Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengatasi Layar Hp Mati Saat Telepon

Cara Mengatasi Layar Hp Mati

patahsemangat.web.id - Pernahkan kamu mengalami layar hp yang tiba-tiba mati pada saat melakukan telepon? Saya yakin kejadian tersebut sering dialami oleh pengguna smartphone. Pada saat telepon, tapi layar tidak menyala.

Tentunya kejadian layar mati pada saat telepon baik telepon biasa maupun telepon Whatsapp sangat mengganggu. Karena kita tidak bisa menekan tombol lainnya. Misal ingin menekan menu loudspeaker atau tombol mematikan telepon.

Biasanya, layar mati pada saat telepon itu disebabkan ada sensor yang belum dimatikan atau terlalu sensitifnya sensor proximity pada smartphone. Kalau misalnya diakibatkan oleh sensor proximity, tentunya sangat mudah untuk membenahinya.

Sensor proximity ini sangat sensitif terhadap sentuhan. Misalnya pada saat telepon, otomatis layar hp menyentuk kulit pipi atau telinga. Sehingga sensor tersebut akan mendeteksi objek yang sedang menyentuh hp. Kemudian layar hp mati akibat dari reaksi sensor tersebut. Hal itu terjadi untuk melindungi hp dari kesalahan pencet. Namun, pada saat layar dijauhkan biasanya akan menyala lagi.

Cara Mengatasi Layar Hp Mati Saat Telepon

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan layar hp yang mati pada saat melakukan telepon.

1. Silahkan masuk ke menu pengaturan pada handphone.

2. Cari fitur Gestur&gerakan. Pada masing-masing hp biasanya memiliki menu yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan sendiri dengan tipe hp masing-masing.

Cara Mengatasi Layar Hp Mati

3. Matikan semua yang ada di menu gerakan. Gambarnya bisa lihat seperti dibawah ini. Sesuaikan sendiri dengan kebutuhan masing-masing.

Cara Mengatasi Layar Hp Mati

4. Selesai. Coba gunakan untuk menelpon. Jika layar hidup, berarti berhasil. Namun, apabila masih sama saja silahkan coba tips dibawah ini.

Mematikan sensor proximity

Bagi smartphone yang sudah dibekali dengan sensor proximity, sebaiknya perlu dicek lagi apakah sensor tersebut kondisinya menyala atau tidak. Apabila menyala, sebaiknya nonaktifkan sensor proximity tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke menu pengaturan.

2. Pilih menu pengaturan panggilan.

3. Selanjutnya klik pengaturan tambahan.

4. Matikan menu sensor proximity apabila kondisinya menyala.

Melakukan reset hp

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa dilakukan apabila kedua tips sebelumnya tidak berhasil. Mereset hp menjadi kembali ke pengaturan pabrik bisa membuat hp seperti pada kondisi awal pembelian. Sehingga, kesalahan dalam pengaturan yang pernah dilakukan tanpa sadar sebelumnya bisa dikembalikan.

Demikian itu tadi 3 cara untuk mengatasi layar hp yang mati pada saat telepon. Cobalah otak-atik hp yang kamu miliki dengan tips diatas. Mungkin ada sedikit nama menu yang berbeda pada tipe hp yang berbeda. Jika ada kendala lain, silahkan tulis di komentar.