Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Mouse di Hp

Cara Menggunakan Mouse di Hp

patahsemangat.web.id - Pernahkah kamu iseng berpikiran menggunakan mouse di hp? mungkin sebagian orang menganggap hal ini aneh atau tidak berguna.

Tapi sebagai seorang kreator yang masih mengandalkan hp sebagai senjata utamanya, tentunya ini sangat berguna. Contohnya aku ini yang merasakan manfaatnya.

Jadi, aku biasa membuat tutorial di hp. Namun, ada kesulitan yang terjadi ketika sedang memberikan panduan tutorialnya.

Masalahnya kalau menggunakan layar sentuh hp, pada screen recorder tidak bisa terlihat aku sedang klik yang mana. Sehingga harus mengedit dengan memberikan tanda panah supaya orang lebih mudah. Tapi tentunya ini sedikit merepotkan buat aku yang gak mau ribet.

Sehingga aku mencoba mencari cara alternatif untuk masalah tersebut. Dan munculah pikiran, kalau di laptop itu akan kursornya, bisa dong di hp juga menggunakan kursor. Lalu aku mencobanya dan ternyata berhasil.

Cara menggunakan mouse di hp

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan mouse di hp.

1. Pastikan dulu kamu menggunakan hp Android atau smartphone. Karena cara ini tidak bisa digunakan di hp jadul sebelum Android.

2. Siapkan mouse jenis apapun dan kabel OTG untuk menghubungkan ke hp. Pastikan dahulu hp kamu sudah support kabel OTG.

3. Pasangkan mouse ke kabel OTG.

4. Tancapkan kabel OTG ke hp kamu.

5. Pada hp, buka menus settings/ pengaturan.

6. Di menu pengaturan, pilih menu perangkat yang terhubung. Mungkin di merek hp lain nama menunya berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikannya sendiri.
Menggunakan Mouse di Hp


7. Pastikan di bagian menu OTG sudah dinyalakan. Kalau belum, nyalakan terlebih dahulu. Hal ini sebagai ijin akses untuk kabel OTG.
Menggunakan Mouse di Hp


8. Selesai.

Dengan begitu anda sudah bisa menggunakan mouse di hp. Kursor akan muncul di layar layaknya sebuah laptop. Dan fungsi mouse sama seperti di laptop.

Mungkin kamu ada yang belum tahu kabel OTG seperti apa. Jadi, ketika kamu buka Google kamu akan melihat bentuk kabel OTG. Ada yang memiliki kabel dan ada juga yang tidak. Yang tidak memiliki kabel itu kepalanya jadi satu antara port untuk menancapkan ke hp dan port yang akan ditancapi oleh port usb.

Untuk info saja, aku menggunakan hp merek Infinix untuk melakukan cara diatas. Mungkin untuk merek lain ada bagian langkah yang berbeda. Misalnya seperti menu di pengaturan. Namun, apabila hp kamu Android dan sudah support OTG, aku yakin bisa melakukannya. Karena yang aku tahu, fitur di hp Android memang sudah mendukung untuk penggunakan kabel OTG. Sehingga tidak ada kesusahan lagi menggunakan mouse di hp.