Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print melalui Hp dengan mudah 100%

Cara Print melalui Hp

Sebagai seorang siswa, mahasiswa, ataupun pekerja, mencetak file atau print dokumen merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Apalagi seorang pelajar pasti sering disuruh print tugas-tugas yang diberikan guru atau dosen.

Sehingga aktivitas print file sudah tidak asing lagi. Bahkan bisa jadi salah satu kebutuhan untuk saat ini.

Pada waktu dulu aku sering bolak-balik ke warnet untuk print tugas-tugas. Karena memang pada waktu itu tempat print satu-satunya ya Cuma di warnet. Tempat-tempat untuk ngeprint belum seramai seperti saat ini. Karena sekarang sudah banyak sekali tempat yang melayani print file-file.

Apalagi dengan canggihnya smartphone yang memudahkan kehidupan. Banyak aktivitas yang terbantu dengan adanya smartphone. Fitur-fitur canggih yang dimiliki menjadi solusi dari masalah kompleks yang dihadapi manusia.

Bahkan sekarang hp juga bisa digunakan untuk print file atau dokumen. Kalau yang kita tahu sebelumnya, untuk ngeprint paling tidak dibutuhkan pc atau laptop yang dihubungkan ke printer. Namun sekarang bisa juga melalui handphone.

Smartphone yang kamu miliki saat ini bisa dengan mudah untuk mencetak dokumen. Jadi file yang berisi banyak lembaran bisa kamu print dengan menggunakan smartphone. Bahkan kamu juga bisa mengeditnya dengan aplikasi yang memang disediakan untuk mengedit file di hp.

Tentunya ini akan sangat memudah banyak orang dalam ngeprint. Tidak perlu ribet lagi memindahkan file menggunakan flashdisk. Atau harus bawa laptop yang lumayan besar dan berat. Cukup dengan menggunakan smartphone yang pastinya lebih simpel dan efektif.

Inilah solusinya dengan adanya teknologi yang bernama smartphone. Segala macam tugas bisa dilakukan didalamnya. Tidak hanya digunakan untuk telpon atau bermain sosial media. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan, mengerjakan tugas, mengedit, dan bahkan mencetaknya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk print menggunakan handphone?

Untuk print file menggunakan handphone bukan berarti hp mengeluarkan kertas yang berisi tulisan, tapi tetap membutuhkan perangkat lain. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu handphone, printer, kabel data.

Handphone bisa menggunakan apa saja. Tapi aku menggunakan tipe hp Android. Untuk printer bisa menggunakan merek apapun bisa Canon, HP, Fuji, Epson dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan kabel data itu hanya kondisional apabila printernya tidak memiliki fitur konektivitas selain menggunakan kabel data.

Tutorial Print Melalui Hp

Adapun langkah-langkah untuk print dari hp bisa kamu ikut sebagai berikut.

Langkah pertama print melalui hp

Siapkan hp Android yang sudah ada file untuk diprint. Pastikan juga hp sudah terinstal aplikasi PrinterShare Premium. Jika belum punya, kamu bisa download aplikasinya secara gratis di Playstore. Alasan kenapa menggunakan aplikasi PrinterShare Premium adalah karena aplikasi tersebut sudah mendukung berbagai  tipe printer yang ada di Indonesia.

Langkah kedua print melalui hp

Hubungkan hp dengan printer melalui aplikasi PrinterShare Premium. Di dalam aplikasi tersebut ada pilihan untuk menghubungkan ke printer menggunakan wifi, bluetooth, kabel USB, dan Google Cloud print. Silahkan pilih yang menggunakan kabel USB dengan memilih menu Direct USB Connected. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kabel USB sudah terhubung ke printer.

Langkah ketiga print melalui hp

Untuk pertama kali terhubung ke printer, biasanya akan muncul notifikasi untuk mendownload driver printer terlebih dahulu. Setelah itu, cari file yang akan dicetak atau di print lewat aplikasi PrinterShare Premium. Kamu bisa memilih opsi mau di print adalah ukuran berapa di menu options. Apabila sudah, tinggal menekan tombol print di pojok bawah.

Tutorial Print Melalui Hp dengan Wifi

Apabila menggunakan kabel data atau kabel USB dirasa ribet, ada cara lain yang lebih simpel yaitu menggunakan jaringan wifi. Untuk aplikasinya masih menggunakan aplikasi yang sama.

Cara yaitu nyalakan fitur wifi pada hp kamu. Kemudian pada aplikasi PrinterShare Premium, klik menus "Select" yang berada di pojok kanan bawah untuk memilih metode koneksi ke printer. Pilih sambungan menggunakan wifi dengan klik "Nearby Wifi". Tunggu hingga proses penyambungan selesai.

Setelah hp terhubung dengan printer, selanjutnya mencari file yang akan di print pada menu "Documents". Setelah itu kamu akan dibawa ke menu preview untuk melihat gambaran hasil dari print yang nanti dilakukan. Kamu bisa memilih ukuran kertas dan bentuk file yang ingin kamu cetak. Tahap terakhir yaitu mencetaknya dengan memilih menu "Print". Tunggu hingga proses print selesai.

Begitulah cara print melalui hp yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Kalau kamu terbiasa ngeprint menggunakan pc atau laptop, tentunya tidak akan mengalami kesulitan print melalui hp. Mungkin yang bagian membingungkan adalah pada saat penyambungannya. Karena memang banyak sekali metode penyambungan yang bisa kamu pakai.

Mencetak dokumen berbagai format bisa dengan mudah kamu lakukan melalui hp. Tidak perlu repot lagi harus bawa laptop. Lebih efektif dan efisien ketika menggunakan hp. Karena hp merupakan alat yang selalu dibawa setiap orang. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu bisa membaca artikel lain di patahsemangat.web.id.