Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Kamu Merasa Tidak Berguna (Useless), Kamu Harus Ingat Ini

ketika merasa tidak berguna (useless)

patahsemangat.web.id - Ketika jabatan sebagai siswa atau mahasiswa hilang, disitulah kita harus melanjutkan kehidupan yang sebenarnya. Bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Saat itulah mental kita diuji. Seberapa kuat kamu menghadapi kehidupan ini.

Tak jarang banyak orang yang terkena mentalnya. Sehingga menganggap dirinya tidak berguna. Karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan atau berpenghasilan pas-pasan. Yang tadinya punya mimpi usia 25 sudah mapan dan menikah, tiba-tiba sirna dengan kenyataan yang ada.

Perasaan tidak berguna biasanya muncul kerena overthinking dan selalu berpikir negatif tentang dirinya. Lebih banyak membayangkan kegagalan dan merasa tidak bisa untuk mencapai sesuatu. Setiap hari dipenuhi dengan rasa bersalah.

Maka dari itu kamu harus mengingat hal-hal berikut ini supaya rasa tidak berguna yang ada di pikiranmu hilang.

1. Roda kehidupan akan terus berputar

Satu yang perlu diingat dalam hidup ini bahwa hidup itu terus berputar seperti roda. Kadang kita berada diatas, terkadang juga berada dibawah. Mungkin saja keadaanmu sekarang berada dibawah. Namun percayalah bahwa kamu bisa berada diatas.

Kondisi semacam itu akan terus berubah. Tidak ada kegagalan atau keberhasilan yang abadi. Kamu tidak perlu rendah hati dan pesimis dengan kondisi seperti saat ini. Yang perlu kamu lakukan adalah berusaha untuk memutar roda kehidupanmu secepatnya. Sehingga kamu tidak berlama-lama berada di bawah.

Semua kesulitan itu pasti akan teratasi asalkan kamu yakin dan tidak pernah berhenti untuk berusaha. Jangan gunakan merenung untuk menyesali diri. Tapi gunakanlah untuk instrospeksi diri. Supaya bisa terus memperbaiki diri dan memutar roda kehidupan dengan lebih cepat.

Ada banyak hal yang bisa kamu syukuri dalam hidup ini. Hanya saja karena tertutup dengan pikiran negatif yang membuat kamu merasa tidak berguna. Apresiasi setiap perjuangan yang telah kamu lakukan. Sehingga membuat diri lebih bersemangat.

2. Berbuat baik dengan orang lain

Rendah diri merupakan sumber dari perasaan bahwa dirimu tidak berguna. Sehingga membuatmu minder dan anti sosial. Padahal orang-orang diluar sana tidak pernah menuntutmu melakukan sesuatu.

Melakukan hal-hal ang sederhana saja sudah cukup bagi mereka. Misalnya ada orang yang bertanya tentang lokasi atau tempat, kemudian kamu menunjukkan jalan menuju tempat tersebut sudah bisa membuat orang bahagia.

Tingkatkan rasa empati dalam diri. Cobalah untuk membantu orang-orang disekitar jika mereka meminta tolong. Jangan hanya menyendiri dan meratapi hidup. Berbuat baiklah kepada setiap orang meskipun dengan hal sepele. 

3. Melakukan afirmasi positif

Merasa tidak berguna merupakan buah dari pikiran negatifmu. Padahal sebenarnya kamu mampu melebihi yang kamu bayangkan. Hanya saja bayanganmu tertutup dengan ketakutan dan kerendahan hati. Sehingga tidak bisa berpikir positif. 

Untuk mengatasi pikiran negatif yang ada pada dirimu, cobalah untuk melakukan afirmasi positif. Tidak perlu kata yang rumit. Cukup dengan bilang "kamu itu berharga, kamu itu hebat, dan kamu bisa melakukannya". Ulangi kata-kata tersebut dan lakukan setiap hari. Itu akan masuk ke alam bawah sadarmu. 

4. Fokus terhadap proses yang dilalui

Rasa tidak berguna kerap muncul pada saat kita gagal meraih sesuatu. Padahal baru mencobanya sekali. Orang hebat selalu melakukan sesuatu dengan totalitas. Karena tahu bahwa tidak ada pencapaian yang diraih tanpa terus berusaha.

Kegagalan merupakan proses untuk menuju keberhasilan. Orang-orang yang berhasil saat ini merupakan orang yang sebelumnya banyak mengalami kegagalan. Sehingga bisa menemukan formula suksesnya sendiri.

Jangan pernah berpatokan kesuksesan dengan orang lain, yang lebih bahaya berpatokan dengan teman. Ketika melihat mereka sudah berhasil, sedangkan kita belum jadi apa-apa akan membuat kita down. Masing-masing orang punya waktu kesuksesannya sendiri. Bunga akan mekar jika sudah waktunya mekar.

Anggaplah kegagalan yang kamu alami sebagai proses. Proses untuk meraih harapan yang kamu inginkan. Jangan terlalu fokus pada hasil. Fokuslah terhadap proses supaya bisa terus bertumbuh.

5. Tidak ada manusia yang tidak berguna

Tuhan menciptakan makhluk hidup tentunya dengan manfaat masing-masing. Tidak ada ciptaan-Nya yang sia-sia atau tidak berguna. Jadi, jangan pernah menganggap dirimu tidak berguna. Karena itu sama saja menghina Tuhan.

Mungkin saat ini kamu belum menemukan makna hidupmu. Hal yang perlu kita lakukan adalah terus mencari dan berbuat baik. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Penutup

Orang merasa tidak berguna atau useless akan mengalami fase tersendiri. Hal itu wajar dialami oleh manusia. Karena kehidupan manusia penuh dengan liku-liku.

Yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu bagaimana cara mengatasi rasa tak berguna atau useless. Supaya perasaan tersebut tidak berlarut terlalu dalam. Tetap semangat menjalani hari-hari. Yakinlah bahwa dirimu istimewa dan bermanfaat.