Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketing 2022

cara sukses affiliate marketing

patahsemangat.web.id - Affiliate marketing memiliki konsep dasar yang sederhana. Anda cukup menjual memasarkan produk atau jasa orang lain dan akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan tersebut. Akan tetapi, dengan berkembangnya bisnis affiliate marketing yang luar biasa, tentunya semakin banyak orang yang terjun menjadi affiliate marketer. Sehingga persaingan antar affiliate marketer juga akan semakin sulit.

Tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Anda bisa mencoba menerapkan strategi yang ada disini supaya bisa sukses dalam menjalankan affiliate marketing.

Tentang Affiliate Marketing

Untuk melakukan bisnis affiliate marketing, anda tidak perlu menyediakan barang atau jasa untuk dijual. Karena anda hanya menjadi pemasar produk dan jasa dari orang lain. Tugas anda hanya memasarkan produk atau jasa tersebut hingga terjadi penjualan.

Media yang sering dipakai oleh para affiliate marketer untuk memasarkan produk atau jasa yaitu menggunakan blog, website, TikTok, bahkan menggunakan Youtube. Jadi, ketika anda sedang menjadi afiliasi sebuah produk, anda bisa melakukan branding di media-media tersebut.

Ketika ada orang yang membeli produk atau jasa melalui rekomendasi anda, maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesempatan yang telah dilakukan. Jadi, semakin banyak orang yang membeli, maka semakin besar komisi yang didapatkan.

Tips Sukses Affiliate Marketer

1. Memahami Produk

Hal pertama dan juga sangat penting ketikan menjalankan affiliate marketing adalah memahi produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Cari tahu sedetail mungkin tentang produk tersebut. Tujuan memahami produk adalah supaya nanti ketika ada orang yang menanyakan tentang produk tersebut, anda bisa menjawab dan meyakinkannya. Sehingga terjadilah selling. Jangan sampai ketika ditanya anda tidak bisa menjawab, sehingga membuat calon pembeli ragu dan tidak jadi membeli. 

Penguasaan informasi mengenai produk merupakan suatu hal yang sangat penting. Selain itu, memilih produk yang populer juga penting. Karena semakin populer produk atau jasa tersebut, akan semakin mudah juga untuk menemukan pembeli. Sehingga bisa mendapatkan komisi yang lebih banyak.

2. Membuat Konten yang Menarik

Konten adalah raja merupakan slogan yang sangat sering digunakan bagi affiliate marketer. Karena dengan konten inilah pengunjung akan datang dan melihat barang yang sedang dipasarkan. Konten yang berkualitas sangat diperlukan untuk jalur masuk calon pembeli.

Selain konten yang berkualitas, anda juga perlu membuat konten yang menarik. Nantinya konten tersebut ditaruh di website atau media sosial. Pastikan konten yang dibuat relevan dengan produk atau jasa yang sedang dipasarkan. Karena kalau tidak relevan akan sia-sia menjaring target pengunjungnya. Buatlah konten yang menjawab keresahan ada target market anda. Sehingga mereka bisa tertarik dengan solusi yang anda tawarkan.

3. Memahami Target Market

Mencari tahu target market diperlukan untuk menambah keefektifan dalam pamasaran. Sehingga bisa tahu ingin membuat konten yang sesuai dengan target market. Cari tahu permasalahan apa yang sering dihadapi dan berikan solusinya. Lakukan riset terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak tool untuk membantu riset target market.

4. Gunakan Teknik SEO

Buat para pemain website, Search Engine Optimazation (SEO) sangat penting untuk diterapkan. Gunanya untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari dan menjangkau audience. Cara ini sangat berpotensi karena kebanyakan orang saat ini apabila ingin membeli barang pasti riset di Google terlebih dahulu. Sehingga menempatkan konten kita di halaman utama mesin pencari merupakan hal yang harus diperjuangkan.

Anda harus menyadari bahwa di halaman utama itu tidak mudah untuk mencapainya. Butuh strategi untuk bersaing dengan website yang lain. Teknik SEO yang sering dipakai adalah dengan menentukan kata kunci utama dan kata kunci turunan dari suatu produk.

5. Optimalkan Media Sosial

Saat ini, banyak sekali media sosial yang bermunculan. Sebagian besar masyarakat juga memiliki aku media sosialnya. Sehingga sangat berpotensi sekali untuk mencari trafik dari media sosial. 

Pihak media sosial juga memberikan fasilitas orang untuk promosi. Kita pastinya sering mendengar istilah Facebook ads, Instagram ads, dan lain-lain. Fitur tersebut banyak dipakai orang untuk berpromosi dan mencari trafik. Tapi tentunya cara tersebut membutuhkan modal.

Bagi yang tidak ingin menggunakan modal, bisa dengan cara yang alami. Yaitu dengan membuat konten-konten yang menarik. Sehingga bisa menjangkau dan memikat banyak orang. Tentunya kalau dengan cara alami membutuhkan waktu yang lebih lam untuk membangun yang istilahnya disebut kolam.

6. Fokus Satu Niche

Memilih sebuah niche diperlukan supaya bisa lebih fokus dalam target market dan pembuatan kontennya. Sehingga nantinya juga lebih mudah memilih memilih program afiliasinya. Misalnya, website anda membahas seputar kesehatan, maka carilah afiliasi yang menjual produk-produk kesehatan.

Sebuah kesalahan fatal apabila produk yang anda pasarkan tidak sesuai dengan niche yang anda tekuni di website. Karena kemungkinan besar audience anda tidak tertarik dengan barang tersebut. Karena tidak sesuai dengan minatnya.

Dengan mendalami satu niche, ada kemungkinan juga dapat meningkatkan kredibilitas website. Sehingga audience lebih percaya terhadap informasi yang ada di website tersebut. Dan cara ini bisa membuat promosi produk lebih mudah.