Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Mengejar Dua Tujuan Secara Bersamaan Jika Ingin Sukses

jangan mengejar dua tujuan

patahsemangat.web.id - Aku pernah mendengar ungkapan kalau bisa dapat keduanya, kenapa harus milih salah satu. Sekilas ungkapan ini terdengar enak. Namun, bisa juga ini menyesatkan anda. Menghambat anda menuju kesuksesan dengan sebuah kerakusan. 

Manusia itu rakus

Jika di meja ada 2 lembar uang, lalu anda disuruh untuk memilih salah satu, maka apa yang anda lakukan? 

Pastinya ingin mengambil kedua. Rasa ingin mendapatkan semuanya merupakan salah satu nafsu yang ada dalam manusia. Biasanya nafsu tersebut bernama rakus.

Rakus tidak boleh dibiarkan terus-menerus. Harus ada kontrol dalam diri kita supaya kerakusan bisa diminimalisir.

Untuk mendapatkan sesuatu kita tidak boleh rakus. Pilih dan fokuslah salah satu terlebih dahulu. Karena ada suatu istilah yaitu kita tidak akan mampu menangkan dua ayam dalam waktu bersamaan.

Kesulitan di kehidupan

Ada dua hal tersulit dalam hidup ini yaitu fokus dan konsisten. Entah itu dalam hal apapun, fokus dan konsisten merupakan hal tersulit. Memang semakin banyak pencapaian yang kita raih, akan semakin bagus untuk diri kita. Tapi kita harus menyadari bahwa untuk mendapatkan hal tersebut tidak bisa sekali langsung dapat banyak. Kita harus menyadari limitasi diri kita.

Misalnya anda seorang pengusaha. Ada yang beranggapan bahwa semakin banyak bidah usaha yang kita miliki, maka semakin banyak juga pundi-pundi uang kekayaan. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Namun, sebagai seorang pemula ada baiknya untuk fokus terhadap satu tujuan terlebih dahulu.

Jangan langsung menangkap 2 ayam sekali dalam waktu bersamaan. Karena anda tidak akan mendapat apa-apa. Hanya rasa lelah yang anda dapatkan. Bahkan kedua ayam tersebut akan semakin jauh dari diri anda.

Begitulah analogi apabila anda ingin mendapatkan 2 hal dalam waktu bersamaan. Yang tadinya ingin mendapatkan keduanya, malah kehilangan semuanya. Sebaiknya ubah fokus anda.

Fokuslah pada satu tujuan terlebih dahulu. Kemudian apabila tujuan tersebut sudah tercapai, baru melangkah ke tujuan yang lain. Karena ketika kita fokus terhadap satu tujuan, akan memudahkan dalam menentukan sikap dan cara.

Misalnya anda saat ini memiliki usaha angkringan. Karena tidak kunjung mendapatkan penghasilan yang banyak dari usaha tersebut, akhirnya memilih ganti usaha lainnya. Karena sedang ramenya coffee shop, anda juga ikut membuka usaha tersebut. Ternyata anda juga belum mendapatkan apa yang anda inginkan. Akhirnya anda mencoba bisnis yang lain. Begitu seterusnya hingga anda lelah sendiri karen tidak fokus.

Fokus dan konsisten adalah kuncinya. Tekuni usaha yang saat ini anda jalankan. Ketika mengalami stuck, jangan ditinggalkan. Tapi carilah solusi atas kebuntuan tersebut. Karena ketika anda berpindah ke usaha yang lainnya, ingatlah bahwa anda akan memulai dari nol lagi. Tentunya itu akan jadi lebih sulit.

Pada saat pikiran dan fokus hanya pada satu tujuan, maka hasilnya juga akan maksimal. Lain halnya ketika punya dua tujuan, yang masing-masing punya cara yang berbeda untuk menanganinya.

Yang seharusnya anda sudah menjadi ahli tentang bisnis angkringan, akhirnya sekarang malah bingung mau bisnis apa. Karena hanya bergonta-ganti bisnis yang tidak kunjung ada hasilnya. Fokus sat terlebih dahulu. Kuasai setiap permasalahan yang ada hingga nantinya bisnis anda menjadi yang terbaik dibanding yang lainnya.

Setiap usaha bisnis berpeluang untuk menjadi besar. Misalnya dari angkringan, bisa dikembangkan menjadi sebuah restoran. Atau usaha coffee shop bisa jadi kafe yang lebih besar. Setiap usaha ada potensi untuk tumbuh dan berkembang. Tinggal kitanya saja butuh fokus dan konsistensi dalam menjalankannya. 

Seperti filosofi menangkap dua ayam sebelumnya. Jangan pernah menangkan dua ayam sekaligus. Anda tidak akan mendapatkannya. Justru besar kemungkinan anda akan kehilangan keduanya. Fokuslah untuk menangkan satu ayam terlebih dahulu. Setelah satu ayam tertangkap, baru kemudian menangkap yang satunya lagi. Itu jauh lebih efektif daripada menangkapnya secara bersamaan. Begitu juga dalam kehidupan. 

Fokus dan konsistensi adalah kunci untuk tumbuh dan berkembang. Ketika anda konsisten, anda akan tahu kelemahan dan strategi yang harus dilakukan. Sehingga anda berpotensi menjadi seorang ahli di bidang tersebut. Pikirkan terlebih dahulu sebelum anda bertindak. Supaya anda tidak menyesal di kemudian hari karena melihat teman sudah berada di atas anda.