Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Folder Menjadi Zip atau Rar

Cara Mengubah Folder Menjadi Zip atau Rar

Cara Mengubah Folder Menjadi Zip atau Rar - Mungkin dari kamu ada yang penasaran dan ingin tahun cara mengubah folder menjadi format zip atau rar. Memangnya apa fungsi dari mengubah folder ke dalam format zip/rar? Buat yang belum tahu fungsinya, aku akan menjelaskan sedikit mengenai fungsi zip/rar tersebut.

Jadi, proses convert zip/rar merupakan pengarsipan suatu file menjadi satu agar mudah disimpan dan digunakan di sebuah PC. Dengan format zip/rar akan membuat proses transfer file tersebut menjadi lebih mudah dan gampang. Tranfer file tersebut bisa lebih cepat dibanding menggunakan folder biasa. Sehingga ini bisa menjadi solusi transfer file yang ringkas dan cepat.

Setelah kamu membaca sedikit penjelasan tadi, pastinya kamu sekarang sudah paham fungsi zip/rar. Apakah kamu ingin mengubah file foldermu menjadi zip/rar? Tapi kamu bingung cara melakukannya

Tenang saja, disini aku akan memberikan solusi untuk kamu yang kesulitan mengubah file ke zip/rar. Pada dasarnya, mengubah file ke zip/rar itu gampang. Kamu hanya butuh sebuah software untuk diinstal di PC atau laptop. Software tersebut ukuran kecil. Tidak akan membuat pengoperasan laptop menjadi berat.. Jadi jangan khawatir meskipun spesifikasi laptop kamu rendah, kamu tetap bisa menjalankannya.

Baiklah buat kamu yang sudah tidak sabar dengan tutorialnya, kamu bisa menyimak caranya dibawah ini.

Cara Mengubah File Folder Menjadi Zip atau Rar

1. Donwload dan instal software WinRar di PC atau laptop kamu.

2. Cari folder yang ingin diubah formatnya menjadi rar.

3. Klik kanan pada folder tersebut.

4. Pilih menu Add to "namafolder.zip"

cara mengubah folder menjad zip atau rar

5. Tunggu hingga proses selesai.

cara mengubah folder menjad zip atau rar

Cara Extract Kembali

Extract merupakan proses kebalikan dari zip/rar. Jadi, jika kamu meng-extract file rar/zip maka akan kembali ke file semula. Caranya juga tidak sulit. Dibawah ini adalah cara extract file rar/zip.

1. Klik kanan pada file rar/zip

2. Pilih menu "extract here"

cara mengubah folder menjad zip atau rar

3. File akan kembali menjadi folder seperti semula.

cara mengubah folder menjad zip atau rar

Baca juga: Cara Melihat Prosesor yang Kamu Gunakan di Android

Penutup

Itulah tadi cara mengubah folder menjadi rar atau zip. Kini kamu sudah berhasil mengubah file foldermu ke format zip/rar. Juga sebaliknya, kamu juga bisa mengubah file zip tadi menjadi file awal semula. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam mentransfer folder dalam pc maupun antar pc.

Sebenarnya ada banyak software yang bisa digunakan untuk mengubah folder menjadi zip atau rar. Akan tetapi, WinRar merupakan software yang paling banyak digunakan orang untuk merubah format foldernya. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena sudah banyak yang membuktikannya.

Demikian tadi cara mengubah file folder menjadi zip/rar. Semoga artikel diatas bisa menjadi solusi dari masalah yang kamu miliki. Aku sudah menjelaskan tahap demi tahap secara detail. Tingga mengikuti saja pasti akan berhasil. Jika kamu masih bingung kamu bisa komentar dibawah.