memori handphone penuh

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Namun alangkah baiknya kamu mencobanya semua untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena cara ini tidak akan berhasil jika anda tidak melakukannya.

Ada 4 cara untuk meringankan memori handphone. Dan keempat cara tersebut bisa kamu lihat dibawah ini.

1. Menghapus Cache

Sebelumnya jika anda belum tahu apa itu cache saya akan menjelaskan sedikit. Cache merupakan memori sementara untuk mempercepat akses ke dalam aplikasi yang ada di Handphone.

Dengan cache tersebut anda bisa membuka aplikasi yang anda miliki dengan loading cepat. Jadi semakin banyak aplikasi yang kamu buka makin banyak pulsa cache yang akan digunakan dan itu akan berpengaruh terhadap kapasitas memori internal. Kemudian memori internal akan penuh dan handphone jadi lemot atau berat.

Nah, salah satu cara yang efektif adalah dengan menghapus cache. Efek menghapus cache ini akan membuat handphone anda menjadi lebih ringan daripada sebelumnya. Setelah cahce dihapus kapasitas memori handphone akan sedikit longgar dan handphone nyaman kembali.

Anda bisa menghapus cache tersebut secara manual dengan cara:
mengatasi memori handphone penuh
buka settings > application > kemudian pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus cachenya.

2. Menggunakan Bantuan Penyimpanan Cloud

mengatasi memori handphone penuh

Alternatif kedua untuk masalah memori handphone yang penuh adalah menggunakan layanan penyimpanan cloud. Jika anda tidak tahu cloud itu merupakan penyimpanan secara online.

Jadi file-file yang ada di handphone anda bisa dipindah ke layanan penyimpanan cloud. Di zaman sekarang ini memang sudah biasa menyimpan secara online.

Ada banyak sekali layanan Cloud salah satu dan yang paling populer adalah Google Drive. Kamu bisa menyimpan berbagai macam file seperti foto, video, dokumen dan lain-lain.

Dengan begitu memori handphone anda lebih longgar dan handphone bisa lebih lancar dalam beroperasi.

3. Rutin Menghapus Chat Sosmed

mengatasi memori handphone penuh

Siapa yang tidak suka chattingan?
Saya tebak pasti anda semua suka chattingan atau paling tidak pernah melakukannya. memang di zaman sekarang ini orang tidak bisa jauh-jauh dari sosmed terutama kaum muda.

Seringkali ketika kita sedang asyik chattingan dengan teman atau pacar kita tidak menghapus chat tersebut dan langsung keluar begitu saja. Harus anda ketahui ketika anda menumpuk dan tidak membersihkannya itu akan menyebabkan memori handphone anda penuh.

Untuk itu supaya memori tidak penuh sebaiknya anda selalu rutin untuk meng-clear chat tersebut. Sehingga meringankan memori dan tugas handphone.

4. Memindah File ke Memori Eksternal

Ini adalah jalan termudah yang bisa langsung dilakukan semua orang untuk mengatasi memori handphone yang penuh. Anda bisa langsung memindahkan file dari memori internal ke memori eksternal.

Namun anda juga harus menyiapkan memori eksternal yang berkapasitas besar untuk menampung banya file dari memori internal.

Itulah tadi daftar solusi untuk mengatasi memori handphone yang penuh dan menyebabkan lemot.


Bagaimana apakah anda sudah mencoba cara diatas?

Jika kamu sudah mencobanya pasti akan ada perubahan yang signifikan terhadap kinerja handphone anda. Paling tidak akan mengurangi lemot handphone saat digunakan.

Rawatlah handphone anda dengan baik dan pastikan jika ingin mendownload aplikasi atau file apapun lihat dulu spesifikasinya. Apakah handphone anda sesuai dengan spesifikasi file tersebut. Jika tidak sesuai saya sarankan jangan mendownloadnya karena itu akan membuat kinerja handphone anda berkurang.

Dan pastikan ruang penyimpanan anda tidak anda gunakan semuanya. Sisakan sedikit ruang untuk memaksimalkan kinerja handphone.

Demikian tadi informasi mengenai cara mengatasi masalah memori handphone yang penuh yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa juga untuk komen dibawah.