Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 2 Hal yang Membuatmu Tidak Sukses

Tidak Sukses

patahsemangat.web.id - Setiap orang memiliki mimpi dan cita-cita. Ada pencapaian-pencapaian yang ingin diraih dalam hidup. Baik pencapaian jangka pendek maupun pencapaian jangka panjang.  Pencapaian tersebut merupakan tahap untuk menuju sebuah kesuksesan.

Apa Itu Sukses?

Kalau membicarakan tentang arti sukses, masing-masing individu punya pengertian sendiri. Ada yang memaknai kesuksesan keberhasilannya memiliki banyak cabang bisnis, ada yang menganggap dirinya sukses ketika berhasil membantu banyak orang, dan ada juga yang menganggap sukses dengan memiliki harta yang berlimpah.

Tidak ada yang salah dengan itu semua. Karena tidak ada parameter khusus mengenai kesuksesan. Salah kesamaan yang semua orang sepakan adalah kesuksesan itu harus diperjuangkan.

Karena kita menyadari bahwa kesuksesan tidak datang begitu saja. Melainkan harus ada usaha untuk meraihnya. Tidak mungkin ada orang menginginkan mie instan, tapi tidak mau ke warung untuk membelinya. Malah hanya berdiam diri di rumah sambil menghayal mie tersebut akan datang. Sampai kapan pun itu tidak akan terwujud, kecuali kamu bangun dan pergi ke warung untuk membelinya.

Namun, tidak semua yang kita inginkan bisa terwujud. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan. Tapi ini ada 2 hal yang sangat krusial dalam meraih mimpi untuk sukses. Yang menjadi faktor keberhasilanmu nanti.

Kenapa Orang Gagal Sukses?

Ada dua hal yang bisa membuat kamu gagal dalam meraih sebuah kesuksesan. Biasanya dua hal ini dialami oleh semua orang. Yang membuat kesuksesan semakin jauh untuk didapatkan. Berikut adalah 2 hal yang perlu kamu hindari jika ingin meraih mimpi.

Pertama, Tidak Mulai-mulai

Ini merupakan penyakit semua orang. Penyakit yang membuat orang tidak mendapatkan apa-apa. Memang memulai itu sulit, banyak pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan.

Masalahnya terlalu banyak rencana dan tidak segera memulai juga tidak bagus. Mulailah sekarang juga, jangan banyak alasan. Alasan bisa kamu buat ratusan kali.

Misalnya ingin membangun bisnis yang menghasilkan uang banyak. Tapi tidak segera mulai, hanya bermimpi saja. Mimpi itu tidak akan terwujud bila kita tidak segera bangun dan memulainya. Lakukan langkah pertama untuk meraih mimpimu. Ketika kamu memulainya, kamu akan menemukan pelajaran yang bisa membuatmu lebih dekat dengan mimpimu.

Sama halnya seperti seorang mahasiswa tingkat akhir yang memiliki rencana menyelesaikan skripsi secepatnya. Namun, setiap kali mau mengerjakannya selalu ada alasan seperti nonton Youtube, Instagram, dan terkadang nunggu mood yang enak. Seperti itu tidak akan selesai tepat waktu sesuai yang kamu inginkan. 

Melawan mood saja kamu kalah. Jangan membiasakan diri mengerjakan sesuatu karena mood. Kamu harus bisa merdeka dari itu semua. Mulailah saja dulu. Buka laptopmu, sehingga fokusmu bisa tertuju ke tugas-tugas.

Kedua, Tidak Berusaha Maksimal

Mayoritas orang mengerjakan sesuatu itu nyari enaknya saja. Berharap dengan sedikit upaya mampu menghasilkan sesuatu yang besar. Itu mustahil.

Itulah masalah besar yang harus dihapi semua orang. Tidak mau mengerahkan segala upaya tenaga dan pikiran untuk mendapatkan mimpinya. Hanya berusaha setengah-setengah saja. Jangan salahkan jika yang kamu dapat juga hanya setengah.

Faktor yang membuat orang tidak mau mengerahkan usahanya semaksimal mungkin adalah karena rasa malas. Rasa malas yang terus dirawat dan dimanjakan secara tidak sadar membuat diri kita hanya nyari enaknya saja.

Padahal kalau kita tahu bahwa tidak ada orang sukses saat ini dengan usaha yang kecil. Banyak cerita perjuangan dari para pengusaha yang bisa kamu jadikan motivasi untuk meraih impian dan cita-cita.


Demikian tadi dua hal yang harus kamu perbaiki jika ingin meraih kesuksesan dalam semua bidang. Jangan cuma berencana atau bermimpi mencapai keinginan. Bangunlah, mulailah melangkah untuk meraihnya. Mulailah dari sekarang, jangan menunda-nunda yang justru membuat kecewa pada akhirnya.

Ketika sudah memulai, lakukanlah dengan sepenuh hati. keluarkan semua effort yang ada untuk meraih hasil maksimal. Jangan mengharapkan dengan usaha yang setengah-setengah tapi ingin hasil dua kali lipat.