Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kebiasaan yang Memicu Stress

Kebiasaan yang Memicu Stress

Kebiasaan yang Memicu Stress - Hidupmu adalah apa yang kamu biasakan. Kalimat tersebut merupakan kalimat filosofis yang memang benar. Kebiasaan yang kita lakukan akan berdampak pada kehidupan yang dijalani.

Misalnya, ketika kamu rajin dan disiplin mengerjakan segala sesuatu, pekerjaan akan selesai tepat waktu. Sehingga kamu bisa mengerjakan yang lainnya. Lain halnya bila kamu malas-malasan. Tugas yang seharusnya selesai sehari justru molor hingga satu minggu. 

Itulah sebabnya kita harus memiliki kebiasaan-kebiasaan yang positif. Supaya tujuan dan keinginan kita bisa tercapai. Jangan malah melakukan kebiasaan negatif yang membuat tujuan semakin jauh. Rasa kecewa akan mulai muncul dalam diri dan membuat tidak yakin bisa mencapai tujuan tersebut.

Kita menjalani hidup ini tidak akan pernah luput dari suatu permasalahan. Permasalahan yang muncul dari luar maupun dalam diri kita. Masalah harus dihadapi dan sebisa mungkin diminimalisir. Jangan menumpuk masalah dengan masalah yang baru. Itu akan membuat pusing dan berakibat stres.

Stres bisa muncul kapan saja terhadap setiap orang. Penyebab stres juga bermacam-macam. Stres bisa muncul dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan. Maka dari itu kamu harus mengetahui kebiasaan apa yang membuat stres supaya bisa mengantisipasinya.

3 Kebiasaan memicu stres

Berikut ini adalah 3 kebiasaan yang memicu timbulnya rasa stres. Jangan pernah menyepelekannya. Karena hal ini bisa jadi seperti bola salju yang menggelinding menjadi besar. Kamu harus meminimalisir supaya tidak sampai stres. 

Baca juga: 7 Langkah Membangun Kepercayaan Diri

1. Membandingkan dengan orang lain

Kita hidup berdampingan dengan banyak orang. Seringkali orang membandingkan dirinya dengan orang lain. Membandingkan dengan orang yang lebih sukses darinya. Yang memilih pencapaian lebih dibanding dirinya. Kebiasaan tersebut bukan kebiasaan yang sehat untuk menta kamu. Bahkan kebiasaan ini bisa menjadi racun buat dirimu.

Ketika kamu membanding diri dengan orang lain, membuatmu justru merasa down dan seperti tidak berharga. Sehingga timbul energi negatif pada diri yang membuat hilang percaya diri.

Merasa bahwa dirimu tidak bisa menghasilkan apa-apa. Semua yang dilakukan selama ini seperti sia-sia. Sehingga kamu mulai melupakan rasa bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini.

Kebiasaan inilah yang membuat kamu merasa kepikiran dan tertekan. Mental akan terganggu yang berakibat pada stres. Membandingkan diri dengan orang lain.


2. Tidak memiliki tujuan hidup

Semua orang pasti ingin menjadi orang sukses dan kaya. Tapi, tidak semuanya tahu cara meraih kesuksesan. Akhirnya sebuah kesuksesan hanya sampai dalam mimpi. Tidak pernah benar-benar terwujud. Padahal setiap individu memiliki kesempatan untuk mencapai harapan yang diinginkannya.

Setiap orang harus memiliki tujuan. Orang yang tidak memiliki tujuan dalam hidupnya akan kebingungan arah. Tidak tahu apa yang sebaiknya dilakukan saat ini. Akhirnya membuang waktu dengan hal-hal yang tidak berguna.

Baca juga: Apa Kebebasan Membuat Kesepian?

3. Bekerja melebihi batas

Memang untuk mencapai kesuksesan yang perlu kita lakukan adalah dengan cara bekerja keras. Bekerja keras, bukan bekerja melebihi batas. Kamu harus tahu kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya berhenti.

Manusia memiliki keterbatasan. Tubuh butuh istirahat setelah capek bekerja. Jangan memaksakan diri untuk bekerja terus-terusan. Karena kamu akan lelah dan stres memikirkan pekerjaan terus-menerus. Yang tadinya ingin mendapat kesuksesan, malah berdampak buruk terhadap kesehatan.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sehingga perlu memanajemen diri supaya bisa mengatur waktu kerja dengan wajar. Dengan begitu tingkat stres bisa berkurang. Memikirkan pekerjaan sepanjang hari membuat orang lebih mudah stres. Maka dari itu, bekerjalah sewajarnya jangan melebihi batas.

Baca juga: Cara Menjadi Kaya ala Raditya Dika

Penutup

Setiap orang memiliki kecenderungan untuk stres. Karena memiliki pikiran. Tanggung jawab yang dimiliki masing-masing individu bisa menimbulkan stres kalau tidak dilakukan dengan benar. Kita hidup berdampingan dengan orang lain. sehingga wajar saja jika melihat perilaku dan pencapaian yang dimiliki orang lain. Tidak perlu membandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain. Justru membuat pikiran menjadi stres.

Kita juga tidak perlu memaksakan untuk berpenampilan dan bergaya hidup yang mewah padahal tidak banyak uang. Hiduplah sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Jangan mengedepankan ego dan gengsi yang membuatmu menyesal di kemudian hari.

Tertawakan saja hidup ini. Karena hidup ini lucu. Jangan dipikir terus-menerus yang membuatmu stres. Pikirkan sewajarnya apa yang kamu miliki saat ini dan pencapaian yang paling mungkin diraih. Jangan memikirkan sesuatu yang tidak mungkin diraih dan tidak terlalu penting.