Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasehat dari Pak Jusuf Hamka

nasehat jusuf hamka

Nasehat Jusuf Hamka - Beberapa waktu lalu aku tidak sengaja melihat potongan video Jusuf Hamka di Youtube. Video nasehatnya tentang uang.

Tahu sendiri bahwa sosok Jusuf Hamka yang dikenal sebagai pengusaha jalan tol. Pastinya tidak sedikit harta yang dimilikinya. Beliau merupakan pengusaha Muslim Tionghoa-Indonesia kalau kamu membaca di Wikipedia.

Walaupun yang ingin aku bahas bukan tentang agamanya. Tapi pasti banyak orang yang ketika ada tokoh terkenal pasti dicari tahu agamanya. Padahal sebenarnya itu tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah tindakan yang dilakukan.

Pak Jusuf Hamka sering dikenal sebagai orang yang dermawan. Sering bersedekah ke banyak orang.

Ada nasehat tentang rejeki dari beliau di salah satu channel Youtube. "Bahwa di dalam rejeki  kita itu pasti di dalamnya ada rejeki orang lain yang dititipkan oleh Allah." - ucapnya.

Kita memang harus menyadari itu. Supaya tidak dengan mudah menghabiskannya atau menikmatinya sendiri. Berbagilah kepada orang lain atas rejeki yang telah anda dapatkan.

Kemudian Jusuf Hamka melanjutkan, "Kalau punya duit banyak, jangan sombong. Kalau nggak punya duit banyak, jangan bohong. Kalau benar-benar nggak punya duit, jangan nyolong."

Seringkali kita ketika memiliki harta banyak menjadi sombong. Pamer sana-sini untuk menunjukkan bahwa status sosialnya berubah. Apalagi di era sosmed seperti saat ini. Membuat kegiatan pamer menjadi lebih mudah. 

Selain itu, penyakit yang sering dialami banyak orang adalah gengsi. Seolah-olah ingin kelihatan kaya di depan orang lain. Sehingga memaksakan memberi barang mewah supaya terlihat kaya. Padahal finansialnya sedang tergoncang. Gengsi bisa membuat kamu sengsara kalau dilakukan terus-menerus.

Jujurlah denga apa yang kamu miliki. Terimalah kondisi dan terus berusahan untuk merubahnya. Tidak ada cara instan dalam mencari uang. Semua butuh waktu dan perjuangan. Jangan sampai karena ingin cepat kaya dengan cara mencuri.

Hiduplah sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki. Jangan memaksakan apa yang diluar kemampuan. Kamu tidak perlu berbohong atau menjadi orang lain supaya terlihat hebat. Jadilah dirimu sendiri denga apa yang kamu miliki. Itulah nasehat dari Pak Jusuf Hamka yang aku dapatkan dari potongan video di Youtube. Ambil positifnya, jangan berpikiran negatif.