Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Prosesor yang Kamu Gunakan di Android

cara melihat prosesor di hp

patahsemangat.web.id - Buat kamu pecinta gadget pasti sudah tidak asing lagi saat mendengar kata prosesor. Tapi bagi kamu yang kurang paham tentang gadget, mungkin kamu belum tahu atau kamu pernah mendengarnya tapi tidak tahu prosesor itu apa. Untuk itu sebelum ke pembahasan inti saya ingin memberitahu sedikit tentang prosesor.

Pengertian Prosesor

Secara simpelnya, prosesor merupakan komponen yang mampu mengendalikan japannya sistem pada sebuah hp atau komputer.

Prosesor merupakan bagian penting dari sebuah Smartphone. Bisa dibilang sebagai otak smartphone. Karena fungsinya yang sangat vital. Yaitu membagi tugas dalam smartphone. 

Itulah sebabnya disarankan buat teman-teman ketika membeli smartphone untuk memperhatikan jenis prosesornya. Jangan melulu cuma melihat ram dan kameranya saja. Karena komponen tersebut tidak bisa maksimal apabila yang mengendalikannya (prosesor) tidak bagus.

Sering kita menemui hp yang kadang terasa sangat panas saat digunakan. Misalnya pada saat bermain game. Itu karena prosesornya yang bekerja terus menerus tanpa istirahat.

Ada 3 arsitektur CPU utama yang digunakan di hp Android. Paling umum dan populer yaitu ARM. Kemudian ada ARM64 yang merupakan evolusi dari ARM asli. ARM64 mampu mendukung pemrosesan 64-bit. Kemudian ketiga adalah x86 yang lebih kuat daripada CPU ARM dan ARM64. Namun yang terakhir ini tidak begitu ramah terhadap baterai.

Nah itulah sedikit informsi untuk menambah wawasan dan pengentahuan. Lalu sekarang kembali ke pembahasan utama.

Baca juga: Cara Membuat Video Secara Online Gratis Dengan Flexclip

Melihat Prosesor di Android

Penarhkah kamu melihat prosesor yang ada di hp? Melihat prosesor di hp tidak harus membongkar hp. Bisa dilihat dengan beberapa cara. Buat kamu yang tidak tahu cara melihatnya jangan khawatir. Karena disini saya akan membantu kamu menyelesaikan masalah.

Baiklah untuk tutorial melihat prosesor yang kamu gunakan di Android dapat kamu simak dan praktekan dibawah ini.

1. Download dan instal Droid Hardware Info.

Droid Hardware Info merupakan aplikasi termudah untuk melihat sebuah jenis prosesor di android. Kamu bisa mendownload aplikasinya di Playstore. Aplikasinya gratis, tidak perlu membayar sepeserpun.

Apabila sudah terinstal, silahkan buka aplikasi Droid Hardware Info.

2. Pilih tab System.

Kemudian lihat pada bagian CPU Architecture dan Instruction Sets. Disitulah nanti jenis prosesor akan muncul. Mungkin kamu sedikit bingung dan asing dengan nama prosesor tersebut. Memang itu merupakan salah satu dari tipe prosesor. Untuk selajutnya catat nama prosesor tersebut dan berlanjut langkah ke-3.

3. Mengkategorikan Prosesor.

Secara garis besar, prosesor dibagi menjadi 3 jenis yaitu  ARM, ARM64, x86. Nah, di bagian ini kita akan menggolongkan prosesor smartphone kita ke dalam 3 golongan besar tersebut. Nanti masuk dalam salah satu golongan tersebut. Cocokan informasi yang kamu dapatkan di Droid Hardware Info dengan 3 daftar tipe prosesor secara umum.

ARM ; ARMv7 atau armeabi

ARM64 : AArch64 atau arm64

x86 ; x86 atau x86abi

Selesai.

Masuk kedalam tipe apa prosesormu? Apakah ARM, ARM64, atau x86?

Silahkan komen dibawah untuk tipe prosesormu.

Itulah tadi yang bisa saya bagikan tentang cara melihat prosesor di hp Android. Cukup mudah sekali cara diatas untuk dilakukan. Kini kamu sudah tidak bingung lagi mengenai jenis prosesor yang ada di hp kamu. Namun cara ini bukan merupakan cara satu-satunya untuk melihat prosesor, melainkan masih ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Memang selalu ada banyak cara. Namun, cara ini yang saya bisa dan sudah saya lakukan. Baiklah sekian, semoga artikel diatas bisa membantu kamu menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.