Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Translate File PDF Bahasa Inggris Sekali Klik

Cara Translate File PDF Bahasa Inggris

Pernahkan kamu kesulitan membaca tulisan bahasa Inggris? Mungkin kesulitan ini tidak berlaku bagi yang bahsa Inggrisnya lancar. Namun untuk yang kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, hal ini menjadi suatu kendala tersendiri.

File-file berbahasa Inggris biasanya sering didapatkan para mahasiswa ketika mencari sebuah referensi literasi. Karena memang banyak referensi yang menggunakan bahasa Inggris. Sehinga mau tidak mau kita dituntut untuk membaca dan memahaminya.

Namun, di jaman yang sudah maju seperti saat ini, bukan menjadi masalah membaca dokumen yang berbahasa Inggris meskipun tidak bisa bahasa Inggris. Karena sekarang sudah banyak teknologi yang dimanfaatkan untuk membantu memudah orang mengatasi masalah tersebut.

Banyak tools untuk menerjamahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sehingga bagi orang yang tidak bisa memahami bahasa Inggris bisa lebih mudah memahami menggunakan bahasa Indonesia.

Sebagai seorang yang sering mendapatkan file pdf berbahasa Inggris, tentunya ingin segera memahami isinya. Kalau memang tidak terlalu paham bahasa Inggris, alangkah baiknya menggunakan tools bantuan untuk menerjamahkannya supaya tidak salah dalam memahaminya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menerjemahkan file pdf berbahasa Inggris. Misalnya translate secara online, menggunakan Microsoft Word, dan menggunakan Google drive.

3 Cara Menerjemahkan File PDF Bahasa Inggris

Berikut adalah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mentranslate dokumen berbahasa Inggris dengan mudah. Cukup melalui beberapa tahap tanpa kesulitan.

Translate Secara Online

Ada banyak situs yang bisa kamu manfaatkan untuk menerjemahkan dokumen kedalam bahasa Indonesia. Salah satunya menggunakan situs seperti berikut ini.
Cara Translate File PDF Bahasa Inggris


1. Silahkan menuju situs https://www.onlinedoctranslator.com/en/translationform

2. Upload file pdf berbahasa Inggris yang akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

3. Setelah selesai upload, situs akan mendeteksi bahasanya dan mau diterjemahkan ke bahasa lain yang kamu inginkan.

4. Silahkan klik tombol "Translate" untuk memulai proses terjemahannya.

5. Tunggu sebentar hingga proses translate selesai dengan sempurna.

6. Terakhir, kamu bisa melihat hasil translate dengan mendownloadnya.

Translate Menggunakan Microsoft Word

Untuk melakukan translate menggunakan Microsoft Word, pastikan terlebih dahulu format file docx atau doc. Karena kalau format file pdf tidak akan bisa dibuka di Word. Apabila file kamu masih pdf, sebaiknya convert dulu sesuai dengan format Microsoft Word. Bagi yang bingung cara convertnya, kamu bisa mengikuti tutorial yang pernah aku buat disini. 

Apabila format sudah sesuai dengan Microsoft Word, selanjutnya tinggal melakukan translate di Word. Untuk langkah-langkahnya bisa mengkuti sebagai berikut.
Cara Translate File PDF Bahasa Inggris

1. Buka software Microsoft Word. Untuk versinya terserah bisa menggunakan versi berapa saja.

2. Cari file yang akan diterjemahkan bahasanya.

3. Apabila sudah terbuka, silahkan ke tab Review > Translate > Translate Documents.

4. Setting bahasa yang akan diterjemahkan.

5. Kalau sudah silahkan klik OK. Jika ada menu muncul, silahkan pilih "Send". 


Translate Menggunakan Google Drive

Googe drive banyak diketahui sebagai media penyimpanan secara online. Tapi ternyata tidak hanya digunakan untuk menyimpan saja. Banyak kegunaan lain yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya yaitu untuk menerjemahkan file pdf yang didalamnya menggunakan bahasa asing. Sehingga bisa kita ubah ke dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk translate pdf menggunakan Google Drive.
Cara Translate File PDF Bahasa Inggris

1. Silahkan buka aku Google drive. Apabila belum punya, silahkan daftar menggunakan gmail.

2. Upload file pdf ke Google drive.

3. Klik kanan pada file pdf yang telah di upload > Buka dengan > Google dokumen.

4. Ketika sudah terbuka pada Google dokumen, selanjutnya pilih tab Alat > Terjemahkan dokumen.

5. Silahkan pilih bahasa terjemahannya. Ada banyak pilihan bahasa yang bisa kamu pilih, lalu klik Terjemahkan.

6. Seluruh isi file pdf tersebut akan diterjemahkan bahasanya.

Demikian tadi 3 cara untuk translate file pdf berbahasa Inggris. Kamu bisa mencoba yang menurutmu enak dan mudah. Sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa memahami bahasa Inggris. Karena sudah banyak teknologi yang bisa membantu.