Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Video Tanpa Menampilkan Wajah yang Menghasilkan Dollar

Membuat Video Tanpa Menampilkan Wajah

Membuat video tanpa menampilkan wajah. Aku tidak berbohong, kamu bisa membuat video tanpa menampilkan wajah. Tentunya video tersebut mampu menghasilkan uang. Cara ini cocok untuk kamu yang malu dan tidak ingin menampilkan wajah dalam video.

Kesulitan Awal Youtube

Tantangan utama yang membuat banyak kreator di Youtube adalah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Syarat tersebut harus terpenuhi supaya channel bisa dimonetisasi. Sehingga channel bisa menayangkan iklan dan menghasilkan uang. Sebelumnya aku juga sudah pernah membuat tulisan tentang 16 ide konten Youtube tanpa menampilkan wajah.

5 Inspirasi video tanpa wajah yang menghasilkan

Aku telah menemukan jenis video yang bisa kamu buat tanpa harus menampilkan wajah. Tentunya jenis video ini sudah ada yang sukses menerapkannya. Banyak yang sudah menghasilkan. Sehingga kamu tinggal meniru caranya.

1. Background music

Aku terkejut ketika melihat sebuah video di beranda Youtube tentang musik suara hujan. Setelah itu aku coba memutar dan melihat channelnya. Memang channelnya berisi video seperti suara hujan dan relaksasi suara alam.

Dari situ aku tahu bahwa ternyata ada orang yang mencari video musik semacam itu. Tidak sedikit ternyata views setiap videonya. 

Video semacam ini banyak dicari orang untuk relaksasi menenangkan pikiran atau sebagai musik penghantar tidur. Durasi videonya sangat panjang, rata-rata 3 jam, 5 jam, bahkan ada yang sampai 10 jam. Dengan durasi sepanjang itu, banyak slot iklan yang bisa ditaruh di dalam video.

Membuat videonya juga tidak susah. Cukup mencari musik tentang suara alam yang gratis. Cari yang tidak copyright supaya bisa dimonetisasi. Ulangi lagunya hingga durasi lama dan tambahkan gambar atau video tentang alam. Banyak penyedia foto dan video gratis yang bisa kamu gunakan. Siap-siaplah dengan pertumbuhan subscriber dan viewer.

2. Video Kompilasi

Pasti kamu sering melihat jenis video ini. Misalnya kumpulan video lucu artis atau kumpulan video-video dari TikTok yang diupload di Youtube. Kamu juga bisa membuat video kompilasi lainnya dengan mudah. Tidak terlalu butuh skill editing yang mumpuni untuk membuatnya. Cukup memotong beberapa video dan kemudian menyatukannya.

Videonya bisa anda dapatkan dari manapun. Biasanya banyak yang mengambilnya dari media sosial, lalu dijadikan satu video. Tapi, membuat video kompilasi ini rawan. Karena menggunakan potongan video dari orang lain. Bisa jadi video tersebut ada hak ciptanya. Sehingga harus pintar-pintar memilih video supaya aman tidak ada yang menegur.

Keuntungan dari video kompilasi adalah lebih mudah mencari view. Karena memang biasanya videonya merupakan kumpulan dari video terbaik yang ada. Sehingga pasti banyak orang yang suka.

3. Visual Data

Buat kamu yang ingin membuat video tanpa menampilkan wajah bisa membuat jenis video visual data. Bahkan kamu tidak perlu merekam suara.

Mungkin kamu belum paham videonya seperti apa, kamu bisa melihat contohnya dari channel WorldTV Studio. Disitu kamu akan melihat berbagai macam video berupa visual data. Jenis video seperti ini ternyata dapat dimonetize. Sehingga tidak perlu khawatir sia-sia membuatnya.

Dibutuhkan kreatifitas dalam menyajikan urutan data visualnya supaya menarik. Kemudian ditambah backsound musik. Pastikan tema videonya umum yang banyak diketahui kebanyakan orang. Jadilah video visual data yang siap ditonton banyak orang. 

4. Whiteboard Animation

Whiteboard animation ini video seperti gambar atau tulisan tangan. Seperti menggambar di papan putih. Jenis konten seperti ini sering dibuat untuk mendeskripsikan cerita atau pesan yang disampaikan kreator. Sehingga membuat video lebih menarik dari segi visual.

Kamu tidak perlu membuat gambar sendiri secara manual. Sudah banyak software yang bisa dimanfaatkan untuk membuat whiteboard animation. Karakternya juga ada banyak, tinggal pilih saja yang sesuai. Sebagai contohnya saya telah menulis tentang cara membuat animasi whiteboard di Android.

Intinya pada alur cerita atau informasi yang disampaikan. Kemudian tinggal menyesuaikan gambar untuk mendeskripsikannya. Sudah banyak channel yang menggunakan whiteboard animation di videonya. Karena tidak perlu memunculkan wajah. Channel-channel seperti pengembangan diri, motivasi, cerita horor, dan edukasi sering menggunakan jenis video seperti ini.

5. Slideshow

Konten yang slideshow sepertinya sudah banyak orang yang tahu. Konten jenis ini biasa dipakai channel-channel tentang berita. Hanya berupa kumpulan foto yang dijadikan slide video. Ditambah dubbing informasi yang disampaikan.

Semua orang bisa membuat konten seperti ini. Kamu tidak perlu menampilkan wajah. Cukup membuat script yang ingin disampaikan dalam video dan ditambah dengan kumpulan gambar yang dijadikan slide. Cara ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Semua orang bisa dengan mudah membuatnya. Tidak perlu aplikasi atau software editing yang spesifikasinya tinggi.

Untuk membuat konten ini, sebaiknya gunakan gambar yang tidak copyright supaya tidak ada yang mempermasalahkan nantinya. Usahakan dubbing menggunakan suara sendiri. Karena banyak yang mengatakan kalau dubbing menggunakan suara mesin AI katanya tidak bisa dimonetize. Sehingga untuk amannya menggunakan suara sendiri. Kamu bisa mengkuti cara merubah text menjadi suara.

Penutup

Itulah daftar 5 jenis video yang bisa kamu buat tanpa menampilkan wajah. Apabila ingin membuat channel Youtube, kamu bisa mencoba jenis konten diatas. Masing-masing punya kemudahan dan kesulitannya sendiri. Tinggal sesuaikan dengan kesukaanmu dan kemampuan yang dimiliki. Jenis konten bisa sama, tapi rejeki setiap orang pasti berbeda-beda. Sekian informasi yang bisa saya berikan. Semoga bisa membantu kamu yang sedang bingung membuat konten Youtube.